Majalah Sunday

Membangun Motivasi Olahraga Agar Tidak Malas

Penulis: Brigita Nicole Silalahi – SMAK Penabur Summarecon Bekasi
Editor: Afifah Putri Utami – Universitas Negeri Jakarta

Olahraga secara teratur memang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Di masa pandemi seperti ini olahraga sangat penting. Dengan berolahraga membuat tubuh lebih bugar dan sehat sehingga daya tahan tubuh lebih kuat dan dapat mengurangi resiko tertular virus. Maka dari itu, kita harus melakukan olahraga secara rutin. Namun, pasti ada hari di mana kita sulit membangun motivasi sehingga malas untuk melakukan olahraga. 

Tips Membangun Motivasi Agar Tidak Malas Berolahraga

Sunners ingin tahu cara agar tidak malas olahraga? Yuk lihat dan ikuti tips di bawah ini!

1. Tetapkan Tujuan dan Buat Rencana

Pertama-tama, tetapkan goal sesuai prioritas dan kemampuan diri agar bisa terjaga dan tetap konsisten. Lalu, buatlah rencana untuk mendukung tujuan tersebut. Misalnya, jika ingin menurunkan berat badan, Sunners bisa membuat rencana berolahraga seminggu 3 kali, dengan waktu 20 menit setiap hari, atau rencana lain yang sesuai dengan kesibukan Anda. Bisa juga dengan mencatat rencana tersebut di buku atau memo handphone. Aturlah alarm sebagai pengingat waktu olahragamu.

2. Gunakan Alat Olahraga

Ada baiknya untuk mulai menggunakan peralatan olahraga. Selain bisa membantu menciptakan gerakan yang baik, menggunakan alat olahraga bisa membantu untuk menambah semangat ketika berolahraga. Karena tentunya kamu bisa memperagakan gerakan yang baik dengan adanya alat olahraga.

membangun motivasi olahraga dengan menggunakan alat

Gunakan alat olahraga untuk menunjang gerak tubuhmu, pict by canva.com

3. Buat List Olahraga yang Disukai

Untuk mendapatkan manfaat olahraga di tahun 2020 memang tidak bisa didapatkan secara instan. Saat kamu dilanda bosan dan malas sehingga memilih untuk kembali berlindung di balik selimut, kamu pun bisa memberikan variasi dalam setiap olahraga yang kamu sudah pilih. Banyak cara yang dapat dilakukan, bisa dengan jalan santai di dalam rumah sambil menonton tv atau melakukan yoga di teras rumah sambil mendengarkan musik yang kamu sukai.

4. Olahraga Bersama Teman, Bisa Melalui Video Call

Nah, semakin berkembangnya teknologi sekarang yang sudah sangat canggih, kamu masih bisa melakukan olahraga bersama teman, keluarga, atau coach tanpa bertemu langsung. Lakukan saja melalui video call dari berbagai platform. Selain dapat mengetahui perkembangan satu sama lain, kamu juga bisa latihan berbagai gerakan menggunakan video latihan yang ada di YouTube bersama-sama. Dijamin bikin latihan kamu jadi makin seru!

Meski berada di tempat yang berbeda, berolahraga bersama teman mampu membuat suasana olahragamu tidak membosankan, pict by canva.com

5. Beri Reward untuk Diri Sendiri

Bila target olahragamu hampir terpenuhi atau berhasil tercapai, cobalah dengan memberi hadiah untuk merayakan keberhasilan kamu. Pikirkan hadiah apa yang bisa Sunners berikan ke diri sendiri sebagai motivasi olahraga. Pilih hadiah seperti baju baru, pijat, video games, apapun yang ingin kamu nikmati.

Baca juga: Self Reward Sebagai Mantra Kesehatan Mental

Itulah beberapa tips untuk kalian agar bisa membangun semangat berolahraga. Yuk langsung praktekin ke diri kalian! Tubuhmu sehat, pikiranmu juga akan sehat.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 523
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?