Majalah Sunday

Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia! Tertarik Masuk Sini?

Penulis: Meyvika Andara Seruni – UNJ

Siapa yang belum tahu jurusan Sastra Indonesia? Jurusan yang kadang dianggap remeh karena seringkali dipertanyakan. “Buat apa sih belajar bahasa yang kita udah bisa?” Padahal jurusan Sastra Indonesia tidak hanya belajar bahasa Indonesia secara umum aja loh, tetapi juga belajar secara khusus. Banyak hal-hal yang seru yang bisa dipelajari di jurusan ini, seperti mengkaji karya sastra, belajar keterampilan berbahasa secara mendasar, dan praktek kebahasaan yang seru banget! Pembelajaran bahasa yang spesifik dan mendalam ini membuat prospek kerja menjadi luas. Yuk, intip prospek kerja jurusan Sastra Indonesia!

1. Penulis Berawal dari Sastra Indonesia

Merebaknya media online karena Covid-19 membuat dunia kepenulisan juga sediikit banyak berubah. Salah satu yang signifikan adalah menjamurnya media online. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang dengan menjadi penulis. Banyak sekali aplikasi seperti wattpad, fizzo, GWP (Gramedia Writing Project) yang membantu kamu menulis. Dengan kemampuan menulismu yang akan di asah di jurusan Sastra Indonesia membantu kamu menulis cerita yang menarik.

Siapa yang belum tahu jurusan Sastra Indonesia? Jurusan yang kadang dianggap remeh karena seringkali dipertanyakan "Buat apa belajar bahasa?"
Sumber: Freepik.com

2. Editor

Kalau banyak yang menulis, tentu saja banyak juga editor yang dibutuhkan. Kalau kamu lebih tertarik pada kesatuan dan tata bahasa dalam dunia kepenulisan, kamu juga bisa bekerja sebagai editor loh!  Biasanya ada mata kuliah terkait penyuntingan yang mendukung kamu mengerti jobdesk pekerjaan ini, loh.

3. Asisten Editor

Masih berhubungan dengan editor, ada yang namanya asisten editor atau korektor yang bertugas membantu editor. Asisten editor membantu editor untuk mengidentifikasi kesalaahan-kesalahan dalam suatu naskah, yang akan memudahkan editor mengedit naskah.

3. Copywriter

Siapa yang mau jadi copywriter? Copywriter adalah pekerjaan yang berhubungan dengan periklanan. Kamu akan membuat suatu tulisan yang membuat orang lain tertarik untuk melakukan atau membeli barang yang kamu promosikan dalam tulisanmu. Kemampuan ini bisa kamu dapatkan dari mata kuliah entrepreneur bahasa, loh!

3. Social Media Specialist

Untuk gen z, social media specialist merupakan pekerjaan yang related karena pasti semua orang punya sosmed di zaman sekarang. Pekerjaan Social Media Specialist biasanya mengelola social media supaya promosi yang dilakukan efektif. Kalau kamu masuk ke jurusan Sastra Indonesia, kamu berpeluang menjadi Social Media Spesialist, deh!

*****

Itu dia Sunners prospek kerja dari Jurusan Sastra Indonesia. Kalau kamu tertarik sama pekerjaan yang mana? Tulis di komen, ya!

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mentaledukasi seksualtips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 6
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?