WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Etika Dalam Event Online: Peserta dan Panitia Wajib Tahu!

Sunners, sejak adanya pandemi COVID19 dan diberlakukannya PSBB hingga PPKM… Kita jadi mengadaptasi kebiasan baru,

segala aktivitas via online agar mencegah penyebaran virus terkendali. Tahukah Sunners, dalam melakukan event online pun, tetap ada etika yang harus kita ikuti!

Ada beberapa peraturan mendasar dalam mengadakan Event online, aturan-aturan tak tertulis ini diperlukan agar alur komunikasi dan materi dalam event dapat disampaikan dengan baik. Sejatinya, etika dalam event online tidak jauh berbeda dengan yang berlaku pada sebuah seminar atau grup diskusi. Namun, terdapat beberapa perbedaan untuk mengakomodasi penggunaan media online.

Nah Sunners, agar kita bisa serap semua materi dengan efektif, berikut etikanya:

Untuk Penyelenggara :

1. Buat Perencanaan 

Green Note Card and Four Scrabble Tiles on Gray Surface

Perencanaan yang kamu buat harus matang karena sangat penting dengan membuat tujuan dan konsep seperti jumlah target peserta, cara mempromosikan event, dll

2. Pilih waktu dan durasi yang tepat

person holding white mini bell alarmclock

Memilih waktu dan durasi yang tepat seefisien mungkin karena tidak semua peserta hadir akan betah berlama-lama di depan laptop atau hp. Hargai juga waktu yang disediakan peserta, jangan sampai eventmu dimulai terlambat jauh dari waktu yang tertera di poster.

3. Promosi 

Melakukan promosi ke media sosial atau email agar peserta tertarik dan banyak yang hadir dalam event online yang kita buat.

 

Untuk Peserta 

1. Datang tepat waktu

analog clock at 12 am

 

Untuk kamu yang mengikuti event secara online di usahakan hadir tepat waktu, karena kalau kamu terlambat bisa ketinggalan materi atau informasi.
 

2. Mematikan/menyalakan mic dan kamera

black and gray audio mixer

Sunners pasti tau kan, etika ini biasanya yang kerap dilupakan hal ini cukup penting karena mic yang menyala mengganggu aktivitas komunikasi yang sedang berlangsung. Kamu bisa menyalakan mic apabila diberi kesempatan untuk bertanya. Dan jika panitia memintamu menyalakan kamera atau memakai background tertentu, sebisa mungkin ikutilah.

3. Berikan feedback

Feedback, Confirming, Board, Blackboard, Chalk, Font

Dalam memberikan feedback kamu sangat membantu penyelenggara dalam menyempurnakan kegiatan dan kebutuhan kepada audience. Jangan diremehkan, masukan darimu sangat berarti. Walau biasanya form feedback baru dibagi di akhir acara, tetaplah tekun mengisinya.

Itulah etika yang perlu kamu ketahui, agar kegiatan yang kamu lakukan lebih kondusif dan bermanfaat. Good luck!

Penulis : Lia Kurnianingsih – Universitas Tama Jagakarsa

Leave A Comment