Majalah Sunday

Yuk Kenali Apa Itu OCD
(Obsessive Compulsive Disorder)

Penulis: Rafi Al-Hakim – Universitas Negeri Jakarta

Sunners, apakah kamu pernah merasakan gejala seperti mudah cemas dan gangguan pikiran yang berlebih yang sangat mengganggu diri kita sendiri? Nah, kali ini mimin mau membahas tentang OCD atau bisa disebut Obsessive Compulsive Disorder. Yuk kenali apa itu OCD (Obsessive Compulsive Disorder) dengan membaca artikel ini!

Yuk kenali apa itu OCD (Obsessive compulsive disorder)

Obsessive Compulsive Disorder (OCD)

Menurut Siloamhospitals.com, obsessive compulsive disorder atau yang biasa dikenal dengan sebutan OCD adalah masalah mental yang membuat pengidapnya melakukan suatu tindakan tertentu secara berulang-ulang. 

Hal tersebut tidak dapat dikontrol secara langsung oleh penderita OCD. Karena itulah, OCD adalah masalah kesehatan mental yang dapat mempengaruhi kehidupan penderitanya secara keseluruhan. Contoh dari obsessive compulsive disorder ini adalah perilaku seseorang berupa mencuci tangannya berulang kali karena takut secara berlebihan terhadap kontaminasi bakteri.

Yuk kenali apa itu OCD (Obsessive compulsive disorder)

Apa penyebabnya?

OCD (Obsessive Compulsive Disorder) umumnya merupakan masalah kesehatan mental yang dialami oleh anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Sebagian besar diagnosis OCD terjadi pada usia 19 tahun dan lebih rentan menyerang anak laki-laki dibandingkan dengan anak perempuan.

Penyebab dari OCD (Obsessive Compulsive Disorder) ini belum diketahui penyebabnya, namun ada beberapa teori yang bisa menimbulkan pemicunya seperti berikut:

  1. Faktor genetik atau keturunan
  2. Pengaruh lingkungan sekitar
  3. Gangguan senyawa kimia (neurotransmitter) di dalam otak, seperti norepinefrin dan serotonin
  4. Gangguan emosi

 

Gejala dan tanda

Gejala OCD biasanya mulai terlihat pada masa remaja atau dewasa muda, tetapi juga dapat dimulai ketika kanak-kanak. Seiring usia bertambah, gejala tersebut cenderung memburuk. Selain memburuk, gejala OCD juga bisa makin berat bila penderitanya mengalami stres. Gejala dari OCD ini dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu gejala obsesif dan kompulsif

Berikut gejala atau perilaku obsesif

  1. Mudah merasa cemas
  2. Merasa terganggu atau tidak nyaman ketika melihat sesuatu yang tidak simetris
  3. Rasa ragu yang berlebih seperti ragu apakah sudah mengunci pintu rumah
  4. Terlalu takut untuk mengutarakan sesuatu kepada orang lain

Gejala atau perilaku kompulsif

  1. Mandi atau mencuci tangan terlalu sering
  2. Menyusun benda kearah yang sama 
  3. Mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak bisa dipakai

Nah, Sunners. Itulah penjelasan mengenai OCD (Obsessive Compulsive Disorder) yang sudah mimin jelaskan. Semoga mudah dipahami ya!

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

*****

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 105
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?