Majalah Sunday

Tips Cari Penghasilan Sampingan dari Menulis

Penghasilan Sampingan

Buat yang suka menulis, apakah sudah tau dapat Penghasilan Sampingan dari menulis? Jika zaman dulu hanya menjadi kemampuan yang tak terasah, sekarang justru bisa jadi ladang pendapatan. Di masa yang serba canggih seperti saat ini, kita bisa mendapatkan uang dengan cara mudah hanya dengan mengandalkan kemampuan, keterampilan, atau skill yang kita miliki. Salah satunya adalah kemampuan menulis. Dan saat ini, fenomena tersebut sudah tidak asing dan bahkan banyak orang yang memiliki kemampuan dan keterampilan menulis bisa mendapatkan uang. 

Jika memiliki kemampuan, keterampilan menulis dan ingin menyalurkan kemampuan atau keterampilan tersebut, kita bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini. 

Berikut tips mendapatkan uang dari menulis yang bisa di coba:

 

1. Menulis Cerpen di Aplikasi Menulis

Saat ini, banyak aplikasi menulis yang menguntungkan penulis karena akan memberi bayaran pada penulis yang mengisi konten di dalam aplikasi sesuai dengan banyaknya orang yang membaca karya penulis tersebut. Berikut beberapa aplikasi menulis cerita yang menghasilkan pendapatan menjanjikan: Dreame, Noveltoon, WebNovel, Webtoon, Novelme, Storial.co, Innovel. 

 

2. Kirim Cerpen ke Majalah dan Koran

Cara yang paling mudah dilakukan agar tulisan cerpen menghasilkan penghasilan adalah mengirim cerpen tersebut ke majalah atau koran. Tak hanya zaman saat ini saja, cara ini sangat diandalkan oleh penulis bahkan pelajar sejak zaman dahulu. Beberapa majalah, koran atau media yang bisa menerima tulisan dalam bentuk cerpen yaitu: Republika, Kompas, Jawa Pos, Media Indonesia, dan Tempo. 

 

3. Buat Buku Kumpulan Cerpen

Dengan menulis buku kumpulan cerpen, maka penulis mendapatkan hak cipta yang sah dan ketika buku kumpulan cerpen dimuat dan menggandeng penerbit, maka penulis akan mendapatkan keuntungan. Ketika penulis mengirimkan cerpennya di berbagai media cetak maupun media digital bisa menumpulkan kumpulan cerpennya dan dijadikan satu buku kemudian dicetak dan dipublikasikan secara mandiri atau self-publish. 

 

4. Membuka Jasa Menulis Cerpen 

Cara ini sangat banyak dibutuhkan, baik dari situs-situs digital atau bahkan penerbit. Penerbit atau situs tertentu akan mencari penulis cerpen terbaik. Dan buku itu yang akan diterbitkan. Akan tetapi, penulis yang terpilih memang harus memiliki kredibilitas baik dan karyanya sudah terjamin baik. oleh sebab itu jika ingin membuka jasa menulis cerpen dan mendapat bayaran yang fantastis, kita harus terus berlatih dan mengeksplorasi kemampuan dan keahlian menulis tersebut agar bisa dipilih menjadi penulis cerpen. 

5. Kirim Cerpen ke Situs Penulis Artikel

Dengan cara mengirim hasil karya sastra berupa cerpen yang telah ditulis ke beberapa situs penulis artikel, cara ini bisa mendapatkan uang. Berikut situs yang bisa menerima tulisan, baik cerpen, artikel, dan lain sebagainya yaitu Vebma, Plukme, Tulisanku.co.id, atau Basa Basi.co.

 

6. Muat Cerpen di Blog Pribadi yang Dipasang Iklan

Ini adalah cara yang mudah dilakukan dan bahkan cukup menjanjikan. Dengan demikian, karya yang dimuat baik cerpen maupun karya tulis lain tidak hanya sekedar dapat menyalurkan hobi saja tetapi juga mendapatkan bayaran yang sesuai. Blog yang sudah dibuat juga perlu dikembangkan. 

 

7. Buat e-Book Kumpulan Cerpen

Saat ini eBook sangat berkembang di zaman digital dan diminati banyak orang. Kumpulan cerpen yang dijadikan e-Book bisa jadi sumber penghasilan sampingan bagi penulis karena pembacanya lebih luas dan juga membantu pembaca untuk mendapat kemudahan dalam menemukan buku kumpulan cerpen tanpa harus keluar rumah. 

 

Ternyata ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari penghasilan sampingan, salah satunya adalah menulis. Menulis adalah salah satu hobi yang menyenangkan karena kita bisa menumpahkan pikiran kita dalam bentuk tulisan. Selain itu, kita pun memiliki kepuasan tersendiri saat tulisan kita dibaca dan diapresiasi oleh orang lain. 

 

oleh: M.W.Rosetta, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment

Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?