WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Lakukan 5 Langkah Ini untuk Sukses di Jurusan Akuntansi

Apa itu akuntansi? Bicara tentang akuntansi sudah pernah dibahas ya di artikel akuntansi vs administrasi. Akuntansi ini penting lho karena ada dalam kegiatan perekonomian. Dalam perekonomian atau kegiatan bisnis tentu membutuhkan pencatatan perhitungan untuk mencapai target, melihat untung, rugi dan banyak hal lainnya.  Akuntansi juga bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari Sunners, contohnya yaitu mengendalikan dan mengelola keuangan yang kita miliki. 

Berikut cara agar kamu jago akuntansi:

Pahami Definisi Akuntansi

Hal pertama yang dilakukan adalah kamu harus memahami definisi atau pengertian akuntansi. Jika diringkas akuntansi merupakan kegiatan pencatatan, perhitungan yang digunakan untuk pelaporan keuangan ataupun evaluasi.

Hapalkan Nama, Nomor Akun, dan Saldo Normal

Di dalam akuntansi ada yang biasa disebut aset dan utang+modal. Hal tersebut memiliki banyak akun yang bisa digolongkan sebagai Aktiva dan Pasiva. Kamu juga harus memahami debit dan kredit. Saldo normal perlu dihapalkan Sunners agar tidak bingung saat mencatat transaksi apakah menambah saldo atau mengurang saldo di akun tersebut. Nih, mimin share ringkasannya:

Nama Akun

Nomor Akun

Saldo Normal

Aset/harta

1Debit
Utang2

Kredit

Modal

3

Kredit

Pendapatan

4

Kredit

Biaya/beban5

Debit

Pahami Konsep Dasar Akuntansi

Konsep dasar akuntansi merupakan rumusan konsep yang berlaku secara umum agar diperoleh kesatuan analisis, pandangan, dan pendapat. Perlunya memahami konsep dasar akuntansi agar perusahaan atau organisasi terhindar dari kesalahan pencatatan akuntansi yang berpengaruh terhadap kondisi keuangan. Dalam akuntansi saldo antara debit dan kredit harus seimbang. Tetapi saldo seimbang belum tentu saldo yang benar, jika saldo benar pasti seimbang. Selanjutnya, rumus persamaan akuntansi:

Harta (Aset) = Utang + Modal

Harta (Aset) + Beban = Utang + Modal + Pendapatan  

Selanjutnya pahami proses akuntansi mulai dari membuat jurnal, posting ke buku besar, membuat neraca saldo sebelum penyesuaian, membuat jurnal penyesuaian, membuat neraca lajur setelah penyesuaian, membuat laporan keuangan, membuat jurnal penutup, dan jurnal pembalik.

Pahami Laporan Keuangan

Dalam membuat laporan keuangan (financial report) pastinya memerlukan proses yang menghasilkan informasi yang disebut siklus akuntansi. Informasi yang dihasilkan melalui siklus akuntansi harus benar, sistematis, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak-pihak yang terkait. Siklus akuntansi terbagi menjadi 4 tahapan yaitu pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dan pelaporan.

Perbanyak Latihan

Akuntansi merupakan kegiatan yang memerlukan banyak Latihan. Membaca kasus-kasus akuntansi juga dapat membuat pemahaman akuntansimu bertambah. Jangan ragu untuk tetap terus belajar ya. 

Itu dia Sunners cara agar kamu jago akuntansi. Jangan lupa sering berlatih ya. Semoga membantu kamu. Semangat! Sampai jumpa.

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

Leave A Comment