Majalah Sunday

Review Kampus: Mengenal Universitas Pertamina

Penulis: Kristina M.- Universitas Kristen Indonesia

Bagi Sunners  yang sedang duduk dibangku SMA/SMK dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan, penting mencari informasi sedini mungkin mengenai universitas, khususnya universitas  yang akan kamu tuju.Artikel yang satu ini akan mengulas informasi mengenai Universitas Pertamina, yang diharapkan  bisa menjadi bahan referensi kamu. Simak profil, sejarah,jurusan, keunggulan,dan review Universitas Pertamina:

Profil Universitas Pertamina

Gedung Universitas Pertamina

Foto  kampus Pertamina tampak luar by (Campuspedia News)

Sebagian dari kamu mungkin pernah mendengar dan gak asing dengan nama Universitas Pertamina, tapi dimana sih letak Universitas Pertamina ? Universitas ini terletak di Simprug, Kebayoran lama, Jakarta Selatan. Universitas ini merupakan universitas swasta non kedinasan yang berada di bawah Yayasan pertamina. Kampus ini berfokus pada bidang bisnis dan teknologi energi. Universitas Pertamina juga telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Simak sejarah, jurusan, keunggulan, dan ulasan berikut ini :

Sejarah Kampus Pertamina

Didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016, yang dikeluarkan pada 1 Februari 2016, dan diresmikan pada 11 Februari 2016 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), dengan dukungan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Universitas Pertamina didirikan dengan tujuan menjadi perguruan tinggi kelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi. Ini adalah bukti kontribusi PT Pertamina (Persero) kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi.Pertamina Foundation mengawasi Universitas Pertamina. Selama periode 2012–2014, yayasan ini telah memberikan dana lebih dari Rp 300 miliar untuk berbagai inisiatif yang berfokus pada pendidikan dan lingkungan hidup. Kegiatan-kegiatan tersebut termasuk pelaksanaan Education for Sustainable Development (Sekolah Sobat Bumi), hibah penelitian dan riset, beasiswa, relawan pendidikan, dan restorasi lingkungan(Website Universitas Pertamina,2016)

 

Fakultas dan Jurusan

Walau kebayakan jurusan berasal dari rumpun saintek, tapi adapula rumpun sosial dan humaniora, lho . Berikut rinciannya:

  • Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan Program Studi:Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik Perminyakan
  • Fakultas Teknologi Industri, dengan Program Studi:

              Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan Program Studi:

              Manajemen dan Ekonomi

  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur, dengan Program Studi:

              Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan

  • Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, dengan Program Studi:                Kimia dan Ilmu Komputer
  • Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan Program Studi:

               Hubungan Internasional dan Komunikasi

Nilai Keunggulan

logo universitas pertamina

logo Universitas Pertamina by ( Wikipedia.com)

Relasi kerjasama universitas Pertamina. Universitas ini bekerja sama dengan universitas terkemuka lainnya selain PT Pertamina dan anak perusahaannya. Selain itu, kampus bekerja sama dengan asosiasi, BUMN, pemerintah, dan swasta. Dosen pengajar terdiri dari dosen terkenal di dalam dan luar negeri yang mahir dalam bidang mereka. Memiliki 225 staf pendukung, termasuk dosen tidak tetap, teknisi, laboran, pustakawan, dan tenaga pengajar.

Terdapat program beasiswa bagi mahasiswa baru yang ingin mencoba melamar, dengan memenuhi syarat dan ketentuan. Syarat dan ketentuan bisa dilihat dalam laman resmi : https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa

Berada di kawasan elit, gedung kampus ini terlihat megah dari luar, tidak hanya itu, kamu dapat merasakan kesan bersih di kampus yang dapat membuat kamu betah dan nyaman.Akses menuju kampus dapat menggunakan motor, mobil, juga bus transjakarta sebagai kendaraan umum.Namun,”belum ditemukan angkot” kata salah satu mahasiswa.

Review Kampus

”Walaupun terbilang masih baru, tetapi kampus ini sudah mendapat akreditasi unggul, dan masuk peringkat kampus swasta terbaik di jakarta. Lingkungannya sangat nyaman, banyak kursi di selasar jadi klo capek tinggal duduk, musholla nya juga banyak, di gor ABC ada 1, di gedung griya legita ada di setiap lantainya (lantai 6 dan 8 untuk laki-laki, lantai 5 dan 7 untuk perempuan), di lantai 1 ada cafe thumbs up, lantai 9 ada perpustakaan.’’ Ulasan dari Muhammad Zidane A (review maps)

Nah, bagi Sunners yang memiliki kerabat yang tertarik berada di jurusan terkait kamu juga bisa memberitahu mereka informasi yang kamu dapatkan ya, Sunners.

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 29
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?