WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Belajar Sebelum Ujian di Masa Pandemi

Buatlah proses belajarmu menyenangkan.

Hi Sunners !

Pembelajaran secara jarak jauh telah dilakukan lebih dari dua tahun. Meskipun saat ini ada beberapa sekolah yang mendapatkan izin untuk tatap muka dengan protokol kesehatan, proses belajar yang terjadi tidak sepenuhnya kembali normal. Maka siswa harus berusaha agar ilmu yang didapat selama belajar daring tidak berbeda jauh dari belajar tatap muka. Belajar daring menuntut siswa untuk lebih kreatif dalam pembelajaran. Begitu pula dalam menghadapi ujian, proses belajar perlu dilakukan secara kreatif dan menyenangkan.

Ujian di masa pandemi merupakan hal yang sangat berbeda bagi siswa. Setelah berjalan selama dua tahun, kamu sudah bisa beradaptasi, kan? Memang tidak bisa pungkiri bahwa belajar dan ujian di masa pandemi bukan situasi yang mudah. Tetapi kamu tidak boleh menyerah begitu saja. Langkah yang paling utama untuk menjalaninya adalah dengan menyukai proses belajarmu. Kemudian terapkan tips-tips berikut agar kamu bisa belajar sebelum ujian dengan senang hati.

  • Hadir Setiap Pelajaran

Absensi adalah faktor yang penting bagi siswa dalam pembelajaran. Selain itu, dengan kamu selalu hadir dalam setiap pelajaran, maka kamu tidak akan tertinggal materi yang diberikan oleh guru. Ketika kamu mengikuti pelajaran, baik mendengar secara daring maupun tatap muka, kamu tetap harus menyimak dengan baik. Karena kamu akan mengetahui pelajaran tersebut mencakup apa saja.

  • Perhatikan dan Catat Poin Penting

Umumnya, ketika pembelajaran daring siswa cenderung tidak memperhatikan pembelajaran, sehingga akhirnya siswa kesulitan memahami materi atau pokok bahasan suatu pelajaran. Untuk memahami materi, catatlah poin-poin yang sekiranya penting dari penyampaian guru. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan soal ujian, baik tengah semester atau akhir semester dibuat oleh guru mata pelajaran. Maka kamu harus bisa mencatat poin penting yang berkaitan dengan mata pelajaran.

  • Buatlah Ringkasan Materi

Setelah kamu mencatat poin penting dari penyampaian guru, selanjutnya buatlah ringkasan materi pada buku ajar yang diberikan guru. kamu bisa lebih mudah belajar dan mengetahui inti dari mata pelajaran tersebut. Meskipun tidak disuruh menghafal materi, kamu bisa mengulang-ulang ringkasan yang kamu buat, agar ilmunya tetap kamu ingat. Ketahui bahwa tujuan adanya ujian bukan hanya untuk syarat naik kelas, melainkan juga agar kamu sebagai siswa dapat menguasai materi. Jadi, meringkas materi akan membantu kamu untuk mereview apa saja yang sudah kamu pelajari.

  • Pelajari Tugas dari Guru

Tujuan diberikannya tugas bukan hanya untuk mengisi jam pelajaran, karena biasanya guru-guru akan mengambil soal-soal ujian dari tugas yang penah diberikan. Maka kamu tidak boleh menganggap remeh tugas yang diberikan guru. Selain untuk bahan ujian, tugas juga memiliki peran penting dalam pembelajaran, loh. Jika kamu mengabaikan tugas-tugas dari guru, bisa saja nanti tugas tersebut akan menjadi syarat mengikuti ujian atau bahkan menjadi syarat kenaikan kelas. Biar kamu nggak kelimpungan karena tugas yang bejibun, jadi tugasnya jangan ditumpuk, ya.

 Free Vector

  • Screenshoot Soal Latihan Ujian

Sebelum memasuki ujian, kamu akan diberikan latihan-latihan ujian atau ulangan harian agar kamu bisa mempersiapkan diri. Melalui soal-soal latihan, siswa bisa mengenali jenis soal yang nanti diujikan. Biasanya, soal ujian tidak jauh berbeda dari soal-soal latihan yang diberikan. Bahkan ada kemungkinan beberapa soal ujian diambil dari latihan ujian. Karena saat ini dalam masa pandemi dan latihan ulangan juga dilakukan melalui media daring, maka kamu bisa mendokumentasikan soal-soal latihan. Salah satu cara mendokumentasikannya adalah dengan screenshoot atau menangkap layar yang bisa kamu lakukan di gawai atau laptop. Dokumentasi soal-soal latihan bisa dengan mudah kamu pelajari kembali ketika belajar sebelum ujian.

  • Cari Penjelasan Tambahan dari Youtube

Banyaknya kekurangan dan kendala yang terjadi saat pembelajaran secara daring membuat siswa tidak memahami pelajaran dengan maksimal. Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses belajarmu, terutama untuk belajar sebelum ujian. Platform youtube bisa membantumu lebih memahami materi yang disampaikan guru. Khususnya, mata pelajaran yang membutuhkan praktik atau cara tertentu. Kamu bisa mencari penjelasan atau tutorial yang kamu butuhkan sesuai mata pelajaran di youtube. Sehingga tidak ada alasan yang menghambat kretivitas diri dalam mengembangkan proses belajar. Bukan hanya penjelasan materi, kamu juga bisa mencari contoh-contoh soal ujian jika tersedia.

Financial online courses for adults Free Vector

Nah, tips-tips di atas bisa kamu coba terapkan untuk menghadapi ujian semester, nih. Walaupun tips tersebut bersifat subjektif dengan riset pengalaman pribadi, tidak ada salahnya jika kamu mencobanya, kan? Barangkali salah satu atau semua tips tersebut sesuai dengan dirimu. Selamat mencoba, ya!

 

Penulis: Diana Abdillah – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment