WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

OSKM ITB 2021 Kebebasan Yang Bertanggung Jawab

 

Hi sunners! Pada saat ini sosial media menjadi salah satu tempat untuk menyalurkan hak dan kebebasan untuk memberikan pendapat kita di ruang publik.

Dengan kondisi sekarang yang sedang asik di dunia maya dan bagaimana cara kita memberikan kebebasan, pastinya hadir dengan tanggung jawab agar tidak tumpang tindih dengan kebebasan individu lain. Bagaimana cara anak-anak muda seperti kita aware terhadap kebebasan dan melakukannya dengan tanggung jawab.

Arti kebebasan dan tanggung jawab itu apa sih? Menurut Jehian Panangian Sijabat, sebagai narasumber OSKM ITB 2021, mengatakan bahwa kebebasan itu adalah sebuah kondisi di mana tidak ada pembatas atau suatu keadaan yang membatasi kita. Sedangkan tanggung jawab adalah konsekuensi pada suatu keputusan yang kita ambil yang mana harus siap diterima oleh kita sendiri.

 

 

Kebebasan terkecil itu kita miliki itu atas keputusan yang kita ambil hari ini dan dapat memberikan pengaruh kepada orang disekitar kita. Maka dari itu, alangkah baiknya kita harus selalu sadar atas dampak apa yang akan terjadi atas perbuatan yang kita lakukan, baik positif maupun negatif.

Perlu diketahui, bahwa ketika kita sedang mengutarakan pendapat apapun, kita itu sedang beresiko untuk menyinggung atau melangkahi cara berpikir orang lain. Dengan begitu, ada hal yang perlu diperhatikan ketika kita mau menyampaikan kebebasan berpendapat kita, yaitu :

1. Harus memiliki suatu landasan atas dasar apa kita menyampaikan topik tersebut

Hal ini dilakukan agar kita bisa berpikir lebih matang mengenai aksi kita dan bisa menjadi alasan untuk kita tidak melakukannya atau melakukannya.

2. Mencari fakta terlebih dahulu

Hal ini dilakukan agar pendapat yang kita keluarkan menjadi lebih kuat karena sesuai dengan fakta yang terjadi.

3. Melatih pemikiran

Melatih pemikiran terlebih dahulu sebelum menyuarakan pendapat perlu dilakukan agar kita bisa terlatih untuk berpikir kritis dan terarah saat menyampaikannya.

Dengan penuhnya dunia public sekarang, bagaimana sih cara untuk memilih dan mengelola topik yang akan dibahas agar tidak melewati batas-batas?

1. Melakukan filter atau menyaring informasi yang diterima dari sisi manapun. Jangan pernah langsung mempercayai informasi yang sifatnya hanya dari satu sisi. Kita harus menggali informasi lebih dalam sebelum menyampaikan topik yang akan dibahas.

2. Memikirkan dampak yang akan didapat oleh diri kita sendiri maupun orang lain.

Pada saat kita menyampaikan pendapat pastinya kita akan mendapat respon dari beberapa orang, baik respon positif maupun respon negatif. Nah bagaimana sih, cara menanggapi respon tersebut? Pada webinar ini, Jehian Panangian Sijabat mengatakan, dalam menangani respon kita harus memfilter/menyaring semua respon yang masuk agar bisa melihat posisi pengembangan apalagi yang bisa kita lakukan secara objektif benar agar bisa lebih baik lagi kedepannya.

 

Dengan membaca hal-hal di atas, kita harus mengingatkan diri kita sendiri bahwa kita memiliki hak untuk bebas, hak untuk berpendapat, hak untuk berkarya dan hak-hak lainnya. Tetapi kita juga harus paham dengan konsekuensi dan tanggung jawab yang hadir ketika kita menyuarakan kebebasan kita dan kita harus bijaksana dalam menanggapi tanggapan dari orang lain agar kedua belah pihak sama-sama tidak terbebani.

Gimana Sunners? Menarik bukan, setelah membaca artikel diatas apakah kalian sudah menjadi orang yang bertanggung jawab saat menyampaikan pendapat di public sosial media?

 

Penulis : Lulu dan Miko

Leave A Comment