WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Fikom Expo 2021: DARE ON [Develop and Rise Entrepreneurship in Communication]

Pada hari Jumat-Minggu (7-9 Mei 2021), Majalah Sunday meliput kegiatan Fikom Expo 2021 yang diadakan oleh BEM Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara (BEM Fikom Untar).

Kegiatan terlaksana dengan lancar dan meriah, dimulai dengan kegiatan utama yaitu talkshow dengan menghadirkan berbagai narasumber, special performance, mini games dengan membagikan doorprize berupa e-money & barang, dan diakhiri dengan kegiatan Charity ke Panti Asuhan Hati Bangsa, Jakbar. Acara disiarkan secara langsung selama 2 hari (7&8 Mei 2021) melalui kanal youtube BEM Fikom Untar Official, kemudian di tanggal 9 Mei 2021 beberapa panitia berkunjung ke Panti Asuhan Hati Bangsa. Sebelum kegiatan berlangsung, seluruh panitia dan media yang hadir sudah melakukan swab antigen serta mengikuti protokol Kesehatan secara tertib. Fikom Expo 2021 mengangkat tema Dare On – Develop and Rise Entrepreneurship in Communication dengan maksud dan tujuan untuk menumbuhkan jiwa-jiwa entrepreneur dengan memberikan edukasi berupa skill dan pengalaman dari ilmu komunikasi yang dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan sebuah bisnis di tengah situasi pandemik saat ini. Dalam acara ini, BEM Fikom Untar berkolaborasi dengan Lembaga Unit Kegiatan Mahasiswa di Fakultas Ilmu Komunikasi (UKMF) Universitas Tarumanagara. Lembaga yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini antara lain PRO, Creadzy, I-focus, Oranye, dan TV Fikom. 

Acara hari pertama (7 Mei 2021) dimulai oleh MC kemudian berlanjut dengan pemberian kata sambutan oleh Ketua Pelaksana Fikom Expo 2021 – Wiliams Prasetyo, Pembina Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara – Nigar Pandrianto, S. Sos., M. Si., dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara – Dr. Can. Yugih Setyanto, S. Sos., M. Si. 

Narasumber yang mengisi sesi memiliki latar bidang yang berbeda, mulai dari bidang Public Relations, Advertising, Fotografi, dan Jurnalistik (media & TV). Di setiap harinya, panitia menyediakan waktu untuk break. Acara dilanjutkan dengan sesi materi pertama dari UKMF Ifocus. Sesi ini diisi oleh Denny Lontoh, S. E., Ak sebagai narasumber. Beliau merupakan Sony Alpha Guru of Sony Indonesia, dan Founder of delontphotoholic & 29dstudio. 

Kemudian dilanjutkan ke sesi UKMF Creadzy dengan menghadirkan Faisal Latif yang berprofesi sebagai Rasamala Producer untuk mengisi materi. Di setiap sesinya disediakan sesi tanya jawab dan special performance dari tiap UKMF. Acara berlanjut ke sesi terakhir di hari pertama dari UKMF PRO. Sesi ini diisi oleh Ratu Ommaya selaku PR & Community Manager The Body Shop Indonesia. Setelah sesi selesai, acara hari pertama ditutup dengan meriah oleh penampilan dari Ringgo 5. 

Kemudian acara di hari kedua (8 Mei 2021) dimulai dengan sesi yang dibawakan oleh UKMF Oranye. Sesi ini menghadirkan Asnil Bambani Amri yang merupakan Ketua AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Jakarta. Setelah materi selesai disampaikan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, mini games, dan special performance. Acara dilanjutkan dengan sesi UKMF TV Fikom yang dibawakan oleh Ebnu Yufriadi, seorang Eksekutif Produser Kompas TV. Di hari kedua, acara ditutup dengan meriah oleh penampilan dari Willy Anggawinata.

Rangkaian acara berlanjut keesokan harinya dengan after event yaitu Charity dengan tema One Fine Day ke Panti Asuhan Hati Bangsa, Jakbar. Panitia sudah menyiapkan bahan baku yang dibutuhkan dan sejumlah donasi yang sudah terkumpul. Seluruh donasi diberikan secara langsung oleh panitia kepada pihak Panti Asuhan Hati Bangsa. 

 

Seluruh rangkaian acara Fikom Expo 2021 dari tanggal 7 sampai 9 Mei 2021 berjalan dengan meriah dan lancar. Walaupun peserta tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan narasumber, setiap sesinya tetap seru dan antusias audience tinggi. Fikom Expo merupakan kegiatan penutup periode BEM Fikom Untar, masih banyak kegiatan yang menanti di periode BEM Fikom Untar selanjutnya!.

 

Penulis: Wiliams Prasetyo, Universitas Tarumanagara

Leave A Comment