Majalah Sunday

Hobi Motret? Teknik Dasar Fotografi
Ini Wajib Kalian Kuasai!

Penulis: Fidya Damayanti – Universitas Negeri Jakarta

Siapa yang hobinya motret-motret? Senja dikit jepret, makanan datang jepret, bahkan nemu pemandangan gedung kota yang keren dikit langsung jepret. Ayo kumpul! Hobi kita sama nih Sunners! Insting jepret-jepret tadi mungkin saja jadi pemicu kalian buat masuk ke ranah fotografi, tapi kalian udah kenal sama teknik dasar fotografi belum? Yuk pelajari bersama!

Teknik Dasar Fotografi

Yuk Belajar Teknik-Teknik Dalam Fotografi, pict by canva.com

Sebelumnya Sunners tau gak sih apa itu fotografi? Pengertiannya gak sesimpel motret pemandangan alam aja loh! Tapi mengambil gambar atau foto dari sebuah objek melalui media yang dapat menangkap pantulan cahaya dari objek itu sendiri. Artinya fotografi merupakan kegiatan memotret sebuah objek lewat pantulan cahaya yang nantinya akan menghasilkan sebuah karya dan bisa cuan juga nih Sunners!

Contoh sederhana dari penjelasan fotografi di atas adalah objek di depan kita ada sebuah taman bunga yang mana pada sore hari dihiasi dengan lampu-lampu kota dan mentari senja. Kegiatan fotografi dapat dilakukan jika Sunners dapat menggunakan media yang dapat menangkap objek taman bunga tadi, yaitu kamera. Kenapa harus melalui cahaya? Karena kalau tamannya gelap, maka objeknya gak akan keliatan dan tertangkap oleh kamera.

“Mau coba tapi kameranya harus yang gede itu ya kak?”

Ets! Gak harus kamera profesional seperti Nikon, Canon, dan kamera DSLR atau SLR lainnya ya! Sunners bisa mempelajari fotografi hanya lewat ponsel yang kalian pegang sekarang, bahkan dijaman sekarang ini banyak kok karya seni fotografi yang dihasilkan hanya melalui media ponsel. Nah, jadi jangan minder atau pesimis ya! Biar hasilnya makin keren dan ala-ala profesional, kalian bisa pelajari teknik dasar fotografi dari kami nih!

Macam-Macam Teknik Dasar Fotografi

Sunners minder karena cuman punya ponsel dan itu pun kameranya biasa aja? Tenang aja! Memang kualitas itu mempengaruhi hasil, tapi hal yang terpenting sebelum memikirkan hasil adalah mencoba! Sunners harus percaya diri dan berani dalam memotret suatu objek maupun momen.

Tidak perlu mengkhawatirkan hasilnya karena karya fotografi kalian akan dinilai baik juga bila teknik yang digunakan itu benar loh! Percuma dong kalau kamera bagus dan kualitasnya terjamin, tapi teknik yang digunakan asal-asalan? Maka hasil dari tangkapan fotonya nanti objek terpotong, tidak rapih atau miring, terlalu gelap atau terang, dan sebagainya.

Maka dari itu, Sunners perlu banget nih belajar teknik-teknik dibawah ini untuk mempertajam pemahaman kalian tentang fotografi dan mencoba untuk menghasilkan karya terbaik kalian!

1. ISO, Shutter Speed, dan Aperture

Tiga sejoli ini tidak bisa dipisahkan dalam fotografi karena semua teknik akan berkaitan dengan mereka dan membutuhkan bantuan mereka. Sunners belum kenal? Yuk kenalan dari ISO. Kita dapat mengatur cahaya menggunakan ISO, artinya semakin tinggi angka ISO di kamera kalian maka cahaya yang masuk ke dalam kamera akan besar atau terang. Sebaliknya, bila angka ISO rendah maka cahaya yang masuk ke kamera kalian akan kecil atau gelap.

Selanjutnya adalah shutter speed yang cukup sulit buat Sunners yang suka grogi. Shutter speed kaitannya erat dengan efek blur dan freezing. Umumnya shutter speed ditampilkan dalam hitungan detik dan pecahan detik, seperti 2.4s, 1.6s, 1s, 1/4s, 1/6s, 1/10s, 1/30, bahkan 1/1000s.

Semakin kecil angkanya (ke kanan) maka kamera kalian bisa menangkap objek yang bergerak dengan cepat dengan tajam, tapi pencahayaan gelap, sedangkan angka yang besar (ke kiri) tidak dapat menangkap objek yang bergerak cepat sehingga menimbulkan efek blur dengan pencahayaan yang terang.

Terakhir adalah aperture (f) atau biasa disebut diafragma yang dapat mengatur keburaman pada objek atau background. Penulisan aperture sendiri adalah f/1.5, f/2.5, f/3.5 hingga f/25. Bila angka aperture kecil maka disebut aperture besar dan menghasilkan gambar yang objeknya fokus dan background blur, sedangkan angka aperture besar sebaliknya.

Teknik Dasar Fotografi

Kenalan Dulu Sama ISO, Shutter Speed, dan Aperture, pict by canva.com

2. Komposisi atau Framing

Teknik dasar pertama ini penting banget buat di pahami karena berkaitan dengan objek apa nih yang menjadi target Sunners. Semisal di sebuah taman, maka banyak sekali objek-objek yang ada di sana dan tidak mungkin Sunners langsung motret tanpa memperhatikan komposisi dan frame dari kamera kalian.

Jadi, Sunners harus membagi objek mana saja yang bisa masuk ke dalam frame dan atur komposisinya agar semuanya tidak terpotong. Bila kalian ingin fokus pada beberapa objek saja, maka gunakan fitur zoom in dan zoom out agar objek yang ada di dalam frame kamera kalian terlihat jelas dan tidak terganggu oleh objek lain.

Selain itu, Sunners harus peka dengan tingkat pencahayaan dan letak objek tersebut. Jangan sampai terlalu gelap atau posisi objek tidak sinkron alias miring ya Sunners! Kalau posisi objek sudah keren tapi pencahayaan terlalu terang, maka kalian bisa gunakan fitur ISO yang sebelumnya sudah dijelaskan.

Teknik Dasar Fotografi

Pelajari Komposisi Dalam Frame Kamera Agar Objek Terlihat Teratur, pict by canva.com

3. Depth of Field (DOF)

Teknik DOF mengandalkan aperture pada kamera Sunners nih! Jadi kalian harus sering memainkan aperture dan peka terhadap tingkat ketajaman dalam objeknya. Biasanya teknik DOF sering disamakan dengan efek bokeh.

Kalau Sunners mau mengambil objek bunga di rerumputan, maka teknik DOF akan membantu kalian untuk menangkap gambar bunga yang tajam dan menonjol. Tenik DOF sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu DOF depan, DOF tengah, dan DOF belakang.

Teknik Dasar Fotografi

Contoh Memotret DOF, pict by canva.com

4. Bluring, Panning, dan Freezing

Kalau sebelumnya DOF mengandalkan aperture pada kamera, maka ketiga teknik dasar fotografi ini harus menggunakan shutter speed. Susah gampang dalam mempelajari ketiga teknik ini karena Sunners harus menangkap objek yang bergerak tapi harus tetap bagus.

Teknik bluring sering kali digunakan bersama tripod agar stabil dengan angka shutter speed yang besar. Kalau panning berkaitan dengan pergerakan objek yang dibarengi dengan pergerakan kamera kalian sehingga menghasilkan background yang motion blur, tetapi objek yang tajam. Terakhir adalah freezing yang mana menggunakan angka shutter speed yang kecil agar dapat menangkap objek yang bergerak cepat tanpa blur sama sekali.

Teknik Dasar Fotografi

Salah Satu Hasil Foto Dari Teknik Freezing, pict by canva.com

5. Lighting

Menguasai teknik lighting atau pencahayaan juga gak kalah pentingnya loh Sunners! Tanpa cahaya maka objek yang akan kita tangkap tidak akan terlihat jelas, bahkan bila tertalu terang juga tidak baik dan malah bikin sakit mata. Nah, mengatur pencahayaan seperti tingkat cahaya, sumber cahaya, dan posisi cahaya dapat menghasilkan karya fotografi yang menarik.

Dengan menguasai ISO, shutter speed, dan aperture, maka kalian akan dengan mudah mengatur tingkat pencahayaan agar tidak under maupun over. Bila Sunners berada di tempat dengan keadaan pencahayaan yang kurang, kalian bisa gunakan sumber cahaya lain seperti flash light atau lighting kit lainnya. Namun, Sunners harus peka juga ya dengan arah datangnya cahaya agar hasil foto kalian juga maksimal dan memiliki efek yang keren.

Teknik Dasar Fotografi

Belajar Teknik Lighting, pict by canva.com

Sudah Paham Teknik? Yuk Hunting Foto!

Sunners tertarik dengan fotografi jurnalistik? Maka kalian akan bertemu dengan human interest nih! Biasanya objek dalam gaya fotografi ini adalah manusia yang menonjolkan sisi emosi yang mengundang empati bagi orang lain.

Human Interest cukup luas karena tidak hanya memotret manusia saja, melainkan memiliki makna emosi yang dalam dan dipadukan teknik lainnya seperti DOF agar objek berupa manusia lebih menonjol. Sunners harus peka dan pandai dalam mencari momen dari human interest agar terlihat natural dan maknanya sampai pada penikmat karya.

Teknik Dasar Fotografi

Teknik Human Interest Dengan Point of View Seorang Kakek Tua yang Lelah, pict by canva.com

Kalau tadi motret manusia dengan makna yang cukup mendalam dan Sunners pengen sekalian cari cuan, mungkin bisa kepoin fotografi modeling. Dalam gaya fotografi ini, Sunners harus berani dan jangan grogi ya karena modelnya cantik dan ganteng. Perhatikan juga pencahayaannya dan tunjukkan teknik lighting dan DOF kalian biar makin keren!

Teknik Dasar Fotografi

Modeling Photography, pict by canva.com

Bosen motret manusia? Landscape solusinya! Gaya fotografi ini menangkap objek berskala luas, yaitu pemandangan alam tanpa penampakan kegiatan manusia loh! Jadi, foto landscape ini harus memiliki komposisi yang bagus. Ketajaman dari objek harus jelas, sehingga kalian butuh teknik lain seperti DOF dan atur kembali ISO, shutter speed, serta aperture-nya ya!

Teknik Dasar Fotografi

Pemandangan Alam Menjadi Daya Tarik Bagi Fotografer, pict by canva.com

Sebenarnya masih banyak teknik dasar fotografi yang dapat membantu Sunners dalam memotret. Namun, untuk sekarang kalian bisa nih pelajari beberapa teknik di atas dan coba hasilkan karya fotografi kalian. Mungkin dengan banyak berlatih, maka kepekaan Sunners terhadap cahaya dan momen di lingkungan sekitar akan meningkat. Tentunya makin semangat buat jepret-jepret!

Sunners masih bingung buat belajar teknik fotografi lewat ponsel? Baca juga Fotografi Tanpa Kamera SLR

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 122
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?