Majalah Sunday

PRESS RELEASE KULIAH UMUM MICE 2022

Pada tahun ini untuk pertama kalinya, Kuliah Umum MICE 2022 diselenggarakan selama tiga sesi yaitu pada tanggal 1, 7, dan 8 Oktober 2022 bertempat di Balai Sidang Universitas Indonesia. Kuliah Umum MICE tahun ini membawakan konsep talkshow pada setiap sesinya. Dengan pembawaannya yang interaktif

Rangkaian Kuliah Umum MICE 2022 Telah Sukses Terselenggarakan

MICE

Talk Show pada setiap sesi, pict by canva.com

Kuliah Umum MICE 2022 mengusung tema yaitu “Post-Pandemic Recovery: A Resurgence of MICE Industry”. Kegiatan ini ditujukan sebagai upaya mengambil peran dalam membangkitkan industri MICE di masa pasca pandemi. Kuliah Umum MICE 2022 mengangkat nuansa Wastra Nusantara dikarenakan ingin mempopulerkan dan melestarikan kekayaan nusantara agar diminati oleh generasi muda yang modern dan kreatif. Acara ini dibuka dengan tarian tradisional “Rakean Kalang Sunda” dan sambutan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Keynote Speaker.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan,“Kemenparekraf bersama dengan seluruh pihak berkolaborasi agar Kemenparekraf dapat segera bangkit kembali. Tentunya dengan SDM yang berkompeten, khususnya mahasiswa-mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta,”

Sesi Pertama

berlangsung dengan pembahasan “Technology and Innovation: The Improvement for MICE Industry in The Post-Pandemic Era” narasumber yang menyampaikan adalah Bapak Gad Permata selaku Vice President Adhouse Clarion Event & Wakil Sekjen ASPERAPI serta Bapak Rivelino Vivekananda Committee and Technical Director of Creative Tech.

Sesi Kedua

Selanjutnya, pelaksanaan sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2022 dengan membawakan pembahasan tentang “Special Event for Destination Branding: The Strategy for Developing Tourism Destinations and Economy Creative” yang disampaikan oleh narasumber Bapak Muhammad Taufiqurrachman selaku Direktur Dukungan Bisnis JakPro dan Bapak Hari Wibowo selaku Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf DKI Jakarta.

Sesi Ketiga

Pada Sabtu, 8 Oktober 2022 pembahasan sesi ketiga mengenai “Human Resource: The Important Component for Reviving an Event in The Post-Pandemic Era” yang disampaikan oleh narasumber yang ahli yaitu Bapak Didit Siswodwiatmoko selaku Managing Director PT Temali Indonesia dan Ibu Gracia Wuwungan selaku Business Development Director PT Sigma Internusa.

“Sumber daya yang bagus adalah sumber daya yang berani memulai. Berbicara mengenai human resource akan berhubungan dengan networking untuk membentuk suatu community. Hal ini bertujuan untuk berbagi informasi, seperti keadaan covid kemarin bagaimana regulasi dalam pelaksanaan event, peraturan satgas covid, dan hal lainnya.” ujar Managing Director PT Temali Indonesia, Bapak Didit Siswodwiatmoko.

Hal tersebut didukung oleh penyampaian dari Ibu Gracia Wuwungan bahwa, “Human resource akan selalu berhubungan dengan manusia dan manusia tidak lepas dari ‘unique’ yang dimiliki oleh setiap individu.”

Pembahasan pada sesi ketiga ini dapat digaris bawahi bahwa untuk dapat bekerja di Industri MICE memiliki kualifikasi khusus. Kedepannya akan ada tantangan baru yang perlu ditingkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia yang dapat beradaptasi terhadap perkembangan Industri MICE di Indonesia.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 629
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?