WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Coronasomnia, Musuh Jam Tidur Saat Pandemi

Hai, Sunners! Siapa yang jadwal tidurnya berantakan sejak aktivitas daring? Jangan khawatir, kamu gak sendirian, kok! Artikel ini bakal membantu kamu untuk mengatasi susah tidur kamu di tengah pandemi.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok kita sebagai makhluk hidup. Kita semua sudah tahu kalau manusia membutuhkan waktu setidaknya 7 sampai 8 jam untuk tidur. Tetapi, di masa pandemi ini tidak sedikit orang yang mengalami gangguan tidur. Proses adaptasi terhadap kebiasaan baru menjadi pemicu stres yang menimbulkan kesulitan tidur. Selain itu, mengkhawatirkan kesehatan orang-orang terkasih juga dapat memicu stres mengalami peningkatan. Padahal, stres dan khawatir yang berlebihan juga dapat menurunkan sistem imun tubuh loh, Sunners.

Coronasomnia itu apa, sih?

Coronasomnia adalah insomnia yang disebabkan oleh stres di tengah pandemi. Kita semua pasti lelah banget denger berita Covid-19 yang tak kunjung usai. Setiap ada berita terupdate terkait kasus baru atau korban yang berjatuhan, membuat kita merasa was-was, tertekan, bahkan kesulitan tidur.

Dikutip dari www.sleepfoundation.org, Coronasomnia ditandai dengan peningkatan masalah tidur selama pandemi, serta gejala kecemasan, depresi, dan stres. Sementara insomnia sering dikaitkan dengan kecemasan dan depresi, coronasomnia berbeda dari insomnia biasa karena terkait dengan pandemi COVID-19.

Bagi banyak orang, gejala coronasomnia ini dimulai atau meningkat selama masa pandemi. Selain itu, perubahan rutinitas sehari-hari, konsumsi media yang meningkat, serta gaya hidup yang unik selama pandemi global juga menjadi pengaruh dari coronasomnia ini. Dr. Singh telah merangkum stresor ini ke dalam perangkat mnemonik “FED UP”:

Financial stress (Tekanan keuangan)

Emotional stress (Stres emosional)

Distance from others (Jarak dari orang lain)

Unpredictability (Ketidakpastian)

Professional concerns (Kekhawatiran professional)

Lalu, gimana dong solusinya?

Dikutip dari akun Twitter resmi Kemkominfo, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia di tengah pandemi:

  1. Pastikan mendapatkan paparan sinar matahari pagi setelah bangun tidur
  2. Berolahraga di pagi hari atau 3 jam sebelum tidur.
  3. Jernihkan pikiran. Tuangkan apa saja yang Anda pikirkan dalam tulisan selama 10 menit dan lakukan 1 jam sebelum tidur di luar kamar.
  4. Hindari menonton berita berita sebelum tidur. khususnya terkait pandemi.
  5. Gunakan suara untuk merelaksasikan pikiran. Lakukan meditasi dengan bantuan aplikasi.
  6. Jangan mengkonsumsi alkohol maupun kafein.

 

Untuk kamu yang sedang mengalami kesulitan tidur, selamat mencoba ya, Sunners! Tetap jaga imun dan patuhi protokol kesehatan. Ingat, kesehatan kamu penting banget, loh.

 

Penulis: Melania Seventina, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment