Majalah Sunday

Menjaga Komunikasi Saat LDR, Susah atau Gampang?

Penulis: Afifah Putri Utami – UNJ

Sebenarnya, menjaga komunikasi saat LDR itu susah atau gampang, ya? Yuk, cari tahu sama-sama.

Sunners! Kamu dan pasanganmu sedang menjalani hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship? Ketika di masa ini, sangat penting lho untuk menjaga komunikasi dan kepercayaan kepada pasangan.

Kenapa Harus Menjaga Komunikasi Saat LDR?

Sebagai kunci utama dalam menjalin sebuah hubungan, komunikasi sangat penting dilakukan agar tidak timbul kesalahpahaman antara kamu dan pasanganmu. Tapi, nggak jarang juga kalau komunikasi sering disepelekan oleh beberapa orang. Kalau sudah begini, kemungkinan adanya pertengkaran juga akan terjadi. Maka dari itu, luangkan waktumu untuk selalu bertukar kabar dengan pasanganmu, ya, Sunners! Jangan biarkan pasanganmu overthinking karena tidak mendapat kabarmu sama sekali.

Bagaimana Cara Menjaga Komunikasi Saat LDR?

Tidak sedang menjalani hubungan jarak jauh saja hubungan asmara masih sering timbul kesalahpahaman, bagaimana kalau sedang LDR? Besar kemungkinan hal itu akan terjadi, lho. Eits, tenang! Menjaga komunikasi ketika sedang LDR nggak terlalu sulit kok. Tips-tipsnya akan Mimin sampaikan di sini. Simak, ya!

1. Menetapkan Waktu Khusus untuk Berbincang

Selain adanya komunikasi kecil yang hanya sebatas bertukar kabar, kamu dan pasanganmu ternyata perlu menetapkan waktu khusus untuk berbincang, lho. Tentu kamu dan pasanganmu memiliki kesibukan yang berbeda-beda, dan terasa sulit untuk sebatas ngobrol melalui panggilan telepon, Apalagi jika kamu dan pasanganmu menjadi LDR beda negara, pasti perbedaan waktu menjadi kendala besarnya. 

Maka dari itu, cobalah untuk menetapkan waktu khusus untuk berbincang dengan pasanganmu. Misalnya, setiap hari pada waktu malam adalah waktu khusus untukmu dan pasanganmu berbincang melalui panggilan telepon. Anggap saja ini sebagai ritual atau sleep call seperti fenomena yang banyak dilakukan sekarang ini.

Baca juga: Fenomena Sleepcall: Tips Langgeng Untuk Pasangan LDR

sempatkan waktu untuk bertukar kabar sebagai cara menjaga komunikasi saat LDR

Dengan melakukan sleep call, kamu dan pasanganmu bisa melepas kangen dan menceritakan secara detail mengenai kegiatan yang dilakukan pada hari itu, pict by canva.com

2. Selalu Sampaikan Mengenai Perasaanmu

Ketika menjalani hubungan asmara, rasa jenuh pada pasangan bisa saja muncul dan seakan berusaha membuat hubunganmu dengannya terasa jauh. Kamu dan pasanganmu perlu adanya keterbukaan mengenai perasaan yang sedang dirasakan agar tidak saling menutup diri. Teruslah untuk berkomunikasi dengan pasanganmu agar kamu dan pasanganmu tidak merasa kosong dan jenuh menjalani hubungan itu. 

Kunci utama ketika kamu atau pasanganmu sedang jenuh bukanlah perpisahan, karena tidak semua akhir dari permasalahan adalah perpisahan. Cobalah untuk saling menenangkan diri agar hubungan kalian kembali pulih. Ingat, ya, Sunners. Menenangkan diri, bukan mencari pengganti!

3. Jangan Berdebat Melalui Pesan

Permasalahan akan selalu hadir dalam sebuah hubungan asmara, seakan menjadi bumbu di dalamnya. Baik itu mengenai permasalahan kecil, sedang, hingga besar, usahakan untuk tidak berdebat melalui pesan, ya. Mintalah waktu kepada pasanganmu untuk berbicara melalui telepon atau video call untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Hal ini menunjukkan kalau kamu dan pasanganmu masih berusaha untuk mempertahankan hubungan yang sedang dijalani.

Jika kamu dan pasanganmu berdebat melalui pesan, akan timbul rasa tidak percaya dari salah satu pihak dan kalian akan saling mempertahankan ego masing-masing. Akhirnya, bisa saja akan berujung saling memblokir dan berakhir dengan perpisahan. Waduh, jangan sampai, deh.

4. Luangkan Waktu untuk Bertemu Langsung

Memasuki tips terakhir dari Mimin, jangan lupa untuk luangkan waktu untuk saling bertemu dengan pasanganmu. Sejauh apapun jarak yang memisahkan kalian, pastikan ada waktu untukmu dan pasanganmu bertemu secara tatap muka. Datangi pasanganmu dan habiskan waktu bersama dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk melepas rindu. Biar nggak bosan karena selama ini hanya berbincang melalui pesan atau panggilan video aja, Sunners. Yakin nih nggak mau gandeng tangan doi secara langsung?

Sisihkan waktu untuk bertemu agar bisa berbincang secara langsung dengan pasanganmu, pict by canva.com

Nah, bagaimana, Sunners? Mudah kan tips dari Mimin? Jelas, karena sebenarnya, menjalankan dan mempertahankan hubungan saat LDR itu mudah. Kunci utamanya adalah komunikasi dan saling percaya, jika kedua hal itu dijalankan dengan baik, kamu dan pasanganmu bisa lewati rintangan di masa LDR. Semangat, pejuang LDR!

Baca tips lainnya mengenai LDR: Tips Menjalani LDR Tanpa Overthinking

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 159
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?