Majalah Sunday

4 Alasan Dibalik Wajibnya
Seragam Sekolah di Indonesia

Penulis:  Muhammad Iqbal Oshmany – Universitas Negeri Jakarta
Editor: Nur Amalina Husna – Universitas Kebangsaan

Entah kalian sadar atau tidak, seragam sekolah sudah menjadi bagian dari kehidupan mulai dari SD hingga SMA. Berbeda hari berbeda pula seragam yang harus dikenakan, misalnya di wilayah Jakarta hari Rabu identik dengan baju pramuka atau hari Kamis yang biasanya mengenakan batik sekolah. 

Akan tetapi, pernah enggak sih kalian bingung ketika menonton film atau serial luar negeri, mengapa siswa-siswi di sana hanya memakai baju yang sama pada hari tertentu atau bahkan tidak sama sekali? Lalu, apa alasannya Indonesia mewajibkan untuk seragam ya? Berikut alasannya!

Alasan Wajib Pakai Seragam Sekolah

menghindari ketimpangan sosial

Seperti yang kita ketahui, siswa di sekolah berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Dengan diwajibkannya pemakaian seragam di sekolah, ketimpangan sosial dapat terhindari. jadi, siswa yang berasal dari berbagai kalangan menggunakan pakaian yang sama sehingga meminimalisasi terjadinya perundungan di sekolah. Selain itu, guru juga lebih objektif dalam menilai siswa baik dari ranah afektif maupun kognitif. 

mengetahui perbedaan antar jenjang

Siswa dapat diketahui jenjang pendidikannya melalui seragam sekolah yang dikenakan. Warna yang dipilih juga memiliki makna tertentu loh, Sunners. Contohnya, warna merah yang identik dengan siswa SD melambangkan keceriaan dan rasa ingin tahu yang tinggi. Warna biru yang melekat pada siswa SMP melambangkan kemandirian dan sifat percaya diri. Sementara itu, warna abu-abu yang dipakai oleh siswa SMA melambangkan sifat kedewasaan dan ketenangan.

mengenal ciri khas sekolah

Seragam juga dapat menciptakan ciri khas suatu sekolah agar dapat dikenali oleh masyarakat. Salah satu contohnya baju batik yang berbeda tiap sekolah. Hal ini akan menimbulkan persepsi di masyarakat bahwa siswa yang memakai batik tersebut berasal dari sekolah tertentu. 

menumbuhkan rasa persaudaraan antar siswa

Seragam dapat mengelompokkan siswa berdasarkan jenjang pendidikan yang dijalani. Jadi, meskipun berasal dari sekolah yang berbeda-beda, siswa akan merasa seperjuangan sehingga lebih mudah untuk berbaur dan menimbulkan tumbuhnya rasa persaudaraan di antara mereka.

Makna seragam sekolah di Indonesia

Setiap sekolah memiliki ciri khas masing-masing, pict by canva.com

Itulah empat alasan dibalik wajibnya pemakaian seragam sekolah di Indonesia. Semoga setelah mengetahui hal tersebut, kalian semakin antusias dalam menuntut ilmu di sekolah. Semangat terus, Sunners!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 248
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?