Majalah Sunday

Merasa Kurang Kreatif? 5 Kebiasaan Ini Dapat Melatih Pola Pikir Out Of The Box

Penulis: Angelia – Universitas Bunda Mulia
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan

Sunners, kamu punya gak teman yang sering berpikir out of the box? atau bahkan kamu sendiri? Berpikir out of the box secara sederhana dapat diartikan sebagai pola berpikir di luar kebiasaan, sehingga dapat menghasilkan sebuah inovasi yang unik. Dengan pola pikir tersebut, kamu dapat melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda yang unik dan membuat hal yang biasa menjadi luar biasa. Dengan kata lain, pemikiran out of the box membawamu pada tingkat kreativitas yang tinggi.

Lantas bagaimana ya untuk dapat berpikir out of the box dan meningkatkan kreatifitas? Jangan khawatir Sunners, ternyata pola pikir out of the box bukanlah kemampuan yang diperoleh melalui bakat, melainkan sesuatu yang bisa dilatih bahkan dengan kebiasaan sederhana. 

Kebiasaan yang Dapat Melatih Pola Pikir Out Of The Box

Saat ini, tidak sedikit orang juga yang sering merasa tidak memiliki bakat atau kurang bisa berpikir out of the box dalam melakukan sesuatu. Jika Sunners ada di posisi seperti ini juga, maka Sunners berada di artikel yang tepat. Berikut ini 5 kebiasaan yang dapat melatih pola pikir out of the box:

membaca

Membaca dapat melatih kita untuk berpikir lebih aktif dan terbuka. Dengan menerapkan kebiasaan membaca, kita dapat mengetahui hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah terbayangkan oleh kita. Hal ini selain dapat menambah wawasan, juga dapat membuat kita lebih kreatif dalam mengeksplorasi berbagai ide. Dengan membaca jenis buku apa saja, baik itu novel, buku self-improvement, ataupun majalah secara konsisten, imajinasi kita akan semakin berkembang, sehingga pola pikir kreatif juga semakin terasah.

mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat merangsang bagian otak kita berdasarkan rangkaian nada yang didengar. Proses tersebut dapat membantu kita menghasilkan ide yang kreatif. Semua jenis musik memiliki efek tersebut, bahkan jika kita konsisten mengikuti tren musik dan mendengarkan jenis musik belum pernah kita dengar, dapat meningkatkan pola pikir yang lebih kreatif.

melamun

Banyak yang beranggapan bahwa melamun adalah kebiasaan buruk yang tidak produktif, namun ternyata melamun memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya adalah meningkatkan kreativitas seseorang. Melamun bisa jadi kegiatan yang manjur dalam memunculkan imajinasi-imajinasi yang ada di pikiran kita, sehingga menghasilkan ide baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

tidur yang cukup

Jika pikiran sedang stuck, pasti rasanya sulit untuk menemukan ide. Tidur yang cukup dapat menyegarkan pikiran dan membantu otak untuk bekerja lebih baik, sehingga dapat memicu creative thinking dan pemikiran yang out of the box. Kurang tidur justru akan membuat otak bekerja lebih keras untuk menjalankan fungsi terbaiknya. 

out of the box, cara berpikir luas yang bisa kamu asah

Berpikir out of the box merupakan cara pandang luas dan berbeda yang berdampak positif, pict by canva.com

Nah, inilah beberapa kebiasaan yang bisa Sunners terapkan untuk menghasilkan karya yang out of the box. Sunners boleh juga loh sharing kebiasaan unik Sunners sendiri dalam membangun kreativitas dengan memberikan komentar di bawah.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 540
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?