WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Mengatasi Permasalahan Kulit Wajah: Dari CTMP Sampai Eksfoliasi

Hai Sunners! Adakah di antara kalian yang punya masalah dengan kulit kusam, jerawat, serta komedo baik yang whitehead maupun blackhead??? Mimin punya beberapa tipsnya, nih! Yuk, simak di bawah ini.

Permasalahan kulit wajah sering sekali dialami baik perempuan maupun laki-laki. Diantaranya ada kulit kusam, warna kulit tidak merata atau biasa disebut kulit belang, jerawat, beruntusan, komedo, dsb. Penyebabnya juga bermacam-macam mulai dari hormon pubertas hingga kotoran dan polusi. Bagi sebagian orang permasalahan wajah ini cukup fatal karena dapat membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Nah, berikut Mimin kasih beberapa tips mengatasinya.

1. Menerapkan CTMP

Tips yang pertama untuk meminimalisir munculnya masalah kulit di wajah terutama kulit kusam dan kulit belang adalah kamu perlu menerapkan step skincare paling dasar yaitu, CTMP (Cleansing-Toner-Moisturizer-Protecting). Pada penggunaan cleansing bisa kamu lakukan dua kali (double) setelah kamu seharian aktivitas di luar atau setelah memakai make up. Cara double cleansing yaitu, pertama membersihkan wajah dengan cleanser milk/cleansing balm kemudian bilas wajah dengan face wash seperti biasa kamu mencuci muka. Penggunaan protecting atau sunscreen juga wajib kamu pakai setiap hari agar kulit wajah terhindar dari paparan sinar UVA dan UVB yang bisa menyebabkan kulitmu kusam dan belang. Adapun jenis produk CTMP bisa kamu sesuaikan dengan tipe kulit wajahmu ya, Sunners! 

2. Melakukan Eksfoliasi


Tips yang kedua yaitu, melakukan eksfoliasi maksimal seminggu 2 kali. Eksfoliasi ini fungsinya mengangkat kotoran yang dapat menyebabkan komedo dan beruntusan dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk yang menyebabkan wajahmu terlihat kusam. Eksfoliasi ini bisa kamu temukan dalam produk peeling, scrub atau pun toner. Tapi, Mimin ,menyarankan jangan lakukan eksfoliasi dengan scrub jika wajahmu sedang berjerawat ya, Sunners, karena dapat menimbulkan iritasi dan untuk toner eksfoliasi kamu perlu mengecek kandungannya juga karena ada beberapa bahan yang terkandung dalam toner eksfoliasi yang tidak bisa digunakan dengan bahan tertentu secara bersamaan.

3. Memakai Produk Skincare Sesuai dengan Kebutuhan Kulit


Tips yang ketiga yaitu, memakai produk skincare sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Ketika wajahmu berjerawat sebaiknya pakai produk yang memiliki klaim anti-acne dan sebisa mungkin hindari penggunaan produk dengan klaim mencerahkan. Begitu juga dengan pemakaian masker wajah, saat berjerawat hindari masker yang memiliki tekstur kasar seperti scrub karena dapat menimbulkan iritasi dan bisa memperparah jerawatmu. Kamu bisa menggunakan jenis sheet mask dan clay mask saat sedang berjerawat. Setelah masalah jerawatmu sudah teratasi, barulah kamu bisa mulai beralih ke produk skincare yang memiliki klaim mencerahkan. Hal ini bertujuan agar klaim produk yang kamu pakai dapat bekerja secara maksimal.

4. Atur Pola Makan dan Jam Tidur

Tips yang terakhir yaitu, atur pola makan dan jam tidurmu. Mungkin terdengar sepele, tapi kedua hal ini sangat berpengaruh pada kulitmu terutama kulit wajah, lho! Sebisa mungkin jangan terlalu sering makan makanan fast food dan perbanyak minum air. Selain itu, atur pola tidur dengan menjadwal tidak lebih dari jam 10 malam. Karena sering tidur terlalu larut juga berpengaruh membuat kulitmu terlihat kusam.

Nah, itu dia beberapa tips dari Mimin yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi permasalahan kulit wajah dan tentunya juga menjaga agar kulit wajah tetap sehat.

 

Alda Alviani
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment