Majalah Sunday

Tips Membangun Persahabatan
dengan Teman Baru di Sekolah

Penulis: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan

Sunners siapa nih yang akan memasuki masa baru masuk sekolah? gimana udah punya temen baru belum nih? Masa sekolah bisa menjadi pengalaman yang menarik dan penuh tantangan. Kamu akan banyak bertemu dengan hal-hal baru yang mungkin sebelumnya belum kamu temui, seperti suasana sekolah, guru-guru, dan tentunya kamu akan membangun persahabatan dengan teman-teman barumu di sekolah.

Saat bertemu teman baru di sekolah, tak jarang membuat kita merasa gugup dan dan canggung. Perasaan tersebut dapat menghalangi kamu untuk membangun persahabatan dengan teman-temanmu, lho. Padahal dengan membangun persahabatan dapat memberikanmu dukungan sosial, keceriaan, dan membuat masa-masa sekolahmu lebih menyenangkan.  

Cara Membangun Persahabatan dengan Teman Baru

Tenang Sunners, membangun persahabatan dengan teman baru di sekolah bisa dilakukan dengan mudah daripada yang kamu bayangkan, kok. Ada beberapa tips nih yang bisa Sunners lakukan untuk mulai membangun persahabatan di sekolah, simak yuk! 

jadilah dirimu sendiri

Tidak ada yang lebih menarik daripada menjadi dirimu sendiri. Sunners, jangan pernah takut untuk menunjukan minat dan keunikanmu. Dengan begitu, kamu akan menemukan teman-teman yang sejalan yang menghargaimu apa adanya!

sapa dan senyum

Sederhana namun bermakna! Ketika bertemu dengan teman baru, jangan ragu untuk menyapa mereka dengan ramah dan memberikan senyuman yang hangat. Ini akan menunjukan bahwa kamu terbuka untuk berteman dan menjalin persahabatan.

bergabung dalam kegiatan sekolah

Salah satu cara terbaik untuk bertemu teman baru adalah dengan bergabung dalam kegiatan sekolah, seperti klub olahraga, klub musik, atau klub seni. Temukan sesuatu yang kamu minati dan bergabunglah dalam kegiatan tersebut. Disana, kamu akan bertemu dengan teman-teman yang memiliki minat yang sama denganmu dan menjadi kesempatan untuk membangun persahabatan. 

jangan takut mengajak berteman

Jika kamu menemukan seseorang yang sepertinya menarik dan ingin didekati, jangan ragu untuk mengajaknya berteman ya Sunners. Kamu bisa memulainya dengan menawarkan untuk makan siang bersama, mengikuti acara sekolah, atau bahkan belajar bersama. Lama-lama kalian akan semakin akrab dan mulai menjalin persahabatan yang erat. Langkah kecil seperti ini bisa menjadi awal yang hebat untuk persahabatan yang langgeng, lho Sunners. 

jaga komunikasi dan perhatian

Saat berinteraksi dengan teman baru, pastikan untuk menjaga komunikasi, luangkan waktu untuk mendengarkan cerita mereka sambil membagikan pengalamanmu. Tujukan minat pada apa yang mereka katakan dan berikan respon yang relevan. Cara ini akan membantu memperdalam percakapan dan memperkuat ikatan persahabatanmu, Sunners.  

memiliki persahabatan yang erat itu menyenangkan, pict by canva.com

Membangun persahabatan yang erat di sekolah baru akan membawamu pada berbagai momen berharga bersama teman. Jadi, jangan takut untuk mengambil langkah kecil dalam membangun persahabatan barumu di sekolah. Selamat menikmati masa-masa sekolah baru dan semoga kamu menemukan teman-teman yang luar biasa di sekolah baru, Sunners! 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 281
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?