WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Ada Apa dengan No Bra Day?

Hai, Sunners! Ada apa sih dengan No Bra Day? No Bra Day atau Hari Tanpa Bra merupakan sebuah hari yang diperingati setiap tanggal 13 Oktober sebagai bentuk kepedulian terhadap para wanita akan gentingnya kanker payudara. Kampanye ini dimulai pada tahun 2011 di Amerika Serikat dengan muatan pesan untuk melakukan deteksi dini kanker payudara. Nah, ada apa sih dengan No Bra Day sampai bisa menjadi salah satu hari penting? Yuk, cek!

  1. Sejarah No Bra Day

No Bra Day pertama kali dipopulerkan di Amerika Serikat sejak tahun 2011 oleh pengguna media sosial dengan nama Anastasia Doughnuts pada 9 Juli 2011. Hingga tahun 2013, kampanye ini terus dilakukan di tanggal yang sama. Namun, sejak tahun 2014, No Bra Day resmi diperingati setiap tanggal 13 Oktober seiring dengan bulan kesadaran kanker payudara yang jatuh pada bulan Oktober.

  1. Menjadi Bentuk Peringatan Tentang Kanker Payudara

Gerakan ini diperingati setiap bulan Oktober sesuai dengan bulan kesadaran kanker payudara. Menurut situs Awareness Day, No Bra Day juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melakukan pemeriksaan payudara sendiri, mengenali gejala kanker payudara, hingga mendorong perempuan untuk melakukan screening kanker payudara secara teratur.

  1. Keterkaitan Antara No Bra Day dengan Kanker Payudara

Ada yang mengatakan bahwa melepas bra berkawat bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara. Sebenarnya, tidak ada keterkaitan langsung antara melepas bra dengan kanker payudara. Menurut ahli kanker, manfaat melepas bra sebenarnya tidak lebih dari melancarkan peredaran darah.

  1. Manfaat Tidak Menggunakan Bra

Para peneliti meyakini bahwa perempuan yang biasa tidak menggunakan bra akan memiliki jaringan yang lebih kuat untuk menopang payudara mereka. Penggunaan bra jangka panjang juga diklaim dapat mengganggu sirkulasi darah dan akan mempengaruhi warna kulit payudara.

  1. Memicu Kontroversi

Kampanye ini sempat memicu kontroversi. Pasalnya, pada hari peringatan No Bra Day, kampanye kanker payudara ini seolah dijadikan bahan seksual. Meski dijadikan sebagai bentuk kampanye, namun foto-foto di sosial media tersebut sempat menuai kontroversi karena tagar #NoBraDay yang ramai didonimasi oleh para wanita yang bertelanjang dada dibandingkan pesan untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang No Bra Day. Jaga selalu kesehatan ya, Sunners! Dan jangan lupa lakukan pengecekan dini tentang kanker payudara sesegera mungkin!

 

Novianti Sabani

Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment