Majalah Sunday

Pacar Overthinking, Aku Harus Apa?

Penulis: Mutia Azura Hersta – Politeknik Negeri Media Kreatif
Editor: Afindi Ranika Dewi – UNJ

Kalau sebelumnya Sunday pernah bahas soal cara menghilangkan overthinking sama pacar, kali ini mimin akan bahas dari sisi bagaimana menghadapi pacar yang overthinking. Gimana tuh min? Simak ya guys!

Overthinking itu wajar!

Pacar Overthinking, Aku Harus Apa?

Nggak apa-apa overthinking, wajar kok, pict by freepik.com

Buat ngingetin kamu dulu sebelumnya, overthinking itu adalah sesuatu yang wajar dialami siapa pun. Kok gitu? Karena manusia punya otak untuk berpikir, baik itu positif maupun negatif. Sangat wajar buat mikir negatif, karena kita nggak mungkin selalu berpikiran positif, kan?

Nah, overthinking bisa timbul karena terlalu banyak berpikir yang negatif. Eits, bukan pikiran negatif yang jorok lho ya! Maksud pikiran negatif di sini seperti nggak merasa cukup baik, takut ditinggalkan, takut gagal, dan lain-lain. Pikiran negatif tadi biasanya akan muncul berbarengan dengan perasaan cemas berlebihan yang nggak semua orang bisa kontrol dengan baik.

Terus harus ngapain ya kalau pacar lagi overthinking?

Pacar Overthinking, Aku Harus Apa?

Nggak harus wow, sesederhana mendengarkan pun cukup, pict by freepik.com

Cara paling baik menghadapi pacar yang sedang overthinking, buat dia merasa kamu ada di sana, ikut merasakan apa yang sedang dirasakannya. Caranya, min? Katakan padanya bahwa semua baik-baik saja, there’s nothing to be worry about. Kamu juga bisa memberikan pelukan atau hanya sekedar menggenggam tangannya agar dia lebih tenang. 

Hibur dia dengan hal-hal kesukaannya, misalkan mengajak dia pergi ke toko es krim kesukaannya. Memberikan kejutan kecil lewat postingan yang ada di media sosial yang menurutmu bisa menghiburnya juga bisa. Cobalah lakukan apa pun yang bisa menenangkannya supaya paling nggak dia bisa melupakan apa yang menjadi bebannya hari itu, meskipun hanya sejenak. 

Jangan pernah memaksanya untuk bercerita, biarkan dia yang memulainya terlebih dahulu. Jadilah pendengar yang baik dan nggak menghakiminya, biarkan dia bercerita sampai hatinya benar-benar lega. Kamu juga bisa membantunya dengan memberikan saran atau solusi. Ajak dia berdiskusi tentang sumber dari pikiran dan perasaan yang mengganggunya. 

Dukung dia, gestur kecil lewat genggaman tangan hangat dari kamu akan terasa sangat berarti. Karena saat dia overthinking, harapannya ialah ada orang yang mengerti dan mampu menenangkannya.

Nah, itulah kira-kira hal yang bisa dilakukan saat pacar kamu overthinking. Meskipun sederhana, nyatanya nggak semua orang paham kalau cara-cara kecil itu bisa berperan besar dalam menghadapi overthinking lho, apalagi dilakukan oleh orang tersayang. Jadi, jangan ragu lakuinnya ya, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 663
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?