WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Serba-Serbi Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan teknologi pangan semakin booming setelah banyak konten kreator yang membahas eksperimen menggunakan ilmu teknologi pangan di media sosial. Yuk, simak serba-serbi jurusan teknologi pangan yang perlu kamu ketahui!

Apa Itu Teknologi Pangan?

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan teknologi pangan? Dilansir dari akupintar.id, Teknologi pangan merupakan disiplin ilmu mengenai teknologi yang diterapkan untuk menghasilkan manfaat dari bahan pangan setelah dipanen. Teknologi pangan juga berperan penting untuk pengolahan bahan pangan yang telah dipanen tersebut menggunakan teknologi terkini yang terus dikembangkan untuk menambah nilai produk pangan tersebut, mengefisiensi proses produksi, memperbaiki sistem kemas makanan, serta untuk memperpanjang lifeage dari produk makanan tanpa mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Belajar Apa Di Jurusan Teknologi Pangan?

Kalau Sunners tertarik dengan bidang sains, makanan, teknologi, kesehatan serta eksperimen, maka jurusan ini sangat cocok buat kamu. Di jurusan ini kamu akan menemui berbagai hal terkait teknologi yang dipadukan dengan sains dan industri pangan yang tetap mengutamakan kesehatan. Kamu akan mempelajari bagaimana proses pengolahan makanan dari pasca panen hingga siap dikemas dan dikonsumsi.

Jurusan ini adalah paket lengkap yang sangat dibutuhkan saat ini. karena ketika kuliah di teknologi pangan kamu akan menemui materi tentang pangan seperti kimia, mikrobiologi, sanitasi, peraturan, jaminan, analisis, metabolisme kmponen, serta berbagai teknologi yang juga mencakup tentang bahan pangan seperti teknologi untuk pengemasan atau penyimpanan pangan, teknologi untuk memfermentasi pangan dengan lebih efisien dan baik, pengolahan pangan, tentag bahan tambangan, hingga bidang biologi tentang pangan.

Lebih asyiknya lagi, di jurusan ini kamu akan bayak bereksperimen, loh! Eksperime di sini berkaitan dengan makanan yang sangat luas cakupannya, sehingga kamu bisa menuangkan imajinasi dan kreativitasmu dengan memanfaatkan teknologi serta sains.

Apakah Bisa Lintas Jurusan Untuk Masuk Teknologi Pangan?

Teknologi pangan memang berkaitan erat dengan ilmu sains yang merupakan spesialis dari jurusan IPA. Tetapi, apa iya mahasiswa jurusan teknologi pangan harus dari kalangan anak IPA?

Jawabannya tentu saja SALAH! Yup, jurusan teknologi pangan sangat terbuka loh untuk jurusan manapun, jadi sangat memungkinkan untuk Sunners yang mau lintas jurusan, baik dari jurusan IPS, atau dari SMK jurusan apapun.

Kamu bisa masuk jurusan teknologi pangan dari berbagai jalur, mulai SNMPTN, SBMPTN, maupun ujian mandiri. Tetapi untuk kamu yang bukan dari jurusan yang relevan dengan teknologi pangan mungkin agak sulit bila melalui jalur SNMPTN karena hanya dilihat dari nilai raport. Kamu bisa mencoba jalur SBMPTN dan mandiri di universitas yang kalian mau untuk masuk jurusan teknologi pangan.

Kampus Mana Saja Yang Ada Jurusan Teknologi Pangan?

Jurusan yang semakin banyak peminatnya ini memang berpengaruh besar untuk masa depan ketersediaan pangan kita di masa depan. Maka dari itu, Sunners bisa pilih salah satu dari beberapa universitas yang memiliki jurusan teknologi pangan dengan akreditasi A yang dilansir dari akupintar.id berikut.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pangan

Karena berpengaruh besar terhadap ketersediaan pangan di masa depan, maka prospek kerja dari jurusan teknologi pangan sangat luas loh! Kamu bisa jadi staff Quality Control yang memantau kualitas dari produk pangan mulai awal hingga produk siap dipasarkan di pabrik. Selanjutnya Sunners bisa jadi Quality Assurance, kamu bertugas untuk memastikan standar mutu pangan dari dipanen hingga ke konsumen dan mempertahankannya. Nah, selanjutnya adalah Product Development yaitu kamu akan mengembangkan produk dengan berbagai inovasi. Berikutnya ada lembaga pemerintahan, di sini kamu akan bekerja sebagai pegawai BPOM, LIPI, BULOG, dll. Bila Sunners tertarik untuk tidak terikat dengan perusahaan, kamu bisa menjadi konsultan gizi dan pangan dan juga sebagai Enterpreneur yang memiliki usahanya sendiri.

 

Nimas Anggraini Kencanasari

Universitas Negeri Jakarta

 

 

Leave A Comment