WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ngobrolin Plus-Minus PPDB & PJJ di Tahun Ajaran Ini

Hi Sunners, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang masa-masa sekarang yang terjadi nihh. Seperti apa misalnya? Seperti PSBB, alias kewajiban jaga jarak dengan orang-orang sekitar karena masih adanya COVID19 ini dan PPDB yang tahun ini terasa ‘spesial’.

Waktu di awal-awal masa pandemi ini, kita diwajibkan untuk stay #dirumahaja, yang kerja jadi WFH (work from home), begitu juga dengan pelajar diberlakukan PJJ (pendidikan jarak jauh) atau pembelajaran mandiri, atau belajar online melalui media sosial dari rumah saja. Nah, di awal-awal diberlakukannya belajar mandiri atau belajar online ini, banyak pelajar yang senang karena belajar di rumah saja, tidak harus pergi ke sekolah ataupun ke kampus, tetapi semakin lama semakin ke sini, berbulan-bulan lamanya, kita kebanyakan sudah mulai jenuh dan mengeluh dengan sistem PJJ ini atau belajar mandiri di rumah saja.
Mengapa demikian? Nah kita akan bahas mengenai kekurangan dan kelebihan dari sistem belajar mandiri ini. Apa sih keuntungannya? Apa sih keluhan yang dirasakan pada kekurangan belajar online ini?

Kelebihan:
●Bagi mereka nih yang suka malas-malasan pergi ke sekolah atau ke kampus, mereka mungkin merasa beruntung atau senang dengan adanya belajar online di rumah saja, karena dengan demikian, mereka tidak perlu pergi berangkat ke sekolah pagi-pagi ataupun ke kampus, bukan?

● Tidak adanya limit waktu atau batasan waktu. Jadi maksudnya waktu memulai dan mengakhiri KBM (Kegiatan Belajar-Mengajar) tidak harus sesuai dengan jadwal normal, biasanya saat belajar online ini, tergantung ketersediaan waktu dari masing-masing yang akan disepakati bersama.
● Mempersingkat waktu. Ya ini terjadi karena mungkin ada beberapa faktor, salah satunya keterbatasan dalam paket internet. Dari pengalamanku pribadi, dosen cepat mengakhiri kelas agar tidak memakan paket data yang banyak.

● Keuntungan yang lain, kita bisa sambil santai saat belajar online loh, seperti bisa sambil rebahan dikit apalagi saat kelas pagi hihi😁 dan tidak perlu mandi dulu juga untuk memulai kelas, nggak seperti saat kita harus ke sekolah atau ke kampus, dan juga tidak perlu memakai baju atau seragam yang rapih-rapih, asal tetap sopan ya kalau sedang turn on camera saat kelas berlangsung😁

Nah itu seputar keuntungan atau kelebihan diberlakukannya PJJ atau belajar mandiri di rumah saja. Di samping itu, pastinya ada kelemahan atau keluhan saat belajar online, apakah kekurangannya akan lebih banyak atau tidak? Mari kita bahas satu per satu.

Kekurangan PJJ
● Adanya gangguan pada mood belajar karena sifat pembelajaran jarak jauh merupakan belajar mandiri, jadi tergantung motivasi dari masing-masing pelajar.

● Banyaknya kendala yang terjadi saat pembelajaran online,seperti contohnya gangguan pada sinyal yang tidak mendukung sehingga suara seperti putus-putus. Adanya gangguan pada perangkat dari beberapa orang, sehingga tidak bisa mengikuti kelas karena mungkin fasilitas yang kurang memadai.

● Pemahaman pembelajaran yang kurang didapat, mungkin ada beberapa tipe orang yang tidak bisa belajar seperti ini dan harus bertatap muka agar penjelasan yang bisa ditangkap oleh pelajar tersebut.
● Biaya yang dibutuhkan mahal, karena dengan belajar online ini kita juga membutuhkan paket data yang memakan cukup banyak kuota internet dari berbagai macam aplikasi video conference, seperti zoom, g-meet, dl, sehingga dengan ini mereka harus memiliki kuota yang lebih, apalagi ini diterapkan selama berbulan-bulan lamanya.

Pro-kontra PPDB Online
Nah, dari tadi kita ngomongin soal PJJ nih; selain itu,ada juga contoh fenomena yang lain yaitu tentang PPDB yang dilaksanakan secara online juga. Pastinya kalian tahu dong PPDB itu apa? Ya, PPDB itu masa pendaftaran bagi siswa-siswa baru yang mau masuk ke tingkat pendidikan yang baru yang lebih tinggi pastinya. Ada kelebihan dan kekurangan juga dari PPDB yang dilakukan secara online ini loh.

● Kelebihannya: Di masa yang serba online pastinya hampir semua orang sudah memegang internet apalagi zamannya smartphone. Jadi bagi mereka yang sedang mencari sekolah, memudahkan mereka mendaftar ke sekolah pilihan mereka tanpa harus mendatangi langsung ke sekolahnya karena cukup dilakukan melalui smartphone mereka.
● Kelemahannya: Beberapa masyarakat mungkin masih ada yang belum paham mengenai pemakaian internet atau kurang menguasai teknologi atau yang biasa kita bilang gaptek (gagap teknologi), dengan demikian itu akan mempersulit siswa dan orang tuanya dalam mengikuti PPDB secara online ini. Dan ditambah lagi biaya pemakaian internet yang menjadi beban mereka dalam PPDB online ini.

Mudah-mudahan masa sulit ini segera berakhir ya😇 agar kita semua pelajar-pelajar bisa beraktivitas normal kembali di sekolah ataupun kampus, tanpa kesulitan yang sedang dialami saat ini.

Stay Safe Everyone! Salam Sehat🤗💪🏻

Penulis : Alfa Raytama Rumopa, Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment