WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Peluncuran Kolaborasi BINUS dan Facebook di Indonesia Untuk Edukasi dan Pemberdayaan UKM

UKM adalah salah satu tonggak perekonomian di Indonesia dan membawa pengaruh yang besar bagi masyarakat yang turut serta di dalamnya. Pandemi COVID-19 yang menginvasi seluruh dunia membawa impact yang besar bagi kehidupan perekonomian, termasuk para pengusaha UKM. Kali ini, BINUS UNIVERSITY bekerjasama dengan Facebook Indonesia untuk meluncurkan kolaborasi yang akan memberikan edukasi dan pemberdayaan UKM, yang dapat diakses di situs https://greatnusa.com/, melalui webinar yang diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2020 melalui Zoom Meeting pada pukul 09.30.

Webinar ini dimoderatori oleh Dr. Meyliana, S.Kom., MM selaku Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship serta Peter Lydian, County Director Facebook di Indonesia. Dalam webinar ini, Rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM turut hadir dalam webinar dan peluncuran kolaborasi BINUS UNIVERSITY dan Facebook Indonesia.

Dr. Meyliana, S.Kom., MM (Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship)

Dalam webinar ini, Peter Lydian mengungkapkan bahwa saat ini window shopping lebih banyak dilakukan secara daring. Pemberdayaan UKM pun jauh lebih baik di saat ini karena dorongan pemerintah yang sangat apik dan terbantu dengan digital business. UKM merupakan jantung dari komunitas yang ada di Facebook. Ketika komunitas menjalin komunikasi, akan ada aktivitas jual-beli yang digerakkan. Facebook berusaha untuk memberikan dukungan kepada para small business yang sangat merasakan dampak dari COVID-19, yang bisa dikatakan bahwa digital business bisa sangat membantu dan mau tidak mau semua orang terdorong untuk beralih ke digital business. Intinya, dimulai saja terlebih dahulu.

Peter Lydian (Country Director Facebook di Indonesia)

Facebook meningkatkan aktivitas tersebut agar dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan saat jual-beli dan memberikan rasa aman kepada siapapun yang melakukan aktivitas jual-beli. Seperti diungkapkan Peter Lydian, keamanan adalah prioritas utama Facebook dengan ‘Kampanye di Sosmed’. Hal ini bertujuan untuk memahami netizen agar memiliki kendali di sosial media. Facebook dan Instagram bekerjasama dengan animator Naufal Faridurrazak dengan animasi Si Nopal dan Nur Alif Ramadhan melalui animasinya, Dalang Pelo, yang bisa dilihat di akun Instagram @si_nopal dan @dalang.pelo.

Di kesempatan yang baik ini, Facebook Indonesia, melalui Peter Lydian, mengajak masyarakat yang memiliki UKM untuk mendaftar Program Dana Bantuan untuk UKM di Indonesia yang dibuka hingga tanggal 2 November 2020. Untuk info lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan, Sunners bisa kunjungi https://www.facebook.com/business/small-business/grants.

Gambar laman awal website Program Dana Bantuan untuk UKM di Indonesia oleh Facebook

Ada pula sesi tanya jawab yang akan dijawab secara langsung oleh Peter Lydian mengenai UKM berbasis online. Di akhir acara, BINUS UNIVERSITY dan Facebook meluncurkan kolaborasi untuk edukasi seputar pemberdayaan UKM di https://greatnusa.com/, yang dihadiri juga oleh Rektor BINUS UNIVERSITY.

Gambar laman GreatNusa

Webinar ini cukup menarik banyak masyarakat, khususnya yang sedang menjalankan atau tengah mempersiapkan bisnis UKM. Dengan kolaborasi BINUS UNIVERSITY dan Facebook Indonesia, diharapkan masyarakat mengerti lebih dalam mengenai UKM dan bagaimana cara memulai bisnis ini berbasis daring. Untuk Sunners yang ingin memulai bisnis UKM, bisa cek GreatNusa dalam Seri UMKM untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Nantikan event keren selanjutnya dari BINUS UNIVERSITY ya, Sunners!

Leave A Comment