Majalah Sunday

Tips Menjadi Kakak Kelas Yang Ramah

Setiap kita tentunya ada keinginan untuk bisa dekat atau akrab dengan orang lain. Menjalin hubungan yang akrab dan ramah terhadap sesama adalah poin plus dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah lebih tepatnya. Dalam lingkungan sekolah banyak ditemui hal-hal yang memicu adanya kecanggungan dalam bersosialisasi antara adik kelas dengan kakak kelas. 

Nah tips agar jadi kakak kelas yang ramah dapat membantu dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah adalah

 

1. Tidak Galak

Menjadi Kaka Kelas yang tidak galak (unsplash.com/@barneyyau)

kakak kelas yang ramah, tentunya tidak boleh galak kepada adik kelas. Alasannya karena jika kita galak hubungan yang akan dijalin tidak akan tercapai atau tidak akan pernah ada interaksi yang akan terjadi. 

 

2. Tidak Membully

Jangan menjadi kaka kelas yg membully (unsplash.com/@priscilladupreez)

Tidak membully adalah syarat yang sangat penting dalam menjadi kakak kelas yang ramah, alasannya adalah jika kita membully sama saja halnya kita merusak nama baik kita di lingkungan sekolah. Yang tentunya berakibat fatal pada interaksi antar kakak kelas dengan adik kelas tersebut. Seperti adik kelas yang menjadi takut berinteraksi, menjadi takut, tidak percaya, dan paling parahnya menjadi trauma.

 

3. Berprestasi 

Menjadi Kaka Kelas yang berprestasi (unsplash.com/@mdesign85)

kakak kelas yang ramah, tentunya juga berprestasi agar dapat memberi contoh yang baik atau memotivasi adik-adik kelas yang biasa berinteraksi kepada kita. Mereka juga dapat melakukan hal yang baik pula, mengikuti contoh kita. 

 

4. Beretika

Menjadi Kaka Kelas yang mempunyai etika (unsplash.com/@rizsam)

Yang terakhir yaitu beretika, kakak kelas yang ramah tentunya harus memiliki etika atau attitude yang baik agar dapat memberikan contoh yang baik atau sikap yang baik kepada adik-adik kelas. Manfaatnya yaitu dilihat atau dicontoh oleh adik kelas yang berinteraksi kepada kita dapat nyaman dan tidak takut. 

 

Memang sih, tips ini tidak akan langsung terlihat hasilnya membuatmu menjadi kakak kelas yang ramah. Namun, dengan dengan menjadi berprestasi dan beretika, berjalannya waktu secara tidak sadar kita akan menjadi kakak kelas yang ramah kepada adik kelasnya. Berprestasi dan beretika dapat menjadikanmu kakak kelas yang ramah dan dapat dicontoh adik-adik kelas. Itulah tips menjadi kakak kelas yang ramah di sekolah. 

oleh: Maria Meilani, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?