WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Tips Mengatasi Sikap Posesif Dengan Pasangan

Hai Sunners, pernah merasa posesif dengan pasangan? Perasaan ini normal terjadi dalam setiap
hubungan asmara.

 

Namun, hal yang paling berbahaya adalah ketika kamu bersikap posesif secara berlebihan dan tidak sadar dengan apa yang kamu lakukan. Bila terlalu sering posesif dengan pasangan, bukan hanya diri kamu yang terluka tetapi juga
pasangan, lho. Bisa-bisa malah pasangan yang akan lari dari hidup kamu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika merasa posesif.

1. Lupakan masa lalu

Mungkin kamu pernah dibohongi atau diselingkuhi pada hubungan sebelumnya, namun kamu perlu memaafkan dan melupakan kejadian di masa lalu tersebut. Ingat, terus-terus mengingat hal yang menyakiti hati di masa lalu hanya akan membuat hubungan sekarang makin terluka. Pasangan sekarang adalah orang yang berbeda dengan mantan kamu. Fokuslah pada hubungan saat ini.

 

2. Jangan sombong

Semakin kamu khawatir pasangan tidak mencintai kamu dan tidak jujur, maka semakin hal tersebut akan terjadi dan bisa mendorongnya untuk pergi. Tidak ada yang mau Bersama orang yang selalu membutuhkannya setiap saat. Jadi, jangan menumpuk semua semua ketakutan dan kekhawatiran cinta pada pasangan kamu. Percaya bahwa pasangan memilih berhubungan dengan kamu karena ada kelebihan kamu yang disukainya dan bersyukurlah atas hal tersebut.

 

3. Hilangkan rasa ketergantungan dengan pasangan

Orang yang posesif cenderung selalu merasa tergantung pada pasangannya. Cobalah luangkanlah waktu untuk diri sendiri. Ajak temanmu hangout, nonton film di bioskop, atau shopping. Dengan begitu kamu sadar bahwa ada kehidupan yang lebih luas di luar sana. Dengan menikmati hidup kamu sendiri, mulai dari pekerjaan, hobi, dan pertemanan, maka kamu bisa menjadi orang yang lebih menarik dari pada pasangan. Penting untuk menghabiskan waktu Bersama, tetapi penting juga untuk membuat diri sendiri menjadi senang dan Bahagia.

4. Hilangkan Pikiran Negatif

Focus untuk melepaskan perasaan dan pikiran negatif terhadap pasangan dan diri sendiri.
Mengurai pikiran negatif bisa membuatmu lebih santai dalam menjalani sebuah hubungan.

5. Buanglah Rasa Takut dan Ketidakpercayaan dalam Dirimu Belajarlah menghargai diri sendiri dan anggaplah dirimu istimewa untuk dirimu sendiri.

Dengan menghargai diri sendiri, akan timbul rasa percaya diri dan kamu akan merasa yakin bahwa pasanganmu akan mencintaimu karena ada sesuatu yang spesial di matanya.

 

Selain kelima hal di atas, hal yang paling penting adalah keterbukaan. Ceritakan tentang masa lalu yang membuat kamu sulit mempercayai dan katakan apa yang kamu rasakan. Jika kamu jujur dan terbuka tentang hal-hal yang mengganggu, maka pasangan yang baik tidak akan ragu untuk membantu kamu agar bisa berhenti dari sikap posesif ini.

 

Penulis: Juliano Nakahar Pangestu – Universitas Tama Jagakarsa

Leave A Comment