WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Belajar Efektif Untuk Mempersiapkan UTBK

Menjadi siswa/I kelas 12 memanglah tantangan yang sangat berat. Tidak ada waktu banyak untuk bermain-main lagi karena waktu sudah harus dipakai untuk fokus belajar demi masuk PTN yang diinginkan. Ditambah lagi ekspektasi tinggi dari orangtua yang kemudian menjadi beban untuk kita semua. PTN menjadi incaran para siswa/I kelas 12 selain karena dianggap memiliki reputasi yang baik,  biaya uang pangkal dan uang semesteran yang harus dikeluarkan bila diterima di PTN tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan kuliah di PTS. Masa-masa persiapan untuk UTBK memanglah sangat menegangkan dan berat. Namun, jangan khawatir karena kita akan memberikan tips untuk mempersiapkan UTBK dengan santai namun tetap efektif! Berikut adalah tips-tipsnya!

  1. Mulailah mencicil pelan-pelan soal-soal latihan UTBK sejak awal kelas 12 agar materi yang harus dipelajari tidak menumpuk. 
  2. Buatlah jadwal belajar yang efisien dan efektif sesuai dengan kemampuan belajarmu. Jangan mengikuti jadwal belajar orang lain karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda. Sebagai contoh, setiap harinya kamu memiliki jadwal untuk mencicil cukup 5 soal dari masing-masing mata pelajaran – tidak masalah jika temanmu bisa belajar tiap hari sampai malam.  
  3. Jika kamu adalah seseorang dengan tipe auditori, maka dengarkanlah musik yang kamu suka ketika kamu belajar atau mencicil soal latihan UTBK. 
  4. Jangan menghabiskan hari-harimu hanya untuk belajar. Luangkanlah waktu untuk refreshing bersama keluarga atau teman. 
  5. Apabila kamu kesulitan untuk mengerjakan beberapa soal, mintalah bantuan teman dekatmu yang mengerti untuk belajar bersama.
  6. Jangan lupa untuk selalu berdoa  dan beribadah pada Tuhan Yang Maha Esa agar dimudahkan ketika melaksanakan UTBK nanti. 

Nah itu dia tips-tips yang bisa kalian lakukan untuk mempersiapkan UTBK dengan santai namun tetap efektif! Selamat mencoba dan good luck!

 

Penulis artikel : Fadil Maulana

Illustrasi : Freepik

Leave A Comment