WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Apakah Kamu Memiliki Teman Toxic? Kenali Ciri-cirinya!

Hai Sunners! Tentunya dalam dunia pertemanan kita memiliki berbagai ragam teman yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Teman dan sahabat juga merupakan orang yang cukup penting dalam hidup kita dan dapat membuat hidup kita lebih berwarna. Namun, apakah Sunners tahu? Bahwa ada tipe pertemanan yang memberikan dampak buruk serta merugikan Sunners lho, seperti toxic friendship.

Toxic friendship adalah hubungan pertemanan yang membuat satu pihak merasa diserang, disalahkan, direndahkan, tidak didukung dan perilaku negatif lainnya yang dapat mempengaruhi harga diri, kepercayaan diri dan permasalahan mental lainnya. Pihak yang melakukan dan membuatnya temannya merasa seperti itu biasanya disebut dengan teman toxic atau beracun. Tentunya dampak ini akan sangat merugikan Sunners jika kalian berteman atau bersahabat dengan teman toxic.

Nah, biar Sunners dapat menghindari terjadinya toxic friendship dan menindakinya lebih awal, yuk kenali ciri-ciri dari teman toxic itu seperti apa.

1. Tidak menghargaimu

Teman yang baik tentunya akan menghargai dah turut bangga dengan kita terhadap sebuah pencapaian atau kesuksesan yang telah kita raih. Nah, jika teman Sunners malah merendahkan, meledek atau memberikan komentar sarkastis terhadap pencapaian atau keberhasilanmu, Sunners harus berhati-hati dengan teman yang memiliki ciri seperti ini karena bisa jadi dia adalah teman yang toxic.

2. Sering cemburu

Seorang teman yang toxic akan bersikap cemburu jika Sunners menghabiskan waktumu dengan teman yang lain. Hal ini dikarenakan ia tidak ingin berbagi dengan orang lain terhadap kamu sebagai teman atau sahabatnya. Jika hal ini terjadi, biasanya mereka akan berusaha untuk membuat Sunners seperti melakukan suatu kesalahan dan mencoba membuat jarak dengan kalian agar ia bisa mendapatkan perhatian dari Sunners.

3. Ingin mengubah dirimu

Ciri selanjutnya yang ada pada teman toxic adalah teman yang tidak menerima Sunners apa adanya dan memintamu untuk merubah dirimu menjadi seseorang yang diinginkannya. Konteks mengubah diri disini bukanlah perubahan diri yang positif seperti mengubah diri Sunners menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan support dari temanmu. Tetapi, teman yang toxic ingin Sunners berpenampilan, bersikap, berbicara dengan berbeda melalui cara yang memaksa. Sehingga Sunners merasa tidak bisa menjadi diri sendiri ketika berhubungan dengannya.

4. Membuatmu tidak nyaman

Ketika Sunners bersama dan menghabiskan waktu dengan teman dekat atau sahabatmu biasanya kamu akan merasa nyaman dan senang. Namun, jika Sunners malah merasa gelisah dan tidak nyaman ketika bersama dengan dirinya, Sunners harus mempertimbangkan untuk memikirkan hubungan pertemanan Sunners dengan dirinya serta mencari tahu apa yang membuat Sunners tidak nyaman dan gelisah ketika bersama dia? Hal ini dilakukan agar Sunners dapat mengetahui apa Sunners sedang berada dalam toxic friendship dengan dirinya atau tidak.

5. Selalu tentang dia

Ciri lain dari teman toxic adalah mereka akan membuat seolah apapun yang Sunners bicarakan dan lakukan bersama dia adalah selalu tentang dirinya. Ia akan enggan untuk mendengarkan dan berempati terhadap kisah yang Sunners ceritakan. Contohnya ketika Sunners sedang curhat dengan dirinya rentang masalah hidupmu, maka ia akan mencoba mengalihkan topik pembicaraan tersebut mengenai masalah hidupnya.

6. Kerap membuat drama

Teman toxic biasanya akan menciptakan suatu drama atau konflik dalam hubungan pertemanan. Hal ini dilakukan olehnya dengan tujuan untuk mengacaukan hubungan pertemanan Sunners dengan teman yang lain. Dia juga ingin bersenang-senang di dalam drama tersebut agar hidup yang dijalaninya terasa lebih menarik dan menyenangkan. Sunners harus waspada dengan teman yang seperti itu dan jangan sampai terlibat ke dalam drama yang dibuatnya.

7. Tidak mau minta maaf

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, tetapi kita juga perlu mengakui kesalahan kita, berusaha memperbaiki kesalahan dan meminta maaf kepada orang yang terlibat. Namun, teman yang toxic cenderung tidak mau mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada Sunners ketika ia melakukan kesalahan. Sehingga Sunners juga akan menjadi bingung apakah ia merasa bersalah atau tidak dengan kesalahan yang dibuatnya. Perilaku ini juga menandakan bahwa teman toxic tidak memperdulikan bagaimana hal yang telah dilakukannya dapat mempengaruhi Sunners.

Nah, itu adalah ciri-ciri dari teman toxic yang bisa Sunners jadikan petunjuk untuk mengevaluasi hubungan pertemanan kalian. Jika Sunners merasa memiliki teman toxic, maka Sunners dapat membicarakan hal tersebut kepada temanmu terlebih dahulu jika memungkinkan, lalu Sunners dapat menetapkan batasan-batasan dengan dirinya. Namun, jika dirasa hal-hal tersebut tidak memungkinkan, maka Sunners dapat mempertimbangkan untuk menjauhkan diri dari dia agar dapat menghindari dampak negatif atau kerugian yang dapat berefek kepada Sunners.

Penulis : Marvin Stevano Haka

Fotografer : Samuel Adreansyah

Leave A Comment