WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Kian Diminati, Tertarik untuk Bergabung dengan Sekolah Alam?

Siapa yang tahu, apa itu sekolah alam? Yap, sekolah alam merupakan gagasan pendidikan yang mendapatkan respons positif dari kalangan masyarakat. Dengan sekolah alam, anak akan lebih dekat dengan alam sekitar sehingga anak akan belajar cara mengurangi pemasanan global karena kepedulian akan lingkungan.

Sekolah alam memang sudah tidak asing terdengar bahkan tak kalah penting dengan sekolah konvensional lainnya. Orang tua mulai menyekolahkan anak mereka ke sekolah alam demi mendapatkan pendidikan layak dengan cara beraktivitas di luar ruangan. Sesuai dengan namanya, sekolah alam mendekatkan siswanya kepada lingkungan sekitar atau tempat terbuka sehingga konsep belajar tidak hanya berada di ruang kelas saja. Anak-anak bisa mempelajari dan melihat langsung suatu objek di luar ruangan.

Apa, sih yang membuat sekolah alam lebih diminati daripada sekolah konvensional?

 

  1. Lebih murah

Sekolah alam dinilai lebih murah karena tidak menggunakan fasilitas bangunan. Berbeda dengan sekolah konvensional, bangunan sekolah alam hanya berupa saung atau rumah panggung yang dikelilingi oleh alam. Namun, kualitas dari guru dan metode yang diajarkan tidak kalah kreatif dengan sekolah konvesional.

  1. Belajar tidak hanya di dalam ruangan

Sekolah konvensional memiliki konsep belajar di ruang kelas, tetapi berbeda dengan sekolah alam yang menawarkan untuk belajar langsung dengan alam sekitar. Siswa dapat terlibat langsung dengan alam sebagai media pembelajaran.

  1. Harapan menjadi masyarakat peduli lingkungan

Sekolah alam mengajarkan berbagai hal dengan melibatkan alam, salah satunya seperti mengolah sampah dan bagaimana cara mendaur ulang sampah tersebut. Dengan hal ini, siswa dapat mengetahui pemanfaatan daur ulang sehingga pencemaran lingkungan bisa diatasi.

  1. Tidak mengenakan seragam formal

Uniknya, siswa diperkenankan untuk mengenakan pakaian yang disukai. Bisa seperti kaos, celana pendek, dan sandal. Siswa bisa bebas menggunakan pakaian apapun.

  1. Konsep belajar yang berbeda

Umumnya, pemberian materi belajar dilakukan dengan satu arah, guru menjelaskan materi kepada siswanya. Sekolah alam menyajikan pembelajaran yang berbeda dengan melakukan praktik langsung di lingkungan seperti prinsip dagang, tanggung jawab, budaya antre, dan lainnya.

  1. Memberikan antusias kepada siswa

Selama belajar, siswa diminta untuk belajar dan memahami mata pelajaran yang ada di sekolah. Tidak dipungkiri, siswa akan kelihatan letih saat berada di rumah. Sekolah alam didirikan untuk meningkatkan semangat belajar kepada siswa. Sekolah alam menjadikan siswa untuk menggali dan mengembangkan minat dan bakat yang mereka sukai.  Hal ini lah yang memberikan antusias dan semangat siswa untuk terus belajar sesuatu yang baru.

  1. Siswa menjadi lebih kritis dan kreatif

Belajar di sekolah alam, siswa bebas untuk mempelajari minat dan bakat yang sesuai dengan dirinya sehingga hal ini memicu siswa menjadi lebih berekspresi dalam membuat dan menciptakan ide-ide baru.

 

Penulis: Riva Destira Ramadhani

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment