Majalah Sunday

Yuk, Catat Jadwal Pendaftaran
UTBK-SNBT 2023 Semakin Dekat!

Penulis: Desiana Yuniarti

Bagaimana nih persiapan dan semangat kalian sebagai pejuang PTN?  Tentunya, kini kalian sedang mempersiapkan diri semaksimal mungkin dengan giat belajar dan mengikuti serangkaian tambahan belajar diluar sekolah  supaya berhasil meraih perguruan tinggi negeri yang kamu impikan.  Di tahun ini, pemerintah telah mengumumkan jadwal, syarat, biaya, dan tahapan pendaftaran UTBK-SNBT 2023. 

Sistem UTBK-SNBT 2023

UTBK-SNBT tahun ini tidak diselenggarakan melalui pihak LTMPT, namun digantikan oleh pihak BP3 (Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan). BP3 diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan pengujian pendidikan secara jujur, adil, fleksibel, transparan, dan akuntabel. Selain itu, BP3 membentuk mekanisme penerimaan mahasiswa baru PTN melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). SNPMB terbagi ke dalam 2 jalur seleksi pendaftaran yakni, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Tes yang akan diujikan nantinya ternyata juga berubah lho dari tahun sebelumnya yakni, Tes Pengetahuan Skolastik (TPS), Tes Literasi, dan Penalaran Matematika. Hmm…Kira – kira bakalan lebih susah atau malah lebih memudahkan nih Sunners? Tentunya Sunners bisa menghadapi dengan baik apapun itu perubahan yang terjadi pada tes yang akan diujikan nantinya.  Untuk saat ini lebih baik memikirkan jadwal pendaftaran, syarat, dan tahapan pendaftaran UTBK- SNBT 2023.

Jadwal UTBK-SNBT 2023

Tanggal-tanggal cantik di bawah ini  sangat penting kamu ingat dan harus catat supaya gak ketinggalan

Dicek ya jadwal UTBK-SNBT 2023 berikut

Ingat ya jadwal di atas, pict by SNPMB

Ketentuan Pendaftaran UTBK-SNBT 2023

Setelah mengetahui serangkaian jadwal pendaftaran UTBK-SNBT 2023, Sunners harus mengetahui informasi penting mengenai syarat dan ketentuan UTBK-SNBT 2023 supaya dapat memenuhi persyaratan pejuang PTN dengan baik. Berikut ini sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para pendaftar UTBK-SNBT 2023, yaitu:

  1. Memiliki Akun aktif SNPMB
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki surat keterangan siswa SMA/MA/SMK kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun ( per 1 Juli 2023) . Selain itu, sebagai catatan surat keterangan siswa kelas 12 harus disertai foto terbaru berwarna, stempel/cap sekolah, dan tanda tangan kepala sekolah.
  4. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  5. Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021 atapun 2022 
  6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  7. Peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  8. Peserta  tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra 
  9. Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023.
  10.  Peserta hanya diperbolehkan untuk mengikuti UTBK 2023 sekali.

Biaya Pendaftaran UTBK-SNBT 2023

Tahun ini  tidak mengalami perubahan dari tahun lalu yakni Rp200.000,00. Biaya yang telah  dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun itu.

Tahapan Pendaftaran UTBK-SNBT 2023

Setelah semua berkas pendaftaran dan persyaratan terpenuhi dengan baik. Ini dia hal yang perlu  dilakukan Sunner  yaitu melakukan pendaftaran UTBK-SNBT 2023.  Berikut ini tahapan proses pendaftarannya:

Tahapan 1: Registrasi Akun SNBT

Seluruh pejuang PTN melakukan registrasi ulang akun yang sudah didaftarkan dengan menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir yang telah terdaftar di laman portal SNPMB yakni http://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.  Pastikan semua data yang Sunners masukan sesuai dengan data dirimu. 

Tahapan 2: Login Akun SNPMB

Setelah selesai melakukan registrasi akun dengan baik. Tahap selanjutnya buka akun SNPMB di portal SNPMB. Namun, jika kalian tidak dapat login untuk masuk ke portal SNPMB dikarenakan kesalahan data. Diharapkan segera untuk menghubungi pihak SNPMB.

Tahapan 3: Pilih Menu Verifikasi dan Validasi Data

Lengkapi data dengan sebaik mungkin sesuai dengan data dirimu dan lengkapi dengan  mengunggah foto  terbaru dirimu sendiri. Dikarenakan foto tersebut sangat penting dalam pelaksanaan UTBK . Belakangan ini ramai sekali dibicarakan kesalahan pengunggahan foto seperti menggunakan foto idola ataupun meme dapat membuatmu secara tidak langsung dapat di diskualifikasi dan tidak dapat mengikuti ujian nantinya.

Tahapan 4: Pemilihan Menu Pendaftaran UTBK-SNBT

Dalam tahapan ini, Sunners akan dihadapi dalam pemilihan program studi. Pilihlah program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang kalian miliki. program studi yang dapat kalian pilih tahun ini maksimal 2 program studi lho. 

Selain itu, ada beberapa juga program studi yang harus memerlukan portofolio dalam proses penyeleksiannya yakni,  olahraga, seni rupa, design, kriya, tari, teater, musik, etnomusikologi, fotografi, Film dan televisi (ftv), dan seni pendalangan. Disini juga Sunners dapat memilih pusat UTBK PTN terdekat dari rumah. Setelah menyelesaikan menu tersebut. Sunners dapat segera memperoleh slip pembayaran biaya UTBK.

Tahapan 5: Membayar

Setelah mendapatkan slip tersebut. Sunners dapat segera melakukan proses pembayaran sesuai dengan bank yang nantinya akan diinformasikan oleh pihak SNPMB.

Tahapan 6: Mencetak Kartu UTBK

Setelah melakukan proses pembayaran, Sunners dapat kembali login ke laman portal SNPMB dan mengunduh kartu peserta UTBK.

Tahapan 7: Mengikuti UTBK

Sunners akan mendapatkan jadwal yang nantinya akan diinformasikan melalui kartu peserta UTBK-SNBT. Yuk, Sunners mari mempersiapkan UTBK-SNBT dengan semaksimal mungkin!

Semangat ya untuk kamu yang mengikuti UTBK-SNBT 2023!

Selamat mengerjakan tes dan semoga mendapat hasil terbaik, pict by canva.com

Jadi di atas adalah berbagai serba-serbi mengenai UTBK-SNBT 2023. Semoga informasi dari kami dapat membantu Sunners untuk dapat masuk ke pendidikan yang diinginkan!

*****

Majalah Sunday, Teman Memahami Tips Belajar, Edukasi Seksual dan Kesehatan Mental

Dapatkan informasi mengenai kesehatan mental, edukasi seksual, tips belajar dan cerita cinta hanya di Majalah Sunday, teman curhat remaja Indonesia.

Ikutan berkarya di
Majalah Sunday

Post Views: 470
Chat Now
Selamat Datang di Majalah Sunday, ada yang bisa kami bantu?