Majalah Sunday

Tips Public Speaking Remaja
untuk Persiapan Masa Depan

Penulis: Siti Nurhalizah – Universitas Negeri Jakarta

Hello, Sunners! Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa terlepas dari yang namanya komunikasi. Komunikasi ke diri sendiri alias ngomong sendiri (Hayo ngaku, siapa yang suka ngomong sendiri?), komunikasi ke teman, keluarga, atau bahkan komunikasi kepada khalayak ramai. Nah, untuk jenis komunikasi kepada khalayak ini dikenal sebagai public speaking. Kalian pasti pernah dengar istilah ini kan? Public speaking ini merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan lho, Sunners. Kalau gitu, langsung kita bahas aja yuk tentang public speaking, tips, serta manfaatnya untuk kita.

Apa itu Public Speaking?

Public speaking secara harfiah berarti berbicara di depan umum. Public speaking merupakan keterampilan berbahasa yang melibatkan komunikasi dengan khalayak umum dan disebut juga sebagai seni berbicara. Tujuan public speaking adalah menyampaikan pesan, informasi, atau gagasan kepada khalayak secara efektif. Public speaking membutuhkan cara bicara yang jelas, tegas, dan meyakinkan untuk berkomunikasi dengan audiens. Situasi dalam public speaking dapat berupa seminar, pidato, konferensi, presentasi, maupun situasi sosial lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Public Speaking

Saat melakukan public speaking, setiap orang pasti akan mengalami ketakutan-ketakutan tersendiri. Bahkan, seorang profesional pun tak luput dari mengalaminya. Perasaan gugup, grogi, dan gelisah pasti akan selalu ada. Namun, semua itu dapat kamu atasi kok, Sunners. Berikut tips yang dapat kamu lakukan agar public speaking-mu lancar.

Tips Saat Persiapan

1. Siapkan materi dengan baik

Sebelum melakukan public speaking, kamu harus paham apa yang ingin kamu sampaikan kepada audiens. Ketika kamu memahami dengan baik materi dalam public speaking-mu, maka kamu akan lebih percaya diri dan akan lebih mudah mengatasi rasa gugup. Selain itu, kamu dapat menulis skrip terlebih dahulu agar penyampaianmu lebih terstruktur. Kamu juga dapat membuat catatan poin-poin penting dalam pembahasanmu yang dapat kamu “contek” ketika kamu merasa penyampaianmu sudah ngalor-ngidul

2. Latihan gestur dan ekspresi tubuh

Gestur dan ekspresi tubuhmu akan menambah daya tarik saat public speaking. Kamu dapat belajar dan latihan bagaimana cara menggunakan gestur dan ekspresi tubuh dengan baik.

3. Latihan olah vokal

Latihan olah vokal akan membantumu mengucapkan kata demi kata dengan artikulasi yang baik. Dengan artikulasi yang baik, kamu akan berbicara lebih jelas dan tidak belibet. Artikulasi yang baik juga akan menambah daya tarik public speaking-mu, Sunners.

4. Kenali audiens

Sebelum benar-benar melakukan public speaking, sebaiknya kamu sudah mengetahui siapa audiensmu. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan gaya bicara dan isi materimu agar sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens.

5. Siapkan mental

Hal yang terpenting untuk disiapkan saat public speaking adalah mental. Bukan mustahil akan ada hal-hal tak terduga yang terjadi saat kita melakukan public speaking. Jadi, siapkan mentalmu sebelum melakukan public speaking, ya, Sunners.

Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi: Bagaimana Caranya?

Tips Public Speaking, pict by canva.com

Tips Saat Melakukan Public Speaking

1. Berdoa

Berdoa saat akan melakukan public speaking merupakan hal yang penting. Kamu mungkin sudah melakukan segala persiapan untuk kelancaran public speaking-mu, tetapi jangan lupa bahwa Tuhan yang menghendaki segalanya. Jadi, jangan lupa berdoa, Sunners!

2. Terapkan apa yang sudah kamu persiapkan

Setelah kamu melakukan berbagai persiapan, kini saatnya kamu tampilkan yang terbaik. Sampaikan materimu dengan baik, komunikasikan pesanmu kepada audiens dengan gaya yang mereka sukai, berbicaralah dengan artikulasi yang jelas dan tempo yang pas -tidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat. Gunakan juga gestur dan ekspresi yang baik agar public speaking-mu semakin memukau.

3. Mengatasi kejadian tidak terduga

Kamu sudah bersiap untuk kejadian tidak terduga, tetapi apa yang harus kamu lakukan ketika itu terjadi? Ada banyak kemungkinan hal yang dapat terjadi saat public speaking. Misalnya, salah mengucapkan kata, tidak dapat menjawab pertanyaan audiens, atau nge-blank saat public speaking. Sebenarnya, hal-hal ini dapat diatasi dengan “kreatif” oleh masing-masing orang. Namun, Mimin punya beberapa cara yang dapat kamu ikuti.

Saat tidak sengaja mengucapkan kata yang salah atau belibet saat berbicara, mungkin kamu akan terdistraksi sehingga sulit kembali fokus dengan materimu. Untuk mengatasinya, kamu dapat meralat ucapanmu dan bersikap seolah tidak terjadi apa-apa, atau kamu dapat menjadikannya sebagai jokes yang mungkin akan membuat suasana menjadi lebih cair. 

Kemudian, ketika kamu tidak dapat menjawab pertanyaan audiens, kamu tidak perlu panik. Ambil napas, dan beri jeda untuk berpikir. Jika tidak ada jawaban, kamu dapat jujur bahwa tidak tahu jawabannya dan mengajak audiens untuk berdiskusi mengenai jawabannya. Sementara untuk mengatasi blank saat public speaking, catatan kecil berisi poin-poin penting mengenai materimu akan sangat membantu.

Tips Setelah Tampil

1. Evaluasi

Setelah public speaking selesai, cobalah untuk mengevaluasi penampilanmu tadi. Apakah ada kesalahan yang kamu buat, apa hal yang membuatmu nyaman dan percaya diri saat tampil tadi, dan apa saja yang dapat ditingkatkan dari penampilanmu. Kamu juga dapat meminta feedback dari temanmu serta meminta kritik dan saran yang membangun agar public speaking-mu lebih baik lagi.

2. Latih terus public speaking-mu!

Jangan kapok untuk melakukan public speaking. Teruslah latihan hingga kamu terbiasa. Semakin sering kamu latihan, kamu akan semakin terbiasa. Kamu juga akan menemukan hal yang sebaiknya kamu lakukan atau yang sebaiknya tidak kamu lakukan, sehingga daya tarikmu semakin bertambah.

Manfaat Public Speaking bagi Remaja

Melakukan public speaking sejak remaja banyak manfaatnya, lho, Sunners. Berikut ini beberapa manfaat public speaking bagi remaja:

1. Membantu memiliki komunikasi yang efektif.

Dengan melakukan public speaking, akan membantumu dalam mengembangkan kemampuan berbicara dengan jelas, tegas dan efektif. Hal ini juga akan bermanfaat untuk komunikasi dengan orang lain, seperti komunikasi dengan teman, keluarga, atau guru di berbagai situasi.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Berbicara di depan umum dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi remaja. Dengan berbicara di depan banyak orang dan atensi yang mengarah kepadamu, dapat membuatmu merasa diakui. Maka, kepercayaan diri dan keberanianmu akan meningkat.

3. Memahami materi dengan lebih baik

Ketika kamu harus menyampaikan sesuatu kepada orang lain, maka kamu akan berusaha untuk lebih memahami hal tersebut. Hal ini juga akan membantumu meningkatkan pemahaman terhadap pelajaran di sekolah.

4. Persiapan untuk masa depan

Keterampilan public speaking ini sangat penting dan dibutuhkan di dunia profesional. Dengan berlatih public speaking sejak remaja, akan sangat berguna ketika kamu akan memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Public Speaking bermanfaat untuk masa depan

Public speaking bermanfaat bagi masa depan remaja, pict by canva.com

Nah, Sunners, kira-kira seperti itu tips dan manfaat public speaking untuk remaja. Keterampilan ini penting dan memiliki manfaat bagi remaja, bahkan bagi setiap orang. Dengan melatih dan mengembangkan keterampilan public speaking sejak remaja, akan membantumu meraih kesuksesan di berbagai aspek kehidupan. Keterampilan public speaking tidak hanya membuatmu pandai berbicara di depan umum, tetapi juga membantu mengembangkan kemampuan komunikasi, meningkatkan kepercayaan diri, serta sebuah persiapan untuk masa depan yang cerah. Selain public speaking, masih banyak lagi skil atau keterampilan non-akademik yang dapat kamu terapkan, Sunners. Silakan baca di sini.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 118
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?