WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Waspada Banjir dan La Nina Ala Pelajar Masa Corona

Sunners, siapa nih yang sering pantau berita atau pemberitahuan dari BMKG, juga paling update kalau ada bencana, fenomena cuaca, iklim dan meteorologi? Kalau kamu termaksud orang yang update itu, fix kamu keren. Karena itu menunjukkan bahwa kamu peduli dengan lingkunganmu, negaramu, bahkan bumi tempat kamu tinggal.

Nah, siapa nih yang sudah dengar tentang La Nina yang mulai ramai diperbincangkan? Atau ada yang masih belum tau apa itu La Nina? Oke deh, mimin jelaskan dulu sedikit ya. La Nina adalah suatu fenomena iklim yang terjadi saat anomali (penyimpangan) suhu pada muka air laut di Samudera Pasifik tengah Ekuator, yang mana suhu pada titik tersebut lebih dingin dari biasanya. Sementara itu Indonesia memiliki suhu muka air laut yang cenderung hangat. Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, perbedaan suhu yang cukup tinggi antara Samudera Pasifik dan Indonesia tersebut menyebabkan perbedaan tekanan udara yang dapat membawa aliran udara basah dari Samudera Pasifik Menuju Indonesia. Nah, sampai sini sudah paham kan Sunners?

Nah, coba ingat lagi, saat ini Indonesia sedang musim apa? Iya benar banget Sunners, musim galau *ehh, musim hujan maksudnya Sunners. Coba kalian hubungkan, sudah musim hujan yang curahnya tinggi, ditambah El Nina pula, aduh mimin takut banjir nih Sunners. Nanti kalau banjir PJJnya bagaimana ya? Mana sedang ada pandemi corona, duh jadi galau beneran deh ini.

Etss.. jangan galau dulu Sunners. Daripada galau-galauan terus, lebih baik kita mempersiapkan hal-hal yang diperlukan nih di masa curah hujan yang tinggi seperti ini yang rawan banjir, apalagi untuk kamu yang daerah rumahnya rendah dan tergolong sering banjir. Kalian boleh banget nih intip tips-tips di bawah ini, berikut tips-tipsnya Sunners.

  1. Amankan Harta Bendamu

Sunners, banjir itu bisa tiba-tiba datangnya loh, saat kamu tidur misalnya, nggak bakal sadar deh tuh air perlahan-lahan naik. Masih untung kalian yang kamarnya ada di lantai atas, kalau di bawah? Haduh jangan sampai deh basah semua.

Terus, harta benda apa nih min maksudnya yang harus diamankan? Kalau tv dan kulkas kan berat. Ya harta benda kamu sebagai pelajar dong tentunya Sunners. Harta benda kalian yang utama adalah buku, nah selain itu juga ada berkas-berkas seperti ijazah, raport dan lainnya. Jangan lupakan juga laptop, apa lagi sedang PJJ seperti ini Sunners. Ayo buruan taruh di tempat yang tinggi, yang aman dari banjir. Selain di taruh di tempat yang tinggi, kalian juga harus pastikan “harta kalian” tersebut tidak terkena air dari genting rumahmu jika ada yang bocor. Jangan lupa juga untuk selalu melindungi laptop kamu, minimal dengan tas laptop Sunners, sama casannya juga dong ya pastinya. Aman deh harta-harta kalian yang paling berharga.

 

  1. Stok Makanan dan Air Mineral

Siapa nih Sunners yang nggak bisa mikir kalau lapar? Hehe sama, mimin juga. Karena saat hujan atau bahkan banjir akan susah untuk kita keluar rumah, sebaiknya kita persiapkan stok makanan di rumah, seperti telur, mie instan, beras, dan lainnya. Kalau hal ini, jangan tunggu orang tua kalian ya Sunners, justru kalian bisa membantu orang tua kalian untuk membeli persediaan makanan tersebut. Jangan lupa pakai masker ya saat ke warung atau supermarket. Tetap terapkan protokol kesehatan agar kalian dan keluarga aman Sunners.

 

  1. Siap Sedia Obat-obatan dan Konsumsi Vitamin

Coba dicek lagi Sunners persediaan obat-obatan di rumah, mana yang sudah habis, mana yang masih banyak, dan mana yang penting untuk di stok lagi di rumah. Kesehatan itu sangat penting Sunners, selain mengobati, kalian juga harus mencegah penyakit, yaitu dengan mengkonsumsi vitamin. Jangan malas untuk mengkonsumsi vitamin ya Sunners. Selain mencegah corona, vitamin juga mencegah kalian dari flu dan demam yang mudah datang saat musim hujan. Nggak enak kan kalau harus ketinggalan pelajaran karena absen atau karena tidak fokus saat PJJ berlangsung. Nah, obat-obatan dan vitamin bisa kalian beli bersamaan dengan persediaan makanan nih Sunners.

 

  1. Baju Hangat

Penting nih Sunners, pastinya agar kamu nggak kedinginan dong ya. Selain vitamin, baju hangat juga membantu kalian agar terhindar dari demam dan flu. Siapkan baju hangat tersebut untuk berjaga-jaga saat kalian merasa dingin. Juga gunakan selimut jika di rumahmu cenderung dingin di malam hari. Jaga diri kalian agar tetap hangat ya Sunners.

 

  1. Power Bank

Kamu punya power bank nggak nih Sunners di rumah? Kalau punya, dicas deh Sunners sampai penuh. Untuk berjaga-jaga karena kalian tidak tahu kapan listrik di rumah mati dan kapan hidupnya lagi. Bagi kalian yang tidak punya power bank, kalian bisa membelinya dari sekarang atau kalian bisa terapkan cara no. 6 Sunners.

 

  1. Cas cas cas

Untuk berjaga-jaga, biasakan hp kalian dalam keadaan penuh ya Sunners. Apalagi saat hujan mulai deras Sunners, buru-buru deh tuh cas hp kalian sebelum mati lampu. Kalian juga perlu mengisi daya laptop kalian hingga penuh. Jika sudah ada pengumuman siaga banjir atau sekiranya hujan deras di rumah kalian sudah berlangsung lama, kurangi pemakaian hp, dan cas hp kalian. Hp kan sudah diibaratkan seperti hidup kalian ya Sunners, hehe.

Nah Sunners, dari 6 tips dari mimin di atas mana nih yang sudah kalian terapkan?. Selain tips-tips di atas, jangan lupa juga ya untuk senantiasa memantau kondisi cuaca agar kalian dapat lebih siaga. Jangan lupa juga untuk membantu orang tua kaliang untuk berbenah dan merapikan barang-barang ya Sunners. Dan yang terpenting dari semuanya adalah “jangan buang sampah sembarangan”. Semoga banjirnya takut dan tidak jadi datang karena kita sudah siap ya Sunners.

 

Kinanti Rizkiarti

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment