Majalah Sunday

Keuntungan yang Kamu Dapatkan
jika Dekat dengan Guru BK

Penulis: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan

Sunners, apa yang ada dipikiranmu jika mendengar guru BK? Ngeri gak? Atau malah kamu tim yang dekat dengan guru BK? Biasanya guru BK identik dengan guru yang galak karena sering menghukum siswa yang melanggar aturan di sekolah. Kalau kamu pernah dapet hukuman apa nih dari guru BK? 

Guru BK atau bimbingan konseling merupakan salah satu pendidik yang memiliki peran khusus dalam memberikan bimbingan dan konseling di lingkungan sekolah. Tujuannya tentu saja untuk membantu siswa dalam mencapai perkembangan diri yang optimal. Namun, ternyata masih jarang siswa yang dekat dengan guru BK. Salah satu faktornya karena memang guru BK tidak mengajar secara langsung di kelas, sehingga interaksi dengan siswa tidak sebanyak guru mata pelajaran lainnya. 

Keuntungan Jika Dekat dengan Guru BK

Sunners, ternyata dekat dengan guru BK dapat mendatangkan banyak manfaat untukmu loh. Gimana tidak, sesuai dengan tujuannya guru BK dapat membantu kamu dalam mencapai perkembangan yang baik di sekolah. Menarik kan? Kalau kamu penasaran apa aja manfaat yang kamu dapatkan jika dekat dengan guru BK, simak satu-persatu penjelasan di bawah ini sampai selesai ya!

teman curhat yang ramah

Jika kamu dekat dengan guru BK berarti kamu memiliki teman curhat yang ramah, pengertian dan dapat dipercaya. Guru BK sebagai tenaga pendidik akan dengan senang hati mendengarkan keluhan, kisah, atau masalah apapun tanpa menghakimimu, lho Sunners. Apalagi mereka tentu saja memiliki keterampilan yang mumpuni dalam merespon masalah yang kamu hadapi. Dengan begitu, kamu dapat merasa nyaman untuk bercerita dan berbagi perasaan dengan mereka. Bisa dibilang, guru BK adalah teman curhat terbaik deh! 

bimbingan akademik yang baik

Tidak hanya secara emosional, guru BK juga dapat membantu dalam meraih prestasi akademik yang sesuai dengan dirimu. Dengan mendekat dan berdiskusi dengan guru BK, kamu dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekuatanmu dalam belajar. Selain itu, kamu juga akan mendapat dukungan serta strategi yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan prestasi akademik. Jika sudah begitu, belajar jadi terasa lebih mudah dan menyenangkan, bukan? 

pengembangan keterampilan sosial dan emosional

Saat sekolah, pengembangan keterampilan sosial dan emosional juga sangat penting. Nah, guru BK merupakan guru yang pas untuk membantumu dalam mengembangkan keterampilan ini dengan lebih baik. Cobalah dekati guru BKmu dan meminta dukungan dalam membangun kepercayaan diri, keterampilan berkomunikasi, bahkan cara mengelola emosi yang positif. Hal ini dapat membantumu dalam berinteraksi dengan teman-teman, mengatasi konflik, juga menciptakan lingkungan yang harmonis di sekitarmu. Baik kan guru BK? 

mendampingi dalam menemukan identitas diri

Masa remaja adalah masa penuh tantangan dan pertanyaan tentang jati diri dan tujuan hidup, setuju gak? Kalau kamu sedang ada di posisi seperti itu, dekat dengan guru BK merupakan salah satu solusi, lho Sunners. Guru BK berperan sebagai pendamping bagi siswa dalam proses pencarian identitas diri. Dalam peran ini, mereka membantu kamu dapat menjelajahi minat, bakat dan nilai-nilai yang akan kamu pegang dalam kehidupan nanti. Berat kan? kalau dibantu guru BK, pasti lebih mudah kok, Sunners.  

bimbingan pendidikan dan karir

Tidak hanya menguntungkan saat di sekolah, dekat dengan guru BK juga mendatangkan manfaat untuk masa depanmu kelak. Pasalnya, mereka akan membantumu mempersiapkan pendidikan selanjutnya hingga karir. Jika kamu merasa kesulitan saat dihadapkan pada berbagai keputusan terkait pendidikan dan karirmu, guru BK akan membantu proses ini. Akrab dengan guru BK berarti memiliki seseorang yang dapat memberikan informasi dan perspektif yang objektif, sehingga kamu dapat membuat keputusan yang lebih matang sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki. Keren kan?  

Guru BK

Ternyata guru BK itu baik,lho, pict by Sartika – SMK Paramitha

Dekat dengan guru bimbingan dan konseling membawa berbagai keuntungan yang sangat berharga bagi perkembangan dan kesiapan masa depan siswa. Maka dari itu, yuk manfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk meraih potensi terbaik bagi dirimu.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 281
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?