Majalah Sunday

Rutin Minum Air Hangat Sebelum Tidur
Banyak Manfaat nya Loh!

Penulis: Floristika Apraluya Flagracia-Universitas Kristen Indonesia

Rutin minum air hangat sebelum tidur bisa membuat kamu glow up? yuk kita kulik manfaat-manfaat lain nya..

Seberapa Berguna Rutin Minum Air Hangat Sebelum Tidur?

Setiap orang memiliki rutinitas sebelum tidur.

Ada yang minum susu, mendengarkan musik, bahkan membaca buku dan masih banyak yang lainnya.

Halo Sunner!

Apakah kamu termasuk orang yang suka minum air hangat sebelum tidur? Meski malas minum air hangat karena tidak ingin sering buang air kecil, minum air hangat sebelum tidur juga punya banyak manfaat loh!

Air hangat bisa membuat tidur kamu lebih nyaman dan santai. Namun, suhu air yang ingin diminum sebaiknya tidak terlalu panas karena dapat melukai tenggorokan dan mulut. Nah, berikut beberapa manfaat rutin mengkonsumsi air hangat yang harus kamu ketahui. 

Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur:

Menghilangkan racun dari dalam tubuh

Minum air hangat sebelum tidur dapat  meningkatkan sirkulasi darah dan memicu keluar nya  keringat loh..

Jadi, sisa sodium dan zat beracun akan menyatu dalam cairan keringat sehingga hilang dengan sendirinya dari tubuh.

Berkeringat adalah mekanisme tubuh untuk mengembalikan suhu tubuh menjadi normal setelah terpapar panas dari air hangat. Meski saat tidur kita bisa kehilangan cairan. Namun, pembuangan cairan tubuh juga disertai dengan racun dan sisa kandungan sodium.

Hasilnya, tubuh menjadi lebih sehat dan dapat memperbaiki kondisi kulit Anda. 

Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat secara rutin bisa bermanfaat untuk menghilangkan lemak tubuh loh..

Ini terjadi karena air hangat dapat menghancurkan makanan dan mencerna makanan lebih cepat.

Tidak hanya itu, minum air hangat juga dapat membantu kamu merasa kenyang sehingga tidak terbangun di tengah malam hanya untuk ngemil atau makan besar.

Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin kegemukan atau lemak menyumbat pembuluh darah, kamu bisa rutin minum air hangat sebelum tidur. 

Memperbaiki Sel Kulit Mati

Mengkonsumsi air hangat sesaat sebelum kamu tidur juga dapat membantu memperbaiki sel kulit sehingga elastisitas kulit tetap terjaga. Sebab, air hangat membantu membersihkan tubuh dan memperbaiki sel kulit yang terkena radikal bebas berbahaya.

Kebiasaan ini dapat mencegah penuaan dini. Kulit pun menjadi lebih halus, kencang, dan bebas kerutan. Secara tidak langsung hal tersebut bisa membuat kamu terlihat awet muda.

Melawan Kecemasan dan Depresi

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kekurangan air dalam tubuh dapat meningkatkan stres dan menyebabkan depresi. Ini pasti berdampak negatif pada siklus tidur.

Minum air hangat di penghujung hari dapat menjaga kadar air dalam tubuh dan mengontrol mood. Manfaat tersebut terjadi karena sensasi hangat berperan dalam meningkatkan suasana hati.

Membantu Tidur Agar Lebih Cepat

Manfaat minum air hangat selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah dapat membantu  tertidur lebih cepat dengan nyenyak. Minum segelas air hangat memiliki efek menenangkan pada tubuh.

Hal ini karena keseimbangan cairan tubuh bisa terpenuhi dan bisa meringankan pikiran. Kita pun akan merasakan tidur lebih rileks dan menyebabkan tidur malam lebih berkualitas.Maka dari itu, jangan heran jika minum air panas sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak dan cepat.  

Melindungi Kulit dari Infeksi

Air hangat memiliki efek pembersihan dan memiliki efek positif pada kulit dan saluran pencernaan. Kekurangan air dalam tubuh juga dapat menyebabkan masalah sembelit akut dan kronis.

Minum segelas air hangat sebelum tidur dapat membantu memecah makanan dan memperlancar buang air besar. Saat organ tubuh bersih, kulit terhindar dari infeksi. Ini juga dapat membantu mendetoksifikasi hati dan membuang racun dari tubuh.  

Teks terkait gambar, pict by canva.com

Nah, itulah manfaat yang bisa kita dapatkan dari rutin minum air hangat di malam hari sebelum tidur. Jadikan ini sebagai rutinitas yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. 

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 224
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?