WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Bongkar Mitos-mitos Menstruasi Yuk!

Hi Sunners! Kalian pasti udah gak asing lagi kan dengan yang namanya menstruasi? Yup, menstruasi atau haid atau kadang juga disebut sebagai datang bulan adalah pendarahan uterus secara periodik dan siklus yang normal terjadi pada wanita yang telah puber.

Wanita sendiri pun mengalami puber di usia yang berbeda-beda. Ada yang umur 9 tahun sudah puber, 12 tahun sudah puber, bahkan 17 tahun baru puber juga nggak jarang kita temukan.
Pengertian pubertas merupakan masa di mana seorang anak mengalami perubahan yang ditandai dengan mulai aktifnya organ seksual di tubuhnya. Proses ini terjadi karena perubahan hormon, dan umumnya mulai terjadi saat anak memasuki usia remaja. Kalau untuk anak perempuan biasanya dimulai dari usia 9 hingga 14 tahun. Meski begitu, pubertas juga bisa terjadi terlambat atau bahkan lebih awal.
Biasanya apa sih yang berubah kalau misalnya seorang anak mengalami pubertas? Pertama-tama adalah dari postur tubuh. Biasanya postur tubuh jika anak mengalami pubertas mengalami perubahan. Misalnya, berat badan naik sehingga anak menjadi tambah gemuk, ada juga yang tinggi badannya bertambah. Anak perempuan biasanya mulai mengalami pembesaran pada payudaranya, muncul jerawat, mengalami menstruasi, sedangkan di perempuan maupun laki-laki, bulu ketiak dan rambut kemaluan mulai tumbuh, dan juga aroma badan yang mulai berubah.
Nah, menstruasi itu sendiri merupakan bagian dari pubertas lho. Kalau kalian mulai ngalamin menstruasi sejak umur berapa nih guys? Tentunya, sejak awal kalian menstruasi pasti sering banget nih denger-denger omongan dari orang-orang tentang menstruasi. Yuk, kita bahas mitos-mitos menstruasi yang sering orang bahas dan masih jadi perbincangan sampai saat ini.
  • Nggak Boleh Keramas

Pernah ga sih denger kalau katanya kalau lagi mens ga boleh keramas? Katanya kalau keramas kan kepala kita jadi basah dan dingin, sehingga membuat darah menstruasi kita membeku. Nah, sekarang kita cari tau yuk jawabannya. Berdasarkan Dr. Fadhli Rizal Makarim, dari situs Halodoc, ada seorang pasien yang menanyakan hal ini. Jawabannya dari dokter itu sendiri yaitu menstruasi dan keramas tidak ada hubungan yang saling terkait dari segi kesehatan. Menstruasi merupakan sebuah siklus bulanan yang dialami wanita. Kondisi ini terjadi karena sel telur yang dibuahi harusnya dapat menempel pada dinding rahim yang telah menebal. Namun, karena tidak ada pembuahan yang terjadi dinding rahim yang telah menebal akhirnya meluruh dan menimbulkan darah menstruasi. Dari organ yang terlibat di sini menunjukkan tidak ada keterkaitan dari segi kesehatan antara keramas dan menstruasi.
  • Nggak Boleh Minum Es

Katanya gaboleh minum minuman dingin saat menstruasi karena bisa membuat jadwal datangnya si tamu bulanan ini jadi terlambat. Hal tersebut karena minuman dingin dianggap dapat membekukan darah haid dan membuat dinding rahim mengeras. Faktanya, menstruasi berhubungan dengan sistem reproduksi wanita, sedangkan makanan dan minuman berhubungan dengan sistem pencernaan. Jadi, mengonsumsi minuman dingin tidak berpengaruh pada keterlambatan menstruasi seseorang. Menstruasi yang datang terlambat disebabkan oleh tiga hal, yaitu adanya masalah pada dinding rahim, masalah hormonal dari indung telur, dan masalah psikologis, seperti stres.

Normalnya Berapa Hari?

Kalau ngomongin siklus menstruasi, kalau kalian sendiri ngalamin menstruasi berapa lama dan berapa hari jeda siklusnya nih guys? Tau ga sih, siklus menstruasi itu normalnya 21 sampai dengan 35 hari. Hari pertama siklus menstruasi itu dihitung dari hari pertama kalian terakhir kali mengalami menstruasi. Lalu, hari terakhir siklus, dihitung dari hari pertama menstruasi kalian berikutnya. Kalau kalian ngalamin siklus kurang dari 21 hari dan lebih dari 35 hari, kalian wajib cek ke dokter ya guys. Untuk durasi harinya mengalami menstruasi itu sendiri adalah 3 hari sampai dengan 7 hari. Kalau kalian cuman 2 hari menstruasinya, atau sudah 8 hari menstruasinya ga berhenti henti, kalian juga wajib cek ke dokter untuk antisipasi apa yang terjadi dengan tubuh kalian.
Jadi gimana nih udah tahu kan sekarang sedikit info dari menstruasi? Semoga ilmu ini bisa membantu kalian semua yang mengalami menstruasi ya.
Oleh : Regina Apudan Kartini Sidebang, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment