Majalah Sunday

Skill Non Akademik yang Wajib Pelajar Tahu!

Penulis: Desiana Yuniarti – Polimedia Jakarta

Sekolah merupakan tempat dimana kita mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang penting dalam kehidupan manusia. Di sekolah kita hanya  mendapatkan sistem pendidikan formal atau akademik saja. Namun, di balik sistem itu terdapat sebuah keterampilan atau skill non akademik yang harus siswa/i ketahui. 

Pada umumnya sekolah lebih mengutamakan pendidikan akademik saja seperti matematika, fisika, biologi, bahasa Inggris, dan lainnya. Bahkan bangak dari sebagian wali murid yang meminta anaknya untuk tetap fokus terhadap mata pelajaran di sekolah. Banyak yang beranggapan bahwa mendapatkan nilai bagus pada mata pelajaran merupakan yang luar biasa. Namun, tanpa mereka sadari pendidikan akademik harus diimbangi dengan sebuah keterampilan atau skill non akademik.

Sekolah itu emang fokus ke aspek akademik. Tapi supaya unggul di dunia kerja nanti, pahami skill non akademik berikut.

Yuk lengkapi dirimu dengan keterampilan non akademik berikut, pict by canva.com

6 Skill Non Akademik yang Jarang Diajarkan di Sekolah

Kira-kira keterampilan  atau skill non akademik seperti apa saja yang wajib sunners ketahui? Yuk, mari kita bahas bersama!

Public Speaking

Kemampuan berbicara di depan umum terkadang jarang sekali dipelajari di sekolah secara mendalam. Sebagian dari kita bahkan  sering mengalami kesulitan dalam  berbicara di depan umum dengan baik. Tak hanya itu saja, public speaking menjadi hal yang cukup menakutkan bagi sebagian siswa yang ingin melakukan presentasi di kelas. 

Tanpa kita sadari, public speaking atau berbicara di depan umum merupakan kemampuan yang harus sunners miliki. Dengan memiliki  public speaking yang baik kita dapat dengan mudah untuk tampil dengan percaya diri dan mudah untuk berkomunikasi baik dengan teman, guru, dan lingkungan sekitar. 

Kemampuan public speaking juga berdampak positif di dunia kuliah ataupun dunia kerja. Sebab orang yang memiliki kemampuan public speaking yang baik akan selalu mendapatkan peluang yang besar dimanapun itu. Oleh karena itu, Sunners harus bisa memiliki kemampuan public speaking yang baik.

Menulis dan Mengetik

Kegiatan menulis dan mengetik kerap kali diabaikan oleh sebagian orang. Banyak yang menganggap kegiatan menulis adalah hal yang sangat kuno. Bahkan kegiatan menulis sudah jarang sekali dilirik oleh orang-orang. Namun tanpa disadari kegiatan menulis merupakan suatu hal yang sangat penting. 

Dengan menulis kita bisa menjadi lebih gampang untuk mengembangkan berbagai macam ide-ide ataupun mengekspresikan diri. Tak hanya itu saja, menulis juga bisa membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang dan tentram. Kegiatan menulis juga memiliki peluang yang begitu besar di era digital.

Berjualan

Sunners, kegiatan berjualan tentunya memerlukan skill maupun kemampuan. Untuk berjualan tentunya sunners harus melalui beberapa proses dengan berlatih melakukan kegiatan jualan. Entah itu berjualan melalui media sosial maupun di kelas. Dengan berjualan tentunya dapat membantu sunners untuk mendapatkan uang lebih dan melatih kemampuan berniaga.

cari tahu dan tingkatkan skill akademik pada dirimu

Teks terkait gambar, pict by canva.com
(Klik gambar di atas, masukkan keyphrase pada alt text)

Manajemen Waktu

Sunners, tanpa disadari kita pernah melalaikan waktu dengan melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat. Waktu merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan seseorang. Seperti pribahasa “Waktu adalah uang.” Jika sunners telah melalaikan waktu sama saja merugi.

Dalam melakukan manajemen waktu, sunners dapat dengan mudah untuk melakukannya dengan membuat schedule. Semua kegiatan yang sudah terstruktur dengan baik atau yang akan dilakukan dapat berjalan lancar dan tidak ada satupun waktu yang terbuang.

Manajemen Keuangan

Selain melakukan manajemen waktu, sunners juga harus bisa melakukan manajemen keuangan.  Bisa diawali dengan kegiatan mencatat pengeluaran dan pemasukan. Tak hanya itu, sunners juga bisa mulai merancang anggaran pengeluaran dan pemasukan per bulan. 

Membuat data pemasukan dan pengeluaran juga dapat membuatmu menjadi lebih teliti dan dapat mengelola keuangan dengan baik.

Creative Thinking

Setelah mengetahui ke 6 skill non akademik beserta dengan manfaatnya.Ternyata begitu banyak manfaat yang kita dapatkan setelah mempelajari dan memiliki kemampuan tersebut. Bahkan dampaknya selalu bisa kita rasakan di manapun kita berada. Jadi, bagaimana sunners sudahkah kamu memiliki skill non akademik?

Tingkatkan terus skill non akademik dan tetap seimbangkan dengan kebutuhan studi

Yuk kembangkan keterampilanmu di tempat yang tepat, pict by canva.com

Setelah mengetahui ke 6 skill non akademik beserta dengan manfaatnya.Ternyata begitu banyak manfaat yang kita dapatkan setelah mempelajari dan memiliki kemampuan tersebut. Bahkan dampaknya selalu bisa kita rasakan dimanapun kita berada. Jadi, bagaimana sunners sudahkah kamu memiliki skill non akademik?

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 306
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?