WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Perbedaan Jurusan SMK Administrasi dan Akuntansi yang Perlu Kamu Ketahui

Halo Sunners! Masih kuat kan puasa hari ini? Semoga lancar ya.

Setelah lulus dari sekolah menengah pertama selanjutnya kamu akan menempuh pendidikan yang lebih tinggi yaitu sekolah menengah atas ataupun sekolah menengah kejuruan. Dari dua jenis sekolah tersebut terdapat beberapa jurusan diantaranya administrasi dan akuntansi. Sebagian orang masih belum tahu perbedaan kedua jurusan tersebut. Sekarang mari kita bahas.

Administrasi

Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai tujuan. Sederhananya administrasi dapat diartikan seperti pembukuan sederhana, catat-mencatat, ketik-mengetik, surat-menyurat seperti yang terdapat dalam organisasi atau kegiatan lain yang teknisnya bersifat ketatausahaan.  

Administrasi bermacam-macam seperti administrasi kependudukan, administrasi keuangan, administrasi publik, administrasi negara, dan sebagainya. Biasanya jenis administrasi yang ada di sekolah menengah kejuruan yaitu administrasi perkantoran. Maka prospek kerja yang dimiliki seorang administrator tersebut dapat bekerja sebagai staff administrasi, staff legal, sekretaris medis, asisten sekretaris di berbagai lembaga/organisasi. 

Akuntansi 

Akuntansi adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi. Dengan pengertian tersebut sudah terlihat bahwa akuntansi akan belajar mengenai proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan keuangan dalam perusahaan/organisasi.

Beberapa jenis akuntansi yaitu akuntansi keuangan, akuntansi perbankan, akuntansi biaya, akuntansi pajak, dan sebagainya. Untuk prospek kerja akuntansi ini ada banyak juga nih, salah satunya yaitu cost accountant. Cost accountant bekerja sebagai spesialis keuangan yang menentukan biaya sebenarnya yang berkaitan dengan penyediaan layanan atau pembuatan produk. Selain itu masih banyak prospek kerja seorang akuntan seperti auditor, financial analyst, pegawai pajak, dan sebagainya.

Itu dia Sunners perbedaan jurusan administrasi dan akuntansi. Jangan bingung lagi ya dengan keduanya. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan. Sampai jumpa!

Hanifah Nur – PoliMedia Jakarta

Sumber :
kampusaja.com
rencanamu.id

Leave A Comment