WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Pekerjaan Part-time yang Bisa Dilakukan Siswa SMA

Hi Sunners, kali ini mimin mau bahas nih soal pekerjaan apa sih yang bisa dilakukan oleh siswa-siswi SMA? Mungkin informasi yang akan mimin bagikan ini berguna buat kalian yang lagi nyari pekerjaan untuk mengisi hari libur!

Nah, sebelum mimin kasih tau apa aja pekerjaannya, mimin mau kasih tau nih kalau ada jenis-jenis karyawan yang kerja di suatu instansi. Apa aja sih? Nah yang pertama itu full time. Full time itu biasanya untuk karyawan yang bekerja sepenuh waktu dengan waktu yang sudah ditentukan sesuai SOP dalam suatu perusahaan atau instansi. Misalnya, waktu kerjanya dari hari Senin sampai Jumat. Untuk jamnya dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore. Nah, kalau kayak gitu berarti namanya pekerjaan full time. Yang kedua ada yang namanya part-time. Berbeda dengan full time, part-time ini biasanya jam kerjanya atau hari kerjanya tidak seperti full time. Kalau full time dari hari Senin hingga Jumat, kalau part-time biasanya hanya Senin, Rabu, jumat. Untuk jamnya misalnya dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Part-time cenderung lebih sedikit jam dan hari kerjanya. Maka dari itu upah part-time juga lebih sedikit daripada yang full time. Nah part-time ini cocok nih buat kalian yang masih sekolah, jadi gak keganggu sama waktu sekolahnya.

1. Staf Restoran
Mungkin upah menjadi staf penunggu restoran tidak seberapa, namun dari pekerjaan ini kamu akan belajar kesabaran, layanan pelanggan, manajemen uang, penanganan makanan, persiapan makanan, dan keterampilan multi-tasking. Biasanya restoran-restoran menerima pekerja yang masih duduk di bangku SMA.

2. Barista/Cook helper di Kedai Kopi
Menjadi barista dan cook helper hampir sama kayak di restoran, karena dunianya sama sama tentang makanan dan minuman. Selama kamu kerja di kedai kopi, kamu juga bisa diajarin dari nol lho tentang cara membuat kopi atau menu menu makanan yang disajikan di tempat kamu bekerja.

3. Guru Privat
Jika kamu menguasai pelajaran, kamu bisa coba untuk menjadi guru privat. Kamu dapat menjadi guru privat untuk teman sekelas atau misalnya untuk siswa sekolah dasar. Guru privat juga mendapat uang cukup menjanjikan. Selain itu, guru privat dapat bebas mengatur jadwal dengan muridnya. Misalnya, kamu sibuk sekolah senin sampai jumat. Kamu bisa tuh membuat jadwal mengajarnya setiap sabtu misalnya dari jam 9 sampai jam 10. Waktu dan harinya tentu lebih fleksibel. Upah yang kamu dapat juga dihitung dari setiap pertemuan yang kamu adakan dengan murid.

4. Admin Sosial Media
Menjadi admin sosial media juga bisa menambah penghasilanmu, kamu bisa mencari pekerjaan semacam ini di Google, atau di Instagram. Biasanya ada orang yang memiliki usaha baru di Instagram, membutuhkan bantuan admin untuk mengelola akunnya itu.

5. Dropshipper
Secara sederhana profesi ini adalah agen dari reseller atau supplier tanpa harus punya produknya. Untungnya dari mana? Ya selisih dari harga barang yang kamu jual dong. Selain gampang dan waktunya fleksibel, profesi ini punya peluang untung lebih besar selama kamu jago bikin strategi jualan.

Nah, gimana nih temen-temen tertarik gak sama pekerjaan yang udah mimin kasih tau di atas? Itu baru sebagian lho! Masih ada banyak lagi kesempatan pekerjaan untuk kamu yang masih sekolah. Itung-itung bisa nambahin uang jajan kan hehe. Semangatt buat kamu yang lagi nyari pekerjaan part-time!

 

Oleh : Regina Apudan Kartini Sidebang, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment