Majalah Sunday

Tips Kesehatan Mata untuk Penggunaan Teknologi yang Bijak

Penulis: Siti Nurfathonah – Universitas Negeri Yogyakarta

Dalam era dimana teknologi membentuk bagian besar dari keseharian kita, penting untuk mengingat bahwa penggunaan teknologi yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan mata loh. Sunners ayo gali lebih dalam bagaimana cara untuk tetap menjaga kesehatan mata agar kamu tetap bisa menggunakan teknologi dengan baik dan bijak.

Kesehatan mata
Ilustrasi Penggunaan Teknologi. Pexels.

1. Menjaga Jarak Mata dari Layar

Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar gadget dapat menyebabkan kelelahan mata dan ketegangan. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk menjaga jarak yang tepat antara mata dan layar. Idealnya sunners posisi layar pada jarak yang nyaman, sekitar 40-70 cm dari mata.

2. Mengatur Waktu Layar

Kesehatan mata
Ilustrasi Penggunaan Teknologi.

Terlalu banyak waktu dihabiskan di depan layar bisa mengganggu pola tidur, menyebabkan stres, dan mengganggu interaksi sosial. Buatlah kebiasaan untuk mengatur waktu layar kamu. Misalnya, tentukan batas waktu harian untuk penggunaan gadget dan pastikan untuk mengambil istirahat reguler dari layar setiap jamnya ya sunners.

3. Hindari Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Penggunaan gadget sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur karena cahaya biru yang dipancarkan layar gadget dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yang penting untuk tidur yang nyenyak. Cobalah untuk menghindari penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur ya sunners, dan lebih baik lagi, buatlah kebiasaan membaca buku atau melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur.

4. Istirahat Mata Secara Teratur

Ilustrasi Penggunaan Teknologi. Pexels.

Berikan istirahat bagi mata dengan melakukan istirahat mata secara teratur saat menggunakan layar. Setiap 20 menit, arahkan pandangan sunners ke jarak yang lebih jauh selama 20 detik untuk mengurangi ketegangan mata. Ini dapat membantu mencegah kelelahan mata dan menjaga kesehatan penglihatan.

5. Batasi Penggunaan Gadget di Tempat Tidur

Kesehatan mata
Ilustrasi Penggunaan Teknologi. Pexels.

Tempat tidur sebaiknya untuk tidur dan kegiatan yang berkaitan dengan istirahat ya sunners. Dengan menghindari membawa gadget ke tempat tidur sunners bisa memulai kebiasaan tidur yang sehat dan menghindari gangguan tidur seperti insomnia. 

Jadi teknologi memang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita, namun menggunakan teknologi dengan bijak agar tidak berdampak negatif pada kesehatan sunners juga penting. Dengan menjaga jarak mata dari layar, mengatur waktu layar, menghindari penggunaan gadget sebelum tidur, melakukan istirahat mata secara teratur, dan membatasi penggunaan gadget di tempat tidur, sunners dapat menjaga kesehatan mata. Ingatlah untuk selalu menjaga keseimbangan antara dunia digital dan kehidupan nyata kamu sunners.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 83
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?