Majalah Sunday

Cara Mengatasi Kantung Mata yang Gelap

Penulis: Rafi Al-hakim – Universitas Negeri Jakarta

Sunners, Tubuh yang kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab hitam di bawah mata dan area ini menjadi cekung. Akibatnya, bantalan lemak yang ada di bawah mata terlihat seakan-akan menonjol, sehingga membentuk kantung mata hitam. Kantung mata yang hitam juga bisa jadi karena tubuh terlalu lelah, sering begadang, dan kebanyakan tidur. 

Untuk itu, mulai mengubah pola tidur atau menjaga kualitas tidur. Kamu bisa tidur malam selama 8 jam, mulai dari jam 9 atau 10 malam. Hindari juga mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam.

Atasi Kantung Mata yang Gelap

Cara Mengatasinya

Ada beberapa cara menghilangkan kantong mata dan lingkaran hitam yang dapat dicoba, terutama bagi Anda yang sering kelelahan atau kurang tidur. Meski tidak berbahaya, kantong mata dan lingkaran hitam di sekitar mata bisa membuat penampilan jadi tidak segar.

Pada dasarnya, kantong mata dan lingkaran hitam yang muncul di sekitar mata bisa dihilangkan dengan beberapa langkah perawatan sederhana berikut ini:

Cara Atasi Kantung Mata yang Gelap

1. Kompres dengan air dingin

Secara umum, kompres dingin dapat meredakan gejala seperti bengkak, nyeri, dan kekeringan, sehingga dapat membantu penderita mata kering, mata merah, dan sakit mata. Kompres dingin dapat menyempitkan pembuluh darah, memperbaiki tampilan lingkaran hitam dan ketidaknyamanan mata bengkak.

Selain melakukan kompres dingin, kamu juga bisa memakai potongan mentimun dan kantong teh hijau basah.

Cara Atasi Kantung Mata yang Gelap

2. Perbaiki pola tidur

Kantung mat yang gelap bis disebabkan oleh pola tidur yang rusak atau tidak teratur. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mencukupi waktu tidur selama 7–9 jam setiap malamnya.

Cara atasi kantung mata yang gelap

3. Hindari minuman yang mengandung kafein

Minuman berkafein diketahui dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantong mata serta lingkaran hitam di sekitarnya tampak lebih jelas. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein agar kantong mata bisa cepat hilang.

Skincare

4. Gunakan krim khusus mata

Kamu bisa menggunakan krim mata dengan kandungan kafein atau vitamin K yang mampu melancarkan sirkulasi darah di bawah kulit mata dan mengencangkan kulit.

mengatasi kantung mata yang gelap

5. Menjaga kelembapan kulit

Produk skincare seperti pelembap untuk kulit kering di bawah mata ternyata bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan kantung mata secara perlahan.

Usahakan untuk menggunakan pelembap sehari-hari guna menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit di sekitar mata.

Kulit yang lembap biasanya memiliki lapisan pelindung yang kuat untuk mencegah iritasi dan menghalau alergen penyebab mata bengkak dan kantung mata.

Nah Sunners, walaupun kantung mata yang gelap seringkali dianggap menggangu penampilan seseorang, kantung mata yang gelap bukanlah hal yang serius.

Namun, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter jika kantong mata yang muncul tak kunjung hilang semakin besar atau meluas, atau disertai keluhan lain, seperti iritasi mata dan pembengkakan yang parah pada mata.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 104
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?