Majalah Sunday

Pembalut Kain vs Pembalut Sekali Pakai

Penulis: Alfira Damayanti Rahman – Universitas Negeri Jakarta

Sunners! Selain pembalut jenis biasa atau pembalut sekali pakai yang sering kita gunakan, ada juga loh pembalut kain yang lebih ramah lingkungan dan lebih nyaman. Karena biasanya bahan yang digunakan adalah katun yang super lembut. Apa sih bedanya sama pembalut biasa yang kita pakai? Tapi kira-kira pemakaiannya ribet gak ya? Yuk bahas!

Pembalut Kain vs Pembalut Sekali Pakai

Pembalut Kain

Pembalut Kain vs Pembalut Sekali Pakai, pict by canva.com

Jenis pembalut ini sebenarnya sudah digunakan sejak dulu, sebelum adanya produksi pembalut sekali pakai. Bedanya sekarang bentuknya sudah dikembangkan agar lebih mudah dipakai dan bisa menampung lebih banyak.

Mana yang lebih aman?

Pembalut kain memang lebih aman dipakai karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia seperti pada pembalut sekali pakai, biasanya bahan yang digunakan adalah katun dan bahan sintetis, seperti poliester. Dilansir dari Alodokter.com, wewangian, gel, dan perekat pada pembalut sekali pakai bisa menyebabkan iritasi vagina yang ditandai dengan munculnya ruam, gatal, serta kemerahan. Selain itu, area sensitif kamu juga rentan teriritasi dan terluka akibat gesekan dari ujung pembalut sekali pakai. Seringnya para perempuan mengeluhkan soal pembalut yang bikin iritasi dan gatal ketika digunakan, jadi menggunakan pembalut ini bisa mengurasi resiko tersebut.

Masalah iritasi dan gatal di area vagina ketika menstruasi sebenarnya bisa juga disebabkan karena bakteri yang timbul akibat lembab dari pemakaian pembalut yang terlalu lama. Mau kamu menggunakan jenis pembalut manapun, penting untuk rutin mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali ya!

Baca juga: Penting! Ini merawat vagina agar tetap sehat

Terkait cara pemakaian pembalut berbahan kain sama saja dengan pembalut sekali pakai, bisa dengan cara dipasang atau dikaitkan pada celana dalam. Bentuk dan ukurannya juga bermacam-macam, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan pembalut berbahan kain lainnya adalah lebih ramah lingkungan dan bisa jadi pilihan untuk berhemat. Jika kamu harus beli stock pembalut sekali pakai setiap bulannya, maka dengan pembalut ini kamu hanya harus membelinya sekali dan bisa digunakan secara berkala. Belum lagi sampah yang dihasilkan oleh pembalut sekali pakai setiap harinya. Menurut cnnindonesia.com, setiap perempuan yang menstruasi bisa mengganti pembalut sebanyak 3-5 kali setiap hari. Ribuan ton limbah pembalut sekali pakai dihasilkan di seluruh dunia setiap bulannya. Data Sustaination bahkan mengatakan sampah pembalut di Indonesia ternyata bisa mencapai 26 ton setiap harinya.

Kelebihan pembalut sekali pakai yaitu lebih praktis dan mudah, setelah dibersihkan bisa langsung dibuang. Sedangkan pembalut kain harus selalu dicuci agar bisa digunakan kembali, layaknya pakaianmu. Tapi, mencuci pembalut ini juga tidak sesulit itu, Sunners! Cuci menggunakan air mengalir dan gunakan sabun yang tidak mengandung banyak deterjen (contohnya sabun untuk pakaian bayi), cukup gosok permukaan kain hingga noda darahnya hilang, dan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Pembalut kain terbaik

Pembalut Kain Apakah Aman? Yuk cek pembalut kain terbaik di sini 

Jadi, kamu lebih pilih pembalut sekali pakai atau mulai penasaran buat coba pembalut kain? Selalu jaga kebersihan miss v mu dengan menggunakan produk yang aman dan nyaman ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 96
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?