WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Universitas Pertamina Space Up Grand Closing and Winner Announcement

Jakarta, 24 Januari 2021 – Pertamina SPACE UP 3.0 telah mengadakan Grand Closing And Winner Announcement pada 24/01/2021. Dengan mendapat dukungan penuh dari PT Pertamina Persero, SPACE UP 3.0 berhasil membawa para energi muda ke akhir rangkaian dari Pertamina SPACE UP 3.0 yang sudah dimulai sejak bulan September lalu. Acara yang dilangsungkan melalui Zoom dan live streaming youtube ini diisi dengan talkshow berjudul  What Should Be Prepered To Live Harmony With COVID-19 dan diakhiri dengan pengumuman juara bagi setiap kompetisi Pertamina SPACE UP 3.0. Acara ini dihadiri oleh tamu-tamu penting, mulai dari jajaran tinggi Universitas Pertamina hingga SVP Strategy & Investment Of PT Pertamina (Persero), Bapak Daniel S Purba.

Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Nasional Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Rangga Sudisman selaku Direktur Kemahasiswaan Universitas Pertamina mewakili Prof. Dr. Ichsan Setya Putra. Dalam sambutannya Bapak Rangga mengucapkan rasa terima kasihnya bagi seluruh pihak yang sudah berperan dalam hadirnya acara ini. Sambutan selanjutnya diisi oleh laporan singkat dari Kharisa Ainun Nikmah selaku Project Leader dari SPACE UP 3.0. Setelah itu, MC yang bertugas (Lady Shakila) membawa para hadirin menuju acara inti, yaitu talkshow. Pada acara ini, ada 2 pembicara yaitu Bapak Daniel S. Purba selaku SVP Strategy & Investment of PT Pertamina (Persero) dan Dr. Dina Nurul Fitria, S.E., M.T., CSCA., CRP. selaku Pembina UKM Penalaran sekaligus Dosen Ekonomi di Universitas Pertamina. Kedua pembicara ini menyampaikan materi tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan di era COVID-19.

Bapak Daniel Purba menyampaikan materi yang berhubungan dengan lingkungan Pertamina Persero. Pada 2021 ini, diyakini oleh banyak orang bahwa ini merupakan tahun transisi dari era pandemi menuju post-pandemi. Tidak terkecuali Pertamina Persero. Hal yang telah dilakukan oleh PT Pertamina Persero adalah memodifikasi semua sektor agar dapat bertahan di era pandemi ini. Salah satu contohnya adalah mengalokasikan budget dan mengatur ulang sistem fiskal yang mana akan digunakan untuk jaminan kesehatan para pegawai. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa di PT Pertamina Persero telah mempersiapkan protokol secara detail pada setiap tempat kerjanya seperti di kantor, sektor shipping, dan tak terkecuali di offshore. Segala pengerjaan, aset, dan proses telah diatur sedemikian rupa. Selain itu, Bapak Daniel juga menjelaskan hal yang dilakukan PT Pertamina Persero jika dilihat pada sisi bisnisnya, seperti memotong operating cost dan investment cost, serta mengatur cash flow agar profit tidak berada di posisi minus. Setelah Bapak Daniel, dilanjutkan Bu Dina untuk menyampaikan materi tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan di era COVID-19 di lingkungan kampus. Salah satu penjelasan beliau adalah pentingnya menjaga mental health dan memanajemen waktu.

 

Setelah kedua pembicara menyampaikan materinya, pada pukul 15.25 ada penampilan dari UKM Kesenian Modern UPMOAR. Kemudian, pada pukul 15.35 dilanjutkan dengan acara yang telah ditunggu-tunggu oleh para finalis yaitu pengumuman juara di semua cabang lomba. Untuk pengumuman yang pertama adalah pemenang Poster Competition yang diumumkan oleh Bapak Dr. Tedy Wachyudi, S., S.H., M.M. selaku Wakil Rektor II Universitas Pertamina. Berikut adalah para pemenang pada cabang lomba ini, yaitu:

  • Juara 1 : SOLDIER – Universitas Indonesia
  • Juara 2 : PARAKARTA – Universitas Gadjah Mada
  • Juara 3 : NAYANIKA – Universitas Pertamina
  • Best poster : JYOTISHA – Institut Teknologi Bandung
  • Best presentation : HERMETICILIN – Institut Pertanian Bogor

 

Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Documentary Film Competition oleh Bapak Roby Hervindo selaku Sekretaris Universitas Pertamina. Berikut adalah para pemenang pada cabang lomba ini, yaitu:

  • Juara 1 : Telkom University, dengan judul film “Wave of Saviour”
  • Juara 2 : Universitas Pertamina, dengan judul film “SURVIVOR : The Untold Story”
  • Juara 3 : Universitas Jenderal Achmad Yani, dengan judul film “INVESTMENT MOVEMENT BY MILLENNIAL = ECONOMIC SAVIORS”
  • Favourite Documentary Film :  Universitas Pertamina, dengan judul film “SURVIVOR : The Untold Story”
  • Jury Special Mention : Institut Teknologi Bandung, dengan judul film “Sightseeing tourism spot of Ciletuh Geopark on pandemic days”
  • Youth Nationalism Award : Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dengan judul film “Sirius & Arcturus; 10/52”

 

Selanjutnya adalah pengumuman pemenang Industrial Case Competition oleh Bapak Budi Soetjipto selaku Wakil Rektor III Universitas Pertamina. Berikut adalah para pemenang pada cabang lomba ini, yaitu:

  • Juara 1 : Vorchi – Institut Teknologi Bandung
  • Juara 2 : Globe – Institut Teknologi Bandung
  • Juara 3 : Industrial Team – Institut Teknologi Bandung
  • Best Paper : Demi Progress – Universitas Trisakti
  • Best Presentation : Ji Pyeong – Universitas Sumatera Utara

 

Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari Paper Competition oleh Bapak Daniel S. Purba selaku SVP. Berikut adalah para pemenang pada cabang lomba ini, yaitu:

  • Juara 1 : Institut Pertanian Bogor, dengan judul paper “In Silico Study : Hermetia Illucens Based Acute Respiratory Infection Treatment”
  • Juara 2 : Universitas Pertamina, dengan judul paper “Watch CDP Prototype (COVID-19 Data Prediction) Using Python And Sensory Based Artificial Intelligence Statistics System”
  • Juara 3 : “Stressless: An Online Cognitive-Behavioral Based Stress Management Training Program For University Freshmen Students”
  • Best Paper : Universitas Pertamina, dengan judul paper “”Vitaworm” Potential Of Zophobas Morio’s Fatty Acid As Immunomodulator”
  • Best Presentation : Universitas Indonesia, dengan judul paper “Community Of Inquiry: Maximizing Distance Learning (Pjj) During New Normal”

Setelah seluruh pemenang telah diumumkan, berakhirlah acara Grand Closing ini. Selamat bagi para pemenang dan terimakasih sebesar besarnya bagi PT Pertamina (Persero) selaku sponsor utama dan seluruh media yang sudah membantu menyukseskan acara ini.

 

 

Leave A Comment