WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Job Fair NSCD 2022: “Encouraging Impactful Changes”

Pada tanggal 21-27 Februari 2022 BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara mengadakan Job Fair NSCD dengan tema Encouraging Impactful Changes yang diadakan secara daring/virtual dikarenakan adanya pandemi Covid-19. BEM FEB mengangkat tema “Encouraging Impactful Changes: Spur Yourself To Make a New Breakthrough” dalam “National Seminar and Career Development Days BEM FEB UNTAR 2022” bertujuan untuk memberikan motivasi serta membuka pikiran mahasiswa dan masyarakat untuk mencapai tujuan hidup mereka terutama dalam bidang bisnis di era modern ini. 

Job Fair NSCD adalah acara yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara setiap tahunnya dengan berbagai jenis perusahaan yang menyediakan lapangan pekerjaan untuk para pencari kerja atau job seeker, khususnya bagi para fresh graduates dan para pekerja. Dengan banyaknya perusahaan yang berpartisipasi dalam acara Job Fair NSCD, diharapkan dapat memudahkan job seeker untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan keterampilannya masing-masing. Job Fair NSCD 2022 juga bertujuan untuk membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta partisipasi masyarakat mengenai dunia kerja di Indonesia.

Job Fair NSCD dibuka secara gratis untuk seluruh masyarakat yang sedang mencari pekerjaan. Job Fair ini memiliki serangkaian acara yang dimulai dari opening yang disiarkan langsung melalui Youtube BEM FEB UNTAR dengan menampilkan video pembuka serta kata sambutan dari Ketua BEM FEB UNTAR dan Ketua Job Fair NSCD 2022. Dilanjutkan dengan adanya Company Presentation yang dilaksanakan oleh lebih dari 15 perusahaan yang berpartisipasi dalam Job Fair NSCD 2022. Company Presentation merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai suatu perusahaan seperti company profile, lingkungan kerja dan penjelasan mengenai lowongan kerja yang disediakan oleh perusahaan tersebut. 

Dalam Company Presentation oleh Elite Pro pada tanggal 22 Februari 2022 jam 10.00. Elite Pro adalah perusahaan di bidang agen properti yang selalu bertumbuh dan berkembang, elite pro telah memiliki beberapa cabang yaitu di Green lake city, Kelapa Gading dan Pluit. Sesi company presentation ini dimanfaatkan oleh Elite Pro untuk menjelaskan mengenai perusahaannya seperti pencapaian apa saja yang sudah dicapai olehnya, memberikan penjelasan mendalam mengenai properti dan memberitahu properti merupakan industri yang cukup menjamin. Lingkungan kerja dalam Elite Pro sangat fun dan dapat mendapatkan reward yang cukup menguntungkan bila bekerja di perusahaannya seperti hadiah jalan-jalan ke luar negeri, di akhir Elite Pro juga memberikan gambaran tentang lowongan pekerjaan yang sedang dibukanya.

Sesi kedua Job Fair NSCD tanggal 22 Februari dilanjutkan dengan presentasi oleh PT Astra Otoparts Tbk. Sesi dari PT Astra Otoparts Tbk dibuka dengan company profile dan penjabaran mengenai produk-produknya yang tersebar di Indonesia. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang harus kita siapkan sebelum memasuki dunia kerja kemudian bagaimana PT Astra Otoparts Tbk sebagai perusahaan yang kuat melakukan perkembangan dan adaptasi dengan keadaan dunia sekarang ini. Salah satunya karena adanya pandemi Covid-19, PT Astra Otoparts Tbk meluncurkan health care seperti face shield, air purifier, masker transparan, dan lainnya untuk menyesuaikan dengan keadaan sekarang. 

PT Astra Otoparts Tbk juga menjelaskan bahwa mereka mempunyai virtual learning center di mana kita dapat mempelajari bidang-bidang lain sehingga tidak hanya terfokus pada satu bidang. Presentasi ini ditutup dengan penjelasan tentang job vacancy yang sedang dibuka PT Astra Otoparts yang dapat di cek di website mereka dan tips dalam proses recruitment, di mana saat proses ini kita harus mengemas diri menjadi versi diri kita yang terbaik, tersenyum, menguasai CV kita, dan menjawab dengan lengkap saat sesi tanya-jawab. 

Presentasi selanjutnya dibuka oleh PT Intermitra Pelatihan Indonesia (Tandika Learning Institute). Tandika Learning Institute adalah pusat pelatihan sumber daya manusia di bidang jasa keuangan. Mereka sudah berpengalaman memberikan kepada bancassurance specialists sejak 1994. Tandika Learning Institute juga menjelaskan client-client mereka yang merupakan perusahaan asuransi seperti Zurich, Allianz, dan lainnya. Bancassurance sendiri adalah suatu kerja sama antara bank dengan perusahaan asuransi dimana pihak bank akan menjual produk asuransi dari sebuah perusahaan asuransi langsung kepada nasabahnya dan nantinya kedua belah pihak akan berbagi keuntungan dari komisi penjualan produk asuransi tersebut. 

Tandika Learning Institute juga menjelaskan cara kerja bancassurance bank dan asuransi dan mengatakan bahwa dengan menjadi bancassurance berarti ada jenjang karir yang dibangun. Sesi ketiga ini ditutup dengan penjabaran tentang proses recruitment bancassurance specialist, webinar via Zoom dalam proses recruitment yang akan dilanjutkan ke interview bersama perusahaan asuransi dan program ini terbuka untuk semua jurusan termasuk untuk fresh graduates. 

Reporter: Noviyanti Setia Putri, Jennifer Lauren

Leave A Comment