WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Fotografi Tanpa Kamera SLR

Kamera single lens reflect yang kerap dipake fotografer profesional mungkin harganya cukup mencekik urat bagi kita anak-anak SMA. Tapi jangan sampe hal itu menghalangi niat kita untuk lebih mengenal fotografi, guys. Inilah tips en trik menghasilkan karya foto yang maksimal dengan kamera pocket atau bahkan kamera handphone!

Vertikal vs Horisontal
Apapun alatnya, saat kamu ingin menghasilkan foto yang kesannya gagah/keren, atau kalau kamu pengen bikin objek foto kamu kelihatan lebih tinggi dari aslinya, berdirikan posisi kameramu sehingga framingnya menjadi horisontal. Tapi saat kamu ingin memicu kesan damai atau ‘adem’ di benak pengamat fotomu, pakailah frame vertikal. Makanya, jenis framing ini sering kita lihat untuk potret pemandangan alam seperti pantai atau gunung.

Framing Diagonal
Nah selain vertikal dan horisontal yang cukup umum, ada juga variasi lain yang tidak keduanya- miringkan sedikit kameranya dan voila, kamu punya frame diagonal! Nah, framing diagonal ini seru untuk foto-foto objek yang sedang bergerak untuk kesan enerjik. Coba deh, foto konser di pensi sekolahmu pakai framing ini.

The Rule of Third
Inilah salah satu prinsip paling dasar dari fotografi. Saat membidik sebuah objek untuk difoto, perhatikan gambar yang muncul di layar kamera saku atau ponsel kamu. Bayangkan dua garis vertikal dan horisontal membentang di sana sehingga ada 9 kotak sama besar. Nah, objek yang ingin ditonjolkan dalam foto kamu harus berada di titik pertemuan garis-garis itu.

Cahaya
Fotografi pada dasarnya adalah membuat lukisan dengan cahaya- nah makanya kalau kameramu tidak memiliki flash yang memadai, gunakan ‘flash’ yang paling keren, murah dan tersedia di mana-mana: sinar matahari! Aturlah waktu pemotretanmu. Tips lebih detail mengenai cahaya akan dijelaskan lebih detail oleh salah satu narasumber Sunday di bawah.

Head Room
Jadi ceritanya satu kali kita dapat kesempatan memotret salah seorang seleb favorit kita. Sebelum bikin foto-foto untuk dipamer di jejaring sosialmu, pastikan kamu menjepret foto yang kelihatan ‘pro’ meski mungkin kamu hanya pakai handphone. Perhatikan prinsip ‘head room’: kasih jarak antara ujung kepala orang itu sama frame atas kameramu. Jangan sampai kejauhan, jangan sampai kemepetan apalagi nabrak! Selain itu pastikan posisi mata orang itu sudah pas dengan prinsip rule of third tadi.

pictures courtesy of Joshua Gorman Foundation and University of Texas Fotografi Tanpa Kamera SLR

 

pictures courtesy of Joshua Gorman Foundation and University of Texas Fotografi Tanpa Kamera SLR

 

pictures courtesy of Joshua Gorman Foundation and University of Texas Fotografi Tanpa Kamera SLR

Leave A Comment