WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

TOSSAKA 17th : Boost Your Spirits, Reach the Unlimited

Pada hari Sabtu (30/1), TOSSAKA 17th telah berlangsung dengan meriah. Acara ini merupakan kegiatan tahunan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia sebagai wadah untuk siswa/i SMA dalam mempersiapkan UTBK. Acara ini dibuat dengan rangkaian kegiatan Try Out atau Simulasi UTBK. Selain kegiatan Try Out, adapula Seminar Motivasi untuk memotivasi peserta agar semakin giat belajar. Dalam acara Seminar Motivasi, TOSSAKA 17th menghadirkan sosok yang sangat menginspirasi yaitu Fauzan Al Rasyid dan Miracle Sitompul. Tak hanya itu, TOSSAKA 17th juga menyelenggarakan acara Bedah Fakultas. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada peserta yang penasaran tentang apa saja yang dipelajari di fakultas – fakultas UI, lho!

 

 

Acara yang diselenggarakan secara virtual melalui kanal Youtube TOSSAKA 17th ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dipandu oleh kedua MC yaitu Gita dan Sitesh. Pembukaan acara ini disambut dengan pidato singkat yang dibawakan oleh Caroline Woenarso selaku ketua pelaksana TOSSAKA 17th. Acara selanjutnya yaitu pengerjaan soal TPS yang dimulai pada pukul 08.30 WIB. 

 

 

Setelah peserta menyelesaikan soal TPS, Seminar Motivasi pun dimulai ketika Mahesa Oktareza selaku moderator menyapa Fauzan Al Rasyid dan Miracle Sitompul dengan hangat. Seminar ini diawali dengan perbincangan ringan tentang latar belakang dari masing-masing kedua pembicara. Fauzan dan Miracle pun menceritakan bagaimana perjalanan singkat mereka tentang dunia perkuliahan dan bagaimana mereka bisa masuk kampus impian mereka, Universitas Indonesia. Fauzan bercerita bahwa ia masuk Fakultas Ilmu Komunikasi karena suka mengobrol dan berkomunikasi dengan banyak orang sedangkan Miracle bercerita bahwa ia memilih Fakultas Kedokteran Gigi karena ingin mencoba hal baru. 

 

Tak hanya itu, dalam seminar ini Fauzan dan Miracle pun menyampaikan bahwa sangat penting untuk melihat passion dan minat dalam diri kita sendiri. Karena jika tidak, kita akan tertekan dan pada akhirnya akan keluar dari jurusan tersebut. Sebelum mengakhiri seminar tersebut, Fauzan dan Miracle menyampaikan pesan untuk peserta yaitu persiapkan segalanya. Mereka mengatakan bahwa kita harus memiliki rencana lain karena tidak semua yang kita rencanakan akan berjalan sesuai dengan ekspektasi. So, mulai sekarang teman-teman Sunners harus bisa memiliki beberapa rencana sebelum melakukan sesuatu ya!!

 

Selanjutnya sesi yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta yaitu bedah fakultas. Sesi bedah fakultas ini mempersilahkan para peserta untuk menggali informasi lebih untuk mengetahui fakultas yang ada di Universitas Indonesia. Berbeda dengan sesi sebelumnya, bedah fakultas ini dilaksanakan melalui via aplikasi Zoom. Adapun sesi QnA sehingga para peserta bisa menanyakan pertanyaan mengenai seputar fakultas yang mereka ingin ketahui.

Selesai sesi bedah fakultas, peserta melanjutkan pengerjaan soal yang kedua yaitu TPA. Berlangsung selama kurang lebih dua jam, akhirnya TPA selesai dan lanjut ke sesi pembahasan soal, dimana peserta dapat mengetahui jawaban dari beberapa soal yang mereka kerjakan sebelumnya.  Usai berlangsung selama beberapa jam, MC mengucapkan sepatah kata perpisahan yang menandakan berakhirlah acara TOSSAKA 17th. Acara ini berjalan dengan lancar dan meriah. Semoga acara ini memberikan pengalaman serta ilmu yang nantinya akan menjadi bekal bagi para peserta ke depannya ya!

 

Oleh : Salwa Salsabilla & Stephanie Elvia, Universitas Tarumanagara

Leave A Comment