WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Journaling: Teknik Keren untuk Produktif Mencatat dengan Segudang Manfaat. Sudah mencoba?

Mencatat adalah salah satu kegiatan produktif yang bisa dilakukan setiap hari, khususnya oleh pelajar seperti kita ini. Tapi tahu nggak sih, kalau ada cara yang lebih menyenangkan untuk mencatat. Apakah itu? 

Yup, Journaling! 

Seperti apa yang sudah tertulis dengan jelas dalam judul, artikel ini akan membahas sedikit tentang journaling. Walaupun kita mungkin saja sudah tak asing dengan kegiatan keren ini, tapi apakah kalian sudah memulai journaling versi kalian?

Simpelnya, journaling atau menulis jurnal adalah sebuah kegiatan untuk mencatatkan, menuliskan, atau mengekspresikan pikiran atau perasaan yang kita miliki pada sebuah buku fisik atau bisa juga secara digital.

Dan journaling sebetulnya bukan hanya sekadar mencatat lho, melainkan salah satu kegiatan dengan segudang manfaat. Ya, tanpa disadari oleh kita, sebenarnya ada hal-hal yang dapat terbantu oleh kegiatan menulis jurnal ini. Apalagi jika dilakukan secara berkala, setiap hari selama 365 hari. Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan selama bertahun-tahun, faktanya, dengan menuliskan sedikit dari apa yang sedang dipikirkan ke dalam jurnal harian mampu mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, memperkuat imun, mempercepat penyembuhan atau pemulihan diri, anti stres dan anti pikun, mengurangi gejala-gejala depresi, dan masih banyak benefit lain yang rasanya akan terlalu banyak jika disebutkan semua dalam satu tulisan ini!

Selain benefit dalam segi kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas, menulis jurnal tentu saja akan memberikan dampak yang luar biasa baik terhadap kehidupan kita sebagai pelajar. Apa saja? Yuk, kita cari tahu!

  1. Meningkatkan kesehatan mental serta membantu proses healing. Menuliskan sesuatu ke atas kertas dapat membantu kita dalam mengatur stres, dan mendapatkan perasaan yang lebih rileks. Menuliskan isi pikiran ke dalam jurnal juga dapat membuat kita lebih mengerti tentang diri kita. Atau kita bisa juga menuliskan satu momen tertentu atau hal-hal lucu yang tak sengaja didengar ke dalam jurnal. Humor is a healer, right?
  2. Meningkatkan kepercayaan diri. Menulis jurnal setidaknya mampu membantu kita mengorganisir jadual dan isi pikiran kita. Menjadikan kita lebih tenang karena segala halnya berada dalam keadaan teratur. Hal ini jelas akan meroketkan kepercayaan diri, dan menghindarkan diri dari anxiety. Selain itu jika kamu menulis jurnal dengan konsep gratitude, kamu akan membuat hubungan kamu dengan diri kamu jadi lebih positif! 
  3. Lebih jauh bertualang ke dalam Self-Discovery. Tak ada yang lebih menyenangkan dibanding mengenal diri sendiri begitu jauh. Semakin kita mengenal, semakin mudah pula kita mengidentifikasi apa yang membuat kita bahagia, sedih, kuat, atau lemah. Kita juga bisa mengenal apa saja yang menjadi pemicu dari berbagai emosi dalam diri kita dan menjadikannya sebagai sarana untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  4. Membantu kita untuk mencapai tujuan. Menulis to-do-list, resolusi, cita-cita, dan berbagai tujuan semacamnya dalam jurnal adalah hal yang biasa. Menuliskan tujuan-tujuan yang belum tercapai akan membuat hal tersebut terasa lebih nyata dan menjadikan kita lebih termotivasi. Jangan lupa untuk mencatat bagaimana progres dan hasil akhirnya ya, Sunners!
  5. Jadi sarana untuk lebih kreatif. Untuk kamu yang sering lupa sama ide-ide kreatif kamu setelah terdistraksi hal lain, menulis jurnal bisa banget jadi solusi tepat! Gampang kok, caranya dengan buru-buru menuliskan idemu ke dalam jurnal agar tidak lupa. Kamu juga bisa baca ulang tulisanmu dalam jurnal di kemudian hari.

Selain dalam bentuk tulisan, beberapa orang lebih senang menuliskan ide-idenya dalam bentuk gambar, grafik, atau bentuk-bentuk tertentu.

  1. Membantu mengingat materi lebih lama. Riset telah dilakukan di berbagai forum dan lembaga, dan hasilnya menyebut bahwa menuliskan materi-materi pelajaran ke dalam buku menggunakan tangan sangat efektif membantu seseorang untuk mengingat materi itu di dalam kepalanya. Dan kalaupun misalnya kita lupa, nggak perlu khawatir, karena kita sudah menuliskannya ke dalam buku!
  2. Meningkatkan kemampuan critical thinking. Penelitian dari Journal of Nursing Education menemukan bahwa menulis sesuatu yang reflektif seperti jurnal, dapat membangun kemampuan berpikir kritis. Hal ini dikarenakan ketika seorang menuliskan sesuatu yang kompleks, maka individu tersebut memiliki kesempatan untuk mencurahkan idenya, meletakkan argumen, serta menjelaskan bagaimana ia akan memecahkan sesuatu yang kompleks tersebut. 
  3. Last but not least, menulis jurnal bisa meningkatkan kesehatan fisik, lho! Ternyata penelitian telah membuktikan bahwa menulis jurnal tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan mental, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan fisik. Seperti mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan fungsi hati, serta meningkatkan performa atletik. Inilah alasan mengapa atlet tertentu diharuskan oleh pelatihnya untuk menulis jurnal secara rutin setiap harinya, selain untuk membantu meninjau performa atletik, juga dapat membantu untuk terus sehat, sehat, sehat!

Nah, banyak kan benefit dari menulis jurnal? Tapi masih ragu? Atau bingung cara memulainya? Merasa ngga jago gambar? Atau merasa ngga jago menulis puisi dan kata-kata mutiara? Jangan khawatir! Menulis jurnal bukan hanya untuk yang jago gambar, bukan juga untuk orang yang puitis. Menulis jurnal bisa dilakukan oleh semua orang. Forget all the rules about Journaling. Do what works!

Sunday juga akan membekali Sunners dengan tips keren memulai journaling untuk pemula! Let’s see!

  1. Gunakan pensil dan kertas dibanding peralatan digital.
  2. Menulis jurnal di pagi hari.
  3. Menulis setiap hari, dan jadikan rutinitas. Agar tidak lupa, simpan buku dan alat tulismu di tempat yang terlihat dan mudah dijangkau!
  4. Jadikan menulis jurnal sebagai prioritas, buatlah waktu meskipun di hari-hari sibuk.
  5. Tulis apapun yang saat itu sedang terjadi di sekitarmu. Bisa tentang teman, rumah, sekolah, materi yang sedang kamu pelajari, kesehatan, keuangan, dan lain sebagainya.
  6. Bingung harus menulis apa? Tenang, kamu bisa pakai prompt list yang bisa kamu akses di internet dari berbagai sumber, salah satunya bisa kamu akses di sini!
  7. Biarkan tulisanmu mengalir. Jangan diberi filter dan sensor, biarkan pikiran dan perasaan tertulis dengan jujur dalam jurnalmu.
  8. Tulis segala hal yang kamu syukuri dalam Gratitude Journal.
  9. Keep it private!

Nah, Sunners. Tadi itu sudah dibahas lengkap mengenai benefit dari menulis jurnal dan how to start journaling! Sehabis dibaca, jangan lupa diaplikasikan, ya. Cheers!

Ditulis oleh: Dewi Sulistia, Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta.

Leave A Comment