Majalah Sunday

5 Tipe OCD, Salah Satu Masalah Psikologis Paling Umum Terjadi

Apakah kamu pernah merasa terperangkap dalam pola pikir yang berputar-putar tanpa henti? Mari kita jelajahi 5 Tipe OCD yang sering mengganggu pikiran dan menjalani hidupmu.

Hai Sunners! Apakah kalian pernah merasa harus melakukan beberapa tindakan tertentu secara berulang kali? Misalnya, mengetuk pintu harus tiga kali, atau berjalan harus di tepian ubin. Jika iya, mungkin kalian mengidap OCD. 

OCD atau Gangguan obsesif kompulsif termasuk kedalam salah satu jenis gangguan mental yang penderitanya melakukan tindakan tertentu secara berulang kali atau merasakan kecemasan berlebih. Lalu, apa saja tipe-tipe serta gejalanya dalam perilaku sehari-hari? Yuk, scroll ke bawah!

Berikut ini 5 tipe gangguan OCD yang dikenal secara umum

Tipe Pemeriksa

Apakah kalian pernah memeriksa suatu hal apapun secara berulang-ulang? Misalnya seperti mengecek kompor yang sudah dimatikan atau belum, atau memeriksa pintu rumah sudah terkunci atau belum. Jika iya, mungkin kalian mengidap OCD tipe pemeriksa. Alasan pengidap gangguan OCD tipe pemeriksa selalu memeriksa suatu hal secara berulang kali adalah karena mereka selalu berpikir tentang ketakutan serta bahaya yang dapat mengintai mereka ketika tidak memastikan semuanya dalam kondisi yang dipikirkannya. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, tipe pemeriksa akan membuat dirinya patut disalahkan dan selalu merasa dirinya bersalah.

Tipe Mencuci dan Membersihkan

Tipe satu ini merupakan orang yang takut terkena bahkan terkontaminasi dengan kuman. Pengidap OCD tipe ini tidak akan ragu untuk selalu membersihkan dirinya atau mencuci tangannya secara berulang-ulang supaya memastikan tidak ada kuman yang melekat di tubuhnya. Hal ini dilakukan karena Pengidap OCD tipe ini berpikir bahwa kuman yang melekat di tubuhnya akan membuatnya sakit hingga meninggal. Walaupun sudah membersihkan dirinya secara berulang kali, pengidap OCD ini akan selalu merasa kotor dan merasa cemas.

Yuk kenali apa itu OCD (Obsessive compulsive disorder)

Mengenal 5 Tipe OCD, pict by canva.com

Tipe Perfeksionis

Orang dengan gangguan tipe ini hampir mirip dengan orang perfeksionis. Pasalnya, pengidap OCD tipe ini akan fokus mengatur sesuatu sesuai dengan tempatnya. Contohnya seperti merapikan buku dengan tertata rapi dan jika buku tersebut bergeser atau berubah sedikit, maka pengidapnya bisa akan merasa tidak nyaman dan merasa tertekan.

Tipe Pemikir

Tipe pemikir adalah gangguan yang membuat pengidapnya selalu merasa bersalah di setiap kejadian buruk yang menimpanya. Penderitanya memiliki pemikiran yang intrusive, obsesif, hingga berpikir bahwa dirinya mengalami kemalangan atau keburukan. Misalnya, ada yang mengatakan bahwa nomor 2 adalah angka sial. Maka pengidapnya akan terus dihantui dengan rasa cemas dan takut bila ia mendapatkan nomor 2 pada urutan suatu hal.

Tipe Penimbun Barang

Pengidap tipe ini tidak akan sanggup untuk membuang barang yang terpakai, dari bungkus permen hingga botol minuman. Tipe OCD ini senang mengumpulkan barang-barang tersebut karena pengidapnya akan merasa bahagia untuk mengumpulkan barang tersebut. Pengidapnya tidak akan mampu untuk membuang barang-barang bekas yang seharusnya dibuang. Bukannya membuang sampah, pengidapnya malah menyimpan hingga menata sampah yang seharusnya dibuang. 

OCD menjadi salah satu gangguan psikologis yang tidak dapat disembuhkan, namun pengidapnya bisa berkonsultasi dengan tenaga medis terkait dan menjalani beberapa perawatan seperti psikoterapi dan konsumsi obat-obatan untuk meredakan gejalanya. 

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Penulis: Muhammad Rendi Andika, SMKN 67

Editor: Nur Amalina Husna, Universitas Kebangsaan 

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 351
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?