Majalah Sunday

Jenis Olahraga
Untuk Kesehatan Reproduksi Laki-Laki

Penulis: Jansen – Universitas Bunda Mulia
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan 

Olahraga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh Sunners. Mulai dari meningkatkan stamina tubuh, energi, volume otot, menambah rasa percaya diri dan mood, serta meningkatkan kesehatan reproduksi laki-laki. Dikutip dari Journal of Sexual Medicinez, olah tubuh atau olahraga ini dapat mengoptimalkan fungsi organ reproduksi serta mengurangi risiko disfungsi impotensi.

Jenis Olaharga untuk Kesehatan Reproduksi Laki-laki

Mulai dengan aktivitas ringan

Jika Sunners tidak atau belum terbiasa untuk berolahraga, sebaiknya melakukan olahraga yang ringan dahulu. Misalnya Sunners bisa melakukan peregangan, berjalan kaki, hingga berenang. Sunners berolahraga ringan secara rutin selama 30 menit, setidaknya lima kali dalam satu minggu.

Jika Sunners melakukan olahraga renang tentunya akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kalian. Dengan berenang akan menjaga berat badan yang ideal dan membakar kalori tubuh. Selain itu, dapat menjaga kesehatan organ reproduksi seperti menjaga dan meningkatkan kesehatan sperma.

Coba deh bro buat jogging

Selanjutnya ada aktivitas berlari kecil atau sering disebut joging oleh sebagian besar masyarakat. Joging akan membantu Sunners untuk menurunkan lemak perut dan menjaga kebugaran jasmani. Dari hasil penelitian yang dilakukan, joging juga dapat membantu menjaga kesehatan organ reproduksi Sunners. Dengan melakukan joging, dapat meningkatkan kadar antioksidan untuk melindungi kualitas organ reproduksi khususnya sperma.

Angkat beban bisa jadi pilihan untuk membantu meningkatkan kesehatan reproduksi laki-laki

Aktivitas dengan mengangkat beban juga bisa meningkatkan kesehatan organ reproduksi Sunners. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa melakukan aktivitas angkat beban dapat menaikkan kadar testosteron dan sensitivitas insulin. Namun, aktivitas ini tidak dilakukan secara berlebihan, setidaknya dilakukan dua jam dalam satu minggu.

Males kena panas atau polusi? treadmill aja

Berikutnya ada treadmill atau dalam bahasa Indonesia dapat dikatakan mesin lari atau jalan (di tempat). Jenis olahraga ini juga mendukung dan menjaga kesehatan organ reproduksi laki-laki. Sunners bisa melakukannya sebanyak tiga sesi per 50 menit dalam satu minggu.

Dengan melakukan treadmill secara rutin, Sunners dapat menjaga kesehatan dan kualitas organ reproduksi, bahkan dengan kalian yang obesitas dan gaya hidup yang tidak aktif bergerak.

Selain bikin tenang, yoga bisa ningkatin kesehatan reproduksi laki-laki juga,lho

Olah tubuh yang satu ini mungkin jarang dilakukan oleh laki-laki khususnya remaja seperti Sunners. Bahkan, sama sekali tidak melakukan aktivitas yoga. Namun siapa sangka, beberapa gaya atau pose yoga dapat memperlancar peredaran darah. Tak hanya itu, yoga dapat menyeimbangkan zat kimia dalam tubuh yang akhirnya bisa meningkatkan hormon testosteron pada organ reproduksi laki-laki. Sebagai informasi, yoga merupakan latihan kardiovaskular yang dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara utuh.

Selamat berolahraga demi menjaga kesehatan reproduksi laki-laki kamu

Olahraga dapat membantu kamu meningkatkan kesehatan reproduksi, pict by canva.com

Itulah jenis olahraga yang dapat Sunners lakukan untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan organ reproduksi kalian. Walaupun olahraga itu penting, namun perlu diingat untuk tidak melakukan olahraga secara berlebihan. Justru dapat membuat Sunners mengalami masalah kesehatan daripada manfaatnya.

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 556
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?