WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara Merespon Teman dengan Gangguan Down Syndrome, Gimana ya?

Sunners, di sini ada yang tau gangguan DS atau Down Syndrome ga sih? Apa sih Down Syndrome itu? Dan gimana sih seharusnya kita merespon teman atau orang lain dengan gangguan tersebut? Yuk Sunners mari merapat!

Sebelum itu, ada baiknya kita mengenal lagi ya Sunners, pengertian dari down syndrome dan ciri-ciri orang yang mengidap down syndrome. Down syndrome sendiri merupakan adanya gangguan genetik yang menyebabkan seseorang dengan kemampuan belajar yang berbeda dan ciri-ciri fisik yang berbeda. Penyebab utama dari down syndrome ini adalah kelainan kromosom. Nah, berikut ini adalah 5 ciri-ciri seseorang mengalami gangguan down syndrome:

  • Sudut mata miring ke atas dan ke luar
  • Tangan lebar dengan ukuran jari yang pendek
  • Memiliki tulang hidung yang rata dan kecil
  • Memiliki mulut kecil
  • Mempunyai ukuran kepala lebih kecil

Nah, setelah membaca ciri-ciri di atas, kira-kira Sunners pernah bertemu dengan orang yang memiliki gangguan down syndrome ga nih? Tapi bingung gimana untuk merespon atau berinteraksi dengan mereka? Kalau jawaban kamu iya, berikut ini ada tips loh untuk merespon orang yang memiliki gangguan tersebut:

  • Bertanya kepada mereka sebelum langsung membantu

Terkadang, memiliki Down Syndrome tidak selalu berarti mereka mau dan butuh bantuan loh Sunners! Maka dari itu, sebelum langsung membantu ada baiknya kita bertanya dulu.

  • Berpikir sebelum berbicara

Saat berbicara dengan mereka, ingat untuk menggunakan people-first language, maksudnya dengan menyebut orang, baru kondisinya dalam kalimat. Misalnya, “individu dengan Down Syndrome” atau “pengguna kursi roda”.  

  • Tidak memperlihatkan iba

Ketika kita berinteraksi dengan penyandang Down Syndrome, sebaiknya kita memperlakukan mereka dengan sesuai, seperti beri mereka waktu untuk berkomunikasi, hormati mereka dengan tidak berusaha untuk menyelesaikan ucapannya, dan usahakan posisi mata kita sejajar dengan mereka. Selain itu, bicara langsung kepada mereka jangan pada pendampingnya. 

Itu dia beberapa tips yang bisa diperhatikan ketika Sunners memiliki rekan atau pernah bertemu dengan penyandang Down Syndrome. Tetapi hal utama yang perlu diingat yaitu memperlakukan mereka layaknya kita berinteraksi dengan orang lain pada umumnya dan memperlakukan mereka sebagaimana kita ingin diperlakukan ya, Sunners!

Editor: Jennifer Lauren – Universitas Tarumanagara

Leave A Comment