Majalah Sunday

Yuk, Jelajahi Salah Satu SMA di Bekasi: SMAN 5 Tambun Selatan!

Penulis: Rio Kusuma – UNJ

Hai Sunners, sudah waktunya kita kepoin lagi sekolah-sekolah yang belum dibahas! Kali ini, kami mau bawa kalian menjelajahi salah satu SMA di Bekasi, tepatnya di Kecamatan Tambun Selatan yaitu SMAN 5 Tambun Selatan. Check this out!

SMAN 5 Tambun Selatan: Sekolah yang Berada di Kawasan Perumahan

Siapa sih yang tidak tahu dengan Bekasi? Kota yang dijuluki sebagai “Kota Patriot” ini dikenal sebagai salah satu kota yang strategis dan memiliki banyak kawasan perdagangan dan industri. Bekasi yang terbagi ke dalam kota dan kabupaten ini mempunyai banyak sekolah yang bisa menjadi pilihan Sunners untuk melanjutkan sekolah, lho, salah satunya yang akan kita bahas kali ini yaitu SMAN 5 Tambun Selatan.

SMAN 5 Tambun Selatan atau biasa dijuluki sebagai “Grestal” merupakan sekolah yang berlokasi di dalam kawasan Perumahan Grand Wisata, tepatnya Jalan Sunset Ave Grand Wisata, Desa Lambang Sari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Sekolah yang mempunyai moto there is no limit of struggling atau berarti tidak ada batasan untuk berjuang sudah berakreditasi A lho, dan saat ini kurikulum yang digunakan adalag Kurikulum Merdeka. SMAN 5 punya dua jurusan yang bisa Sunners pilih, yaitu IPA dan IPS.

Sunners, kalian pasti nggak asing dong dengan Bekasi? Nah, di sini ada SMAN 5 Tambun Selatan yang bisa menjadi pilihan untuk lanjut sekolah!

Upacara Bendera di SMAN 5, sumber: sman5tamsel.sch.id

Seperti Apa SMAN 5 Tambun Selatan?

Fasilitas SMAN 5 Tambun Selatan

Sunners, SMAN 5 menyediakan beragam fasilitas yang tentunya bertujuan untuk menjadi penunjang kegiatan para siswa baik dalam hal pembelajaran dan juga pegembangan kesiswaan. Selain itu, fasilitas-fasilitas ini juga memiliki fungsi untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan agar terlaksana dengan baik. Berikut daftar fasilitas yang ada di sekolah ini.

  • Ruang Kelas
  • Lab. Komputer
  • Lab. MIPA
  • Ruang OSIS
  • Ruang Tata Usaha
  • Ruang Guru
  • Ruang BK
  • Ruang Pepustakaan
  • Ruang Kepala Sekolah
  • Lapangan Olahraga 
  • Klinik
  • Kantin
  • Mushola
  • Toilet
  • Rest Area

Ekstrakulikuler di SMAN 5 Tambun Selatan

Soal ekstrakulikuler, banyak pilihan sesuai minat ataupun bakat yang Sunners punya, lho! Berikut daftar ekstrakulikuler yang bisa kalian pilih kalau bersekolah di sini.

  • Pramuka
  • Palang Merah Remaja (PMR)
  • Paskibra
  • Rohani Islam/Kristen
  • Klub Jurnalisme
  • Klub Fotografi
  • Klub Olahraga (Futsal, Basket, Voli, Taekwondo, dan Silat)
  • Klub Seni (Vokal, Akustik, dan Tari)
  • Klub Bahasa/Budaya (Inggris dan Jepang)
  • Karya Ilmiah Remaja (KIR)
  • Pecinta Alam

Prestasi Murid di SMAN 5 Tambun Selatan di 2024

Sunners, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ekstrakulikuler tuh bisa lho menjadi ajang mengasah minat dan bakat, yang nantinya bisa mengantarkan kalian untuk meraih prestasi yang gemilang! Seperti halnya ekstrakulikuler di SMAN 5 yang memberi kesempatan siswa siswinya untuk mengasah talenta dan berprestasi di luar sekolah. 

Selama bulan Januari-Maret tahun 2024, siswa dan siswi dari sekolah ini sudah mecetak beberapa prestasi, lho! Pertama, prestasi datang dari ekskul Paskibra yang meraih juara harapan madya II dan variasi terbaik III di Lomba Ketangkasan Baris-Berbaris (LKBB) BSI Flash 2024. Kedua, ada juga siswa yang berhasil menjuarai Lomba Cerdas Tangkas (LCT) Bahasa Jepang di SMAN 9 Bekasi. Ketiga, ada ekskul Tari yang berhasil menjadi juara 1 di Lomba Traditional Dance di Perbanas Institute. Terakhir, ekskul Futsal SMAN 5 menduduki peringkat 3 di Lomba Ortuseight Futsal Series Bekasi. Semoga prestasinya semakin bertambah, ya!

Futsal merupakan salah satu ekskul berprestasi di SMAN 5 Tambun Selatan

Futsal merupakan salah satu ekskul berprestasi di SMA ini, sumber: freepik.com

Apa Kata Alumnus tentang SMAN 5 Tambun Selatan?

Sudah siap membaca review dari sekolah ini langsung dari alumnusnya? Kali ini, kami mengajak Lena, mahasiswa di Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) yang merupakan alumnus dari sekolah ini untuk membagikan kisahnya selama bersekolah di SMAN 5 Tambun Selatan. Simak sampai habis, ya!

Q: Bagaimana sih pengalaman kamu selama bersekolah di SMAN 5 Tambun Selatan?

A: Cukup berkesan, karena saya bisa bertemu dengan banyak teman baik teman sekelas maupun organisasi. Selain itu, kekompakan para siswa maupun siswi satu angkatan dalam menghadapi masalah sangat keren!

Q: Bagaimana kualitas pengajaran di sekolah tersebut? Atau, bagaimana kualitas guru-guru di sana secara keseluruhan?

A: Kualitasnya cukup baik, banyak guru yang mengajar dengan suara lantang dan jelas. Hanya saja ada sebagian guru yang mengajar dengan suara biasa dan sedikit membosankan.

Q: Di sekolah ini kan banyak ekstrakulikulernya ya, kamu pernah ikut tidak? Boleh juga dong ceritain pengalaman atau manfaat selama ikut ekskul di sana!

A: Saya mengikuti ekskul Klub Seni (AKSI 5) dan Paduan Suara. Saya dan teman-teman Paduan Suara sering tampil saat sedang upacara di hari-hari tertentu. AKSI memiliki beberapa sub seperti vocal, modern dance, traditional dance, tari saman, perkusi, dan marching band. Saya ada di bagian modern dance dan saya pernah mengikuti sebuah perlombaan dance di daerah Bekasi.

Q: Secara umum, bagaimana soal akses transportasi ke sekolah tersebut? Apakah kamu kesulitan soal pilihan transportasi yang ada?

A: Setiap hari, saya berangkat menggunakan motor dan kebetulan rumah saya tidak terlalu jauh. Tetapi, SMAN 5  berada pada daerah kawasan yang cukup elit dan tidak dilewati jalur angkot, sehingga sulit mengakses sekolah dengan angkot.

Q: Kamu kan sekarang kuliah nih, nah sebenernya dulu pihak sekolah tuh aktif gak sih membantu persiapan siswanya untuk menghadapi kehidupan setelah sekolah (misal masuk universitas atau kerja)? Kalau iya, boleh diceritakan gak program atau usaha sekolah itu?

A: Biasanya sekolah mengadakan semacam acara tiap tahunnya dengan mendatangkan alumni yang masuk ke PTN. Beberapa alumni akan memperkenalkan diri serta kampusnya dan juga tips masuk kuliah. Di lapangan, akan ada beberapa stand tiap PTN di mana kita bisa bertanya pada kakak kelas yang berkuliah di kampus tersebut. Para guru termasuk guru BK juga sering memberikan penjelasan mengenai perkuliahan, alur pendaftaran kuliah, tips daftar kuliah, maupun dunia perkerjaan saat mengajar di sekolah.

Nah, itu dia ulasan tentang SMAN 5 Tambun Selatan yang berada di Bekasi! Bagaimana Sunners, apakah kalian terbesit niatan untuk bersekolah di sini? Jika iya, kalian bisa baca informasi lebih lanjut tentang sekolah ini lewat situs web, atau juga kalian bisa kepoin media sosialnya di Instagram, TikTok, X, maupun YouTube-nya ya!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 28
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?