WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Tips Hemat Mengatur Keuangan Untuk Pelajar

Masalah keuangan sudah menjadi permasalahan setiap orang baik tua maupun muda, terutama bagi para pelajar yang kebanyakan hanya memiliki pemasukan dari uang saku yang diberikan orang tua. Bagi pelajar yang ingin mendapatkan uang saku lebih, menabung dan bekerja paruh waktu adalah cara paling efektif agar bisa mendapat penghasilan tambahan.

Nah Sunners, sebagai pelajar dengan uang saku yang pas-pasan kita harus berhati-hati dalam menggunakan uang itu. Apalagi dengan banyaknya godaan fashion, makanan, atau bahkan game yang kadang membuat kita setengah sadar langsung menghabiskan uang bulanan. Berikut beberapa tips mengatur keuangan untuk para pelajar.

 

  • Membuat catatan keuangan

Hal pertama yang harus Sunners biasakan adalah mencatat segala pengeluaran dan pemasukan keuangan Sunners. Hal ini akan membantu Sunners dalam mengetahui berapa uang yang sudah terpakai, apa saja yang dibeli, dan mengetahui bagian mana yang terlalu menghabiskan uang, sehingga Sunners dapat melakukan evaluasi penghematan.

 

  • Membagi antara kebutuhan dan keinginan

Sebagai pelajar dengan uang saku yang pas-pasan, Sunners harus bisa membedakan mana yang kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal-hal yang membantu Sunners terus hidup, seperti makanan, kebersihan, internet, dan juga edukasi. Sedangkan keinginan adalah hal-hal yang membuat hidup Sunners menyenangkan, seperti membeli makanan mahal di mall, membeli barang hanya untuk ikut-ikutan trend, atau sering nongkrong di cafe.

 

  • Punya tujuan

Dengan adanya tujuan menabung, Sunners akan semakin mudah dalam mengatur keuangan karena Sunners akan lebih was-was untuk mengeluarkan uang untuk hal selain tujuan tersebut. Contohnya seperti ada baju/game yang Sunners inginkan namun merasa malu untuk meminta kepada orang tua. Nah, Sunners bisa jadikan baju/game tersebut sebagai tujuan akhir.

 

  • Membandingkan harga

Demi menghemat pengeluaran, Sunners bisa coba berbelanja dengan hati-hati dan teliti dalam melihat harga yang ada dipasaran. Karena banyak toko memiliki barang yang sama, merek yang sama, namun dengan harga yang berbeda. Sunners juga bisa memanfaatkan diskon di suatu toko atau menanyakan adanya potongan harga, tidak perlu malu karena itu adalah hak konsumen saat berbelanja.

  • Gunakan rumus

Tenang aja Sunners rumusnya mudah kok, nggak kayak rumus fisika yang buat pusing. Dicatat ya Sunners!

N (Need): Kebutuhan

W (Want): Keinginan

S ( Save): Tabungan

Buat yang cari aman, Sunners bisa pakai konsep 50/30/20

N = 50% 

W = 30%

S = 20%

Buat yang pengen senang-senang dalam hidupnya, Sunners bisa pakai konsep 10/80/10

N = 10%

W = 80%

S = 10%

Buat yang berambisi di masa depannya, Sunners bisa pakai konsep 10/10/80

N = 10%

W = 10%

S = 80%

 

Nah Sunners, itu tadi beberapa tips mengatur keuangan bagi para pelajar. Semoga Sunners bisa menerapkannya dan dapat bermanfaat bagi masa depan keuangan Sunners semuanya!

 

Penulis: Sulthan/SMKN 67 Jakarta

Leave A Comment